Penerapan media educaplay untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas v sekolah dasar
Abstract
Keywords
References
[1] D. A. Fitriyana and B. Rosy, “Development of Educaplay-Based Learning Media in The Elements Of Human Resource Management Class XI Office Management of Vocational School,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 12, no. 1, pp. 235–246, 2024.
[2] N. Fernanda, A. Roosyanti, and R. Susanti, “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Media Educaplay di Kelas IVB SDN Dukuh Kupang III Surabaya,” J. Sci. Educ. Res., vol. 3, no. 2, pp. 58–63, 2024, doi: 10.62759/jser.v3i2.131.
[3] N. A. Farohah and F. Tirtoni, “Pengaruh Model Pembelajaran Multikulturalisme Pada Mapel Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sd,” J. Pendidik. Dasar Flobamorata, vol. 5, no. 1, pp. 165–173, 2024, doi: 10.51494/jpdf.v5i1.1460.
[4] V. Astarini, I. R. W. Atmojo, H. Mahfud, and A. Surya, “Analisis keterampilan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan peserta didik kelas iv sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 12, no. 6, pp. 484–490, 2023.
[5] H. Sae and E. H. Radia, “Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD,” Indones. J. Educ. Soc. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 65–73, 2023, doi: 10.56916/ijess.v2i2.474.
[6] M. T. Raj, P. Chauhan, R. Mehrotra, and M. Sharma, “Importance of Critical Thinking in the Education,” World J. English Lang., vol. 12, no. 3, pp. 125–133, 2022, doi: 10.5430/wjel.v12n3p126.
[7] R. H. Darwis, Alimuddin, and A. Patimbangi, “Higher Order Thinking and Critical Thinking Skills in Problem-Based Learning Environments: A Systematic Review,” J. Learn. dan Dev. Stud., vol. 4, no. 2, pp. 21–33, 2024, doi: 10.32996/jlds.
[8] M. Damayanti, Rukayah, and R. Ardiansyah, “Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas Iv sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 10, no. 5, pp. 58–63, 2024, doi: 10.58578/tsaqofah.v4i1.2670.
[9] H. N. Laili, M. Ni’mah, and N. F. Amalia, “Analisis penerapan model pembelajaran game based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah,” Didakt. Dwija Indria, vol. 13, no. 3, pp. 397–404, 2025.
[10] S. P. R. Harahap, F. Andrian, and S. Annisah, “Efektivitas Media Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 09, no. 01, pp. 5676–5687, 2024.
[11] F. R. Putri, D. E. Pratiwi, and E. S. Wati, “Peningkatan Hasil Belajar IPAS Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Educaplay Kelas VI SDN Jajar Tunggal III Surabaya,” Harmon. Pendidik. J. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 331–340, 2024.
[12] K. A. Yasmiyanah and D. A. Pratiwi, “Meningkatkan Keterampilan Sosial Menggunakan Model Inspired Dan Media Educaplay SDN Melayu 5,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 09, no. 04, pp. 233–247, 2024.
[13] S. Maulana and N. Alimah, “Penerapan Media Pembelajaran Visual Berbantuan Gambar Representatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik,” J. Didakt. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 3, pp. 1123–1144, 2023, doi: 10.26811/didaktika.v7i3.1361.
[14] F. Bakri, Hendratno, M. D. Pristanti, and P. Astuti, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Media Pembelajaran Monopoli Kelas V SDN Kedurus III/430,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 09, no. 04, pp. 1–23, 2024.
[15] L. A. Anggraini and N. W. Rochmadi, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Melalui Media Ular Tangga Kewarganegaraan Pada Mata Pelajaran PPKn,” J. Ilm. Pendidik. Pancasila Dan Kewarganegaraan, vol. 6, no. 2, pp. 480–488, 2021, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk
[16] V. S. Novakhta, F. S. Sundari, and M. Kurniasih, “Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E Di Sdn Polisi 1 Kota Bogor,” Didakt. J. Ilm. PGSD FKIP Univ. Mandiri, vol. 9, no. 2, pp. 1070–1079, 2023, doi: 10.36989/didaktik.v9i2.788.
[17] S. Romdona, S. S. Junista, and A. Gunawan, “Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara, dan Kuesioner,” Jisosepol J. Ilmu Sos. Ekon. dan Polit., vol. 3, no. 1, pp. 39–47, 2025.
[18] A. S. Millah, Apriyani, D. Arobiah, E. S. Febriani, and E. Ramdhani, “Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas,” J. Kreat. Mhs., vol. 1, no. 2, pp. 140–153, 2023.
[19] Qomaruddin and H. Sa’diyah, “Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman,” J. Manag. Account. Adm., vol. 1, no. 2, pp. 77–84, 2024.
[20] R. F. N. Darmawan, S. Istiyati, and F. P. Adi, “Analisis penanaman sikap profil pelajar pancasila dimensi berkebhinekaan global pada pembelajaran ipas kelas iv di sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 12, no. 6, pp. 462–467, 2024, [Online]. Available: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/116976/
[21] H. S. Izdiar, S. Astriani, and T. Rustini, “Inovasi Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Teknologi Berbasis Digital,” Sindoro Cendikia Pendidik., vol. 4, no. 6, 2024.
[22] P. Lestari, Risnawati, and Alwizar, “Pengaruh Penggunaan Media Educaplay terhadap Keaktifan Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 9, no. 2, pp. 12525–12530, 2025.
[23] R. F. Zain and L. Andriany, “Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Meningkatkan Kompetensi Abad 21 pada Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 13 Medan,” IJEDR Indones. J. Educ. Dev. Res., vol. 2, no. 2, pp. 1234–1242, 2024, doi: 10.57235/ijedr.v2i2.2558.
Refbacks
- There are currently no refbacks.