Pengaruh Penggunaan Presentasi Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD se-Gugus 1 Kecamatan Serengan
Abstract
Keywords
References
[1] F. L. Maghfiroh, S. M. Amin, M. Ibrahim, and S. Hartatik, “Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3342–3351, 2021.
[2] A. Jannah, M., & Widodo, “Inovasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 1, pp. 23–30, 2023.
[3] dan T. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, “Rapor Pendidikan Indonesia Tahun 2024.” Jakarta: Kemendikbudristek, 2024.
[4] Milkhaturrohman, S. Da Silva, and A. Wakit, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara,” Mathema J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 94–106, 2022.
[5] D. Arifin, M., & Kusumawati, “Pengaruh Media Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Matematika Dasar Siswa SD,” Didakt. Dwija Indria, vol. 10, no. 2, pp. 112–120, 2022.
[6] A. Rachmawati, D. A., Ertia, E., Tahiutu, M., Lekito, J. N., Anisa, A., Sarmidi, S., Marzuki, M., Permana, R., Sa’diyah, H., Mindaudah, M., & Yulianti, Media Pembelajaran. CV Gita Lentera., 2025.
[7] D. Sutrisno, A., & Wulandari, “Pengaruh media digital interaktif terhadap motivasi belajar matematika siswa SD,” J. Pendidik. Indones., vol. 12, no. 3, pp. 145–156, 2023.
[8] M. Panduwinata, D. J., Rohmani, L. A., & Chaeroh, “Al mikraj,” Pengaruh Media Powerpoint Interaktif Terhadap Has. Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pancasila Di MI Al Falah Beran, vol. 4, no. 2, p. Page:1244-1258, 2024.
[9] M. Sitohag, D., & Sirait, Pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran matematika. Jakarta: Penerbit Pendidikan Nusantara., 2022.
[10] R. A. Rahmani and M. Abduh, “Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2456–2465, 2022.
[11] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 2022.
[12] M. Waruwu, S. Natijatul, P. R. Utami, and E. Yanti, “Metode Penelitian Kuantitatif : Konsep , Jenis , Tahapan dan Kelebihan,” vol. 10, pp. 917–932, 2025.
[13] I. Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, “Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah,” J. Al-Azhar Indones. Seri Hum., vol. 9, no. 1, pp. 63–71, 2024.
[14] E. Putri, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar,” Early Child. Islam. Educ. J., vol. 3, no. 01, pp. 1–8, 2023.
[15] R. Simorangkir, R. Sinaga, R. Limbong, and Z. Nazwa, “Analisis Penggunaan Media Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika DI Sekolah Dasar,” Trapsila J. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 2, p. 10, 2024.
[16] M. R. W. Latifah , Fadila Sholaica Gunatria2 , Gina Mardiah3 , Harits Yahya Widodo4 , Laila Kurnia Astuti5 , Lulu’ Ardiah ’Arifah6 and S. R. S. A. Muhamad Fani8 , Safira Hasna Fatimah9, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva dalam Mengasah,” no. 2, pp. 19–26, 2025.
[17] J. W. Kusuma et al., Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0), no. March. 2023.
[18] P. Rahayu, S. Marmoah, and T. Budiharto, “Analisis penerapan prinsip Mayer pada multimedia digital dalam pembelajaran matematika di kelas iv sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 12, no. 449, pp. 353–361, 2024.
[19] A. Ilhami, “Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada anak Usia Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Braz Dent J., vol. 33, no. 1, pp. 605–619, 2022.
[20] A. Mardatillah, P. H, Nadia, T. N.K, and U. E.S, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. November, pp. 98–105, 2023.
[21] M. A. Ramsi, “Media Pembelajaran Interaktif Mempengaruhi Tingkat Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran,” pp. 1–7, 2023.
Refbacks
- There are currently no refbacks.