Pengaruh partisipasi upacara bendera terhadap pembentukan karakter disiplin peserta didik di sekolah dasar
Abstract
Keywords
References
R. D. A. Chandra, N. Kurniawan, and L. A. Lestari, “Pengaruh Kegiatan Rutin Upacara Bendera terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun di TK Suluh Tani Kabupaten Jember,” JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), vol. 6, no. 2, pp. 75–81, 2023, doi: 10.31537/jecie.v6i2.1039. [2] A. Hariandi, M. Melhana, A. Setyawan, S. P. Agustin, and R. Lathifah, “Upacara Bendera dalam Pembentukan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar 121/I Muara Singoan,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 12, pp. 10174–10177, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i12.3329. [3] S. Mamonto et al., “Disiplin Dalam Pendidikan (Ira Atika Putri),” in & Adityawati Ika Agustin, P. T. L. N. Grup, Ed., 2023. [4] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. 2024. [5] R. Mardiatillah, M. Panorama, and M. Maftukhatusolikhah, “Pengaruh Pengangguran dan Inflasi terhadap Tingkat Kemiskinan di Sumatera Selatan Tahun 2015-2019,” INTELEKTUALITA, vol. 10, no. 2, pp. 365–370, 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i2.8825. [6] A. D. A. Nasharudin and U. Ependi, “Analisis Peramalan Penjualan Produk Pada PT.Enseval Putera Megatrading TBK Menggunakan Metode Regresi Linear Sederhana,” JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, vol. 15, no. 1, pp. 317–326, 2023. [7] J. Jusmawati, S. Satriawati, and B. M. Sabillah, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGSD UNIMERZpada Mata Kuliah Pendidikan Matematika,” Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), vol. 5, pp. 106–111, 2020. [8] A. K. Huda, M. Montessori, Y. Miaz, and R. Rifma, “Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Berbasis Nilai Religius Di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 4190–4197, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1528. [9] R. Harjanty and S. Mujtahidin, “MENANAMKAN DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI,” NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 271–286, 2022, doi: 10.55681/nusra.v3i1.157. [10] H. A. Lubis, P. Hasan, N. Hamni, and N. Khairani, “Peran Kegiatan Upacara Bendera Dalam Menanamkan Nilai Nasionalisme Pada Anak Usia Dini Di Ra Darussalam,” Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 133–137, 2024, doi: 10.59059/tarim.v5i2.1270. [11] D. Audina, D. A. Soleh, and M. S. Sumantri, “Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kedisiplinan Dalam Kegiatan Upacara Bendera di Sekolah Dasar DKI Jakarta,” EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 5, no. 1, pp. 60–68, 2022, doi: 10.26740/eds.v5n1.p60-68. [12] N. E. Miller and J. Dollard, Social Learning And Imitation. Yale University Press, 1941. [13] F. Fardian and M. Wiryotinoyo, “Tindak Tutur Direktif Pembina Upacara di SMA Negeri 2 Merlung Kabupaten Tanjung Jambung Barat,” BIP: Jurna Bahasa Indonesia Prima, vol. 3, no. 1, pp. 69–69, 2021. [14] A. Ahmadin, “Establishing the character of love for the country of students in growing an attitude of nationalism,” JURNAL PENDIDIKAN IPS, vol. 13, no. 1, pp. 24–29, 2023, doi: 10.37630/jpi.v13i1.892. [15] H. Annisa, D. A. Dewi, and M. I. Adriansyah, “Berkurangnya Rasa Nasionalisme Dalam Pelaksanaan Upacara Bendera Pada Anak Usia Sekolah Dasar,” PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 2, no. 1, pp. 53–65, 2024, doi: 10.55681/primer.v2i1.287. [16] R. P. Harianto, L. Zakiah, and M. S. Sumantri, “Tingkat Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa,” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 9, pp. 165–174, 2024.
Refbacks
- There are currently no refbacks.