Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis canva untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas V di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
References
[1] Riyandanti, DL, Alfiah, A., & Sulanjari, B. (2023). Penerapan Media Kurawa ( Kuis Interaktif Bahasa Jawa) Dalam Memahami Isi Teks Cerita Mahabaratha Bima Bungkus Kelas X Mipa 4 Sma Negeri 3 Pemalang Tahun Ajaran 2021/2022. Jisabda: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 4(1), 35–43. [2] Rohmah, WN, & Kamulyan, MS (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Dengan Metode Field Trip Kelas Iv Sdn 01 Tanjang Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral disertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta [3] Astuti, WD (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Kooperatif Tipt Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Flannelgraph [4] Puspaningrum, RA, Mulyono, H., & Daryanto, J. (2019). Penggunaan media tali andha aksara jawa untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 7–11. [5] Sulistyani, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Jawa Melalui Diskusi Kelompok Berbantu Kartu Huruf Pada Peserta Didik Kelas Vi Sd 1 Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 239–250. [6] Arifin, FN (2022). Analisis Aksara Jawa Dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Program Pendampingan Belajar. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 77–87. [7] Pustakawan, RFL, & Subrata, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Langsung dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa di Kelas IV SDN 1 Slempit Kecamatan Kadamean Gresik. Jpgsd, 7(5), 3469–3478. [8] Danisa, M., & Masduki, Z. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Mata Pelajaran Dasar-Dasar Komunikasi Visual. Angewandte Chemie Edisi Internasional, 6(11), 1–15. [9] Perbawa, IGB, Adiarta, A., & Ratnaya, IG (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Smarthphone Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas ( Wan ). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(3), 232–242. [10] Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, MF, Marhento, G., & Jupriadi. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah. EduBiologia: Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi, 3(1), 40. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070 [11] Hanifah, N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 226–233. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1339 [12] Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016a). Penelitian Tindakan Kelas (Ed. Revisi). Jakarta: Bumi Aksara. [13] Mil dan Huberman 2014 Analisis Data Kualitatif (Jakarta: UI Press) [14] Arikunto, S., & Jabar, CSA (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan. [15] Darwis, Atmono,D., Ratumbuysang,MFNG, & Hasanah,M. (2024).Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ma Ibitidaussalam. 12(1). Https://Doi.Org/10.26740/Jupe.V12n1.P85 [16] Hajar, O., Kasiyun, S., Susanto, RU,& Akhwani. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 06(01), 6404–6413 [17] Afifah, N., Tang, J., & Zain, S. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Kejuruan Siswa Kelas X APHP UPT SMK Negeri 8 Pinrang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 733–742. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1432 [18] Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.





