Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis canva untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas V di Sekolah Dasar

Wakhi Datun Shoimah, Joko Daryanto

Abstract

Abstrak . Penelitian ini menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Jawa siswa kelas V SDN 01 Plesungan tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK. Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki tiga siklus dengan dua kali pertemuan pembelajaran setiap siklusnya. Penelitian ini melibatkan siswa kelas V SDN 01 Plesungan dan instruktur. Observasi, wawancara, ujian, dan analisis dokumen untuk penelitian. Triangulasi sumber dan metode untuk menguji keabsahan data. Data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaksi Miles dan Huberman dan analisis deskriptif komparatif. Penelitian dengan menggunakan tes kinerja keterampilan menulis aksara Jawa menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siswa adalah 12,5% pada pra-siklus, 31,25% pada siklus pertama, 62,5% pada siklus kedua, dan 93,75% pada siklus ketiga. Penelitian ini menemukan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Canva meningkatkan kemampuan menulis aksara Jawa.

Keywords

Keywords: Writing skills, Javanese, interactive learning media, canva

References

[1] Riyandanti, DL, Alfiah, A., & Sulanjari, B. (2023). Penerapan Media Kurawa ( Kuis Interaktif Bahasa Jawa) Dalam Memahami Isi Teks Cerita Mahabaratha Bima Bungkus Kelas X Mipa 4 Sma Negeri 3 Pemalang Tahun Ajaran 2021/2022. Jisabda: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 4(1), 35–43. [2] Rohmah, WN, & Kamulyan, MS (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Dengan Metode Field Trip Kelas Iv Sdn 01 Tanjang Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral disertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta [3] Astuti, WD (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Kooperatif Tipt Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Flannelgraph [4] Puspaningrum, RA, Mulyono, H., & Daryanto, J. (2019). Penggunaan media tali andha aksara jawa untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 7–11. [5] Sulistyani, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Jawa Melalui Diskusi Kelompok Berbantu Kartu Huruf Pada Peserta Didik Kelas Vi Sd 1 Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 239–250. [6] Arifin, FN (2022). Analisis Aksara Jawa Dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Program Pendampingan Belajar. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 77–87. [7] Pustakawan, RFL, & Subrata, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Langsung dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa di Kelas IV SDN 1 Slempit Kecamatan Kadamean Gresik. Jpgsd, 7(5), 3469–3478. [8] Danisa, M., & Masduki, Z. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Mata Pelajaran Dasar-Dasar Komunikasi Visual. Angewandte Chemie Edisi Internasional, 6(11), 1–15. [9] Perbawa, IGB, Adiarta, A., & Ratnaya, IG (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Smarthphone Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas ( Wan ). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(3), 232–242. [10] Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, MF, Marhento, G., & Jupriadi. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah. EduBiologia: Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi, 3(1), 40. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070 [11] Hanifah, N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 226–233. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1339 [12] Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016a). Penelitian Tindakan Kelas (Ed. Revisi). Jakarta: Bumi Aksara. [13] Mil dan Huberman 2014 Analisis Data Kualitatif (Jakarta: UI Press) [14] Arikunto, S., & Jabar, CSA (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan. [15] Darwis, Atmono,D., Ratumbuysang,MFNG, & Hasanah,M. (2024).Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ma Ibitidaussalam. 12(1). Https://Doi.Org/10.26740/Jupe.V12n1.P85 [16] Hajar, O., Kasiyun, S., Susanto, RU,& Akhwani. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 06(01), 6404–6413 [17] Afifah, N., Tang, J., & Zain, S. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Kejuruan Siswa Kelas X APHP UPT SMK Negeri 8 Pinrang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 733–742. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1432 [18] Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.