Penerapan model direct instruction untuk meningkatkan kemampuan berpidato peserta didik kelas VI sekolah dasar
Abstract
Keywords
References
Kusyairi, Ad, F. F., & Ummah, H. (2024). Menumbuhkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah. Demagogi Journal of Social Sciences, Economics and Education, 2(4), 239–251. [2] Magdalena, I., Safitri, D., & Adinda, A. P. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 3 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Mi. Roudhotul Jannah Kota Tangerang. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 386–395. [3] Causarina, P. V., & Ahmadi, F. (2024). Analysis of Speaking Skills in Speech of Grade VI Students: A Case Study of Pedurungan Kidul 02 Semarang Elementary School. Jurnal Prima Edukasia, 12(1), 111–119. [4] Nurkamsiyah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpidato dengan Metode Modeling The Way Secara Online di Kelas VI SDN Rembang 1 Kota Blitar. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 357–372. [5] Viora, D., Surya, Y. F., & Marta, R. (2023). Metode Berpidato yang Efektif. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 5963–5968. [6] Alvino, A. T. (2021). Retorika dakwah KH Syukron Djazilan pada pengajian rutin masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(1), 73–84. [7] Asdarina, I. H. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Kelas X IPS B MA MII Al-Hikmah Cidangiang. STKIP Mutiara Banten, 7(1), 42–45. [8] Suryaningrum, S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Keterampilan Berbicara dan Aspek Pendukungnya pada Siswa Kelas Tinggi di SDN 7 Dobo Kabupaten Kepulauan Aru: Studi Kasus di Pulau-Pulau Kecil Perbatasan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 202–214. [9] Arifin, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Pengajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PJOK Materi Gerak Spesifik Permainan Bola Basket di Kelas VII-G Semester 1 SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 69–82. [10] G H, M., Syahrul, M., & Adminira, Z. (2024). Literature Review: Dampak Model Pembelajaran Langsung dalam Pembelajaran Biologi. Biology and Biology Education Journal, 1(1), 31–37. [11] Muslimin, R. R., Usman, S., & Rama, B. (2024). Strategi Pembelajaran Langsung (Konvensional). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 468–474. [12] Budiman, A., Samani, M., Rusijono, R., Setyawan, W. H., & Nurdyansyah, N. (2020). The Development of Direct-Contextual Learning: A New Model on Higher Education. International Journal of Higher Education, 10(2), 15. [13] Suryadi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Minyak Bumi di Kelas X MIA-3 Semester I SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(1), 44–55. [14] Fitri, L. J. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inonesia Menggunakan Model Direct Instruction Berbasis Kelompok Dengan Media Audiovisual Siswa Kelas V SDN 004 Bonai. Indonesian Journal of Innovation Science and …, 1(1), 403–410. [15] Dari, C. W., Tatalia, R. G., & Rusli, S. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Direct Instruction Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP N 9 Padang. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 3(1), 25–33. [16] Prayoga, I. M. A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantu Media Youtube Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Karya Ilmiah Siswa Kelas XI Mipa 4 Semester II SMA Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 178–188. [17] Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.