Hubungan literasi sains dan computational thinking peserta didik kelas V SD se-Kecamatan Laweyan

Wulan Novi Kusumastuti, Roy Ardiansyah

Abstract

Keterampilan Abad ke-21 menjadi keterampilan yang penting dikuasai agar mampu beradaptasi, berinovasi, dan berkontribusi dalam kehidupan sosial yang kini semakin kompleks. Salah satu keterampilan abad-21 adalah computational thinking. Keterampilan ini membimbing individu berpikir kritis dan memungkinkan pemecahan masalah secara logis, sistematis, efektif, dan efisien. Keterampilan ini tidak datang sendiri, melainkan harus dilatih dengan literasi sains. Permasalahan lebih mudah diatasi dengan mengaplikasikan computational thinking dengan menerapkan keterampilan dan konsep sains yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara literasi sains dan computational thinking pada peserta didik kelas V SD se-Kecamatan Laweyan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sumber data penelitian ini yaitu peserta didik kelas V di SDN Totosari, SDN Soropadan, SDN Dukuhan Kerten, dan SDN Ta’mirul Islam Surakarta dengan sampel sebanyak 201 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling.  Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik validasi yang digunakan meliputi uji validitas, uji konsistensi internal, dan uji reliabilitas. Selanjutnya dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek literasi sains dan computational thinking saling berkaitan sehingga meningkatnya literasi sains diikuti dengan meningkatnya computational thinking.

Keywords

computational thinking, literasi sains, abad 21

References

Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2017). Profil keterampilan berpikir analitis mahasiswa calon guru IPA dalam perkuliahan biologi umum. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 2(2), 66–70. Azzahra, S., & Fauzan, S. (2023). Computational thinking of accounting students in terms of critical thinking and problem-solving skills. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 33(1), 96–117. Budiyono. (2017). Pengantar metodologi penelitian pendidikan. UNS Press. Budiyono. (2020). Pengantar penilaian hasil belajar. UNS Press. Csizmadia, A., Curzon, P., Dorling, M., Humphreys, S., Ng, T., Selby, C., & Woollard, J. (2015). Computational thinking: A guide for teachers. Danindra, L. S. (2020). Proses berpikir komputasi siswa SMP dalam memecahkan masalah pola bilangan ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 95–103. Fakhriyah, F., Masfuah, S., & Roysa, M. (2018). Readability of conceptual science material teaching based on science literacy using modified cloze test technique to develop computational thinking skills. In International Conference on Teacher Training and Education 2018 (ICTTE 2018) (pp. 165–169). Atlantis Press. Hendri, S., & Defianti, A. (2015). Membentuk keterampilan argumentasi siswa melalui isu sosial ilmiah dalam pembelajaran sains. Prosiding Simposium Inovasi dan Pembelajaran Sains, 545–548. Ioannou, I., & Angeli, C. (2016). A framework and an instructional design model for the development of students' computational and algorithmic thinking. Jauhariyah, M. N., Sunarti, T., Setyarsih, W., Zainuddin, A., Fatimah, S., Syahidi, K., & Safitri, N. S. (2021, December). Scientific research trend on creativity in physics learning. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 560–567). Atlantis Press. Juldial, T. U. H., & Haryadi, R. (2024). Analisis keterampilan berpikir komputasional dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 136–144. Junaedi, Y., Umami, M. R., & Anwar, S. (2024). Analisis computational thinking skills siswa SMA melalui pembelajaran berdiferensiasi. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 5(4), 306–314. Kala’Sendong, L., Lante, N., & Bangian, D. (2024). Peran logika berfikir secara kritis dalam menanggapi berita hoaks di kalangan masyarakat. Jurnal Komunikasi, 2(3), 249–259. Kharomah, L., Fitri, A., & Cindarbumi, F. (2023). Efektivitas pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan computational thinking siswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 12(2), 154–165. Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan kurikulum Merdeka sebagai upaya peningkatan keterampilan abad 21 dalam pendidikan. Anthor: Education and Learning Journal, 2(5), 691–695. Marchelin, L. E., Hamidah, D., & Resti, N. C. (2022). Efektivitas metode scaffolding dalam meningkatkan computational thinking siswa SMP pada materi perbandingan. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 4(1), 16–28. Marhadi, A., Darmansyah, D., & Fitria, Y. (2023). Keterampilan berpikir komputasi bagi siswa: Tinjauan pustaka. Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar, 1(2), 48–52. Mitra, S. N., Qomariyah, S., & Rahmawati, S. (2023). Peran metode mind mapping dalam meningkatkan berpikir sistematis pada siswa di SMP Islam Hegarmanah Sukabumi. Soko Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 84–103. Munte, R. S., Risnita, R., Jailani, M. S., & Siregar, I. (2023). Jenis penelitian eksperimen dan noneksperimen (design klausal komparatif dan design korelasional). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27602–27606. Purwasih, R., & Dahlan, J. A. (2024). How do you solve number pattern problems through mathematical semiotics analysis and computational thinking?. Journal on Mathematics Education, 15(2), 403–430. Rosidah, T., Astuti, A. P., & Wulandari, V. A. (2017). Eksplorasi keterampilan generik sains siswa pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(2), 130–137. Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif kualitatif. Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.