Penerapan teknik gambar decalcomania dalam meningkatkan kemampuan personal drawing skill siswa kelas 5 SD

Rahma Aulia, Try Wahyu Purnomo, Halimatussakdiah Halimatussakdiah, Waliyul Maulana Siregar, Sri Mustika Aulia

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat pengaruh teknik gambar decalcomania terhadap kemampuan personal drawing skill pada siswa kelas V SDS Pahlawan Nasional. Sampel penelitian berjumlah 36 orang siswa kelas V SDS Pahlawan Nasional yang terdiri dari 18 orang siswa kelas Va dan 18 orang siswa kelas Vb. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS Shapiro-Wilk test. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh penggunaan teknik gambar decalcomania terhadap kemampuan personal drawing skill pada siswa kelas V SDS Pahlawan Nasional. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu hasil regresi diketahui nilai (Sig) adalah 0,000 artinya nilai signifikansi (Sig) (0,000) > (α) 0,05. Maka, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan teknik gambar decalcomania berpengaruh terhadap kemampuan personal drawing skill pada siswa kelas V SDS Pahlawan Nasional. Temuan dalam penelitian ini yaitu siswa mampu mencampurkan warna dan menciptakan warna-warna baru, mengkombinasikan warna dan menciptakan pola-pola dari perpaduan warna pada objek gambar.

Keywords

Teknik Gambar Decalcomania, Personal Drawing Skill., Elementary School

Full Text:

PDF

References

[1] Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak SD. Jakarta: Depdiknas.

[2] Soehardjo, A. J. (2012). Pendidikan Seni Dari Konsep Sampai Program. Malang: Universitas Negeri Malang.

[3] Miranda, Bachtiar, M. Y., Asti, A. W. (2023). Pengaruh Kegiatan Menggambar Teknik Graffito Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Turatea Jeneponto. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(1), 111-117.

[4] Syafi’i. (2006). Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Semarang: Universitas Negeri Semarang

[5] Ismiyanto, P. C. S. (2009). Perencanaan Pembelajaran Seni rupa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

[6] Wibisono, L. H. M, Karsono K, Daryanto, K. 2024. Analisis aktivitas pembelajaran SBdP muatan seni musik pada kurikulum merdeka ditinjau dari perspektif pendidikan seni holistik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Djiwa Indria, Vol 12, No 1

[7] Wahyuningsih, H. R, Karsono, Rintayati, P. 2024. Pembelajaran Seni Tari Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Seni Holistik Dimensi Tubuh. Didaktika Djiwa Indria, Vol 12, No 3

[8] Martini, A. E, Matsuri M, Ardiansyah, R. 2023. Analisis implementasi pendidikan seni tari berdasarkan teori pendidikan kesenian Ki Hadjar Dewantara di sekolah dasar. Didaktika Djiwa Indria, Vol 11, No 4

[9] Nurjantara, I. (2014). Pengembangaan Kreativitas Menggambar Melalui Aktivitas Menggambar Pada Kelompok B2 di TK ABA Kalakijo Guwosari Pajangan Bantul (Skripsi tidak diterbitkan). Yogyakarta: FIP UNY.

[10] Pamadhi, H. Sukardi, E. (2008). Seni keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

[11] Straffon, L. M., Groot, B. D., Gorr, N. D., Tsou, Y. T., Kre, M. E. (2024). Developing drawing skill: Exploring the role of parental support and cultural learning. Cognitive developement, 1-12. https://oi.org/10.1016/j.ogdev.2024.101444

[12] Aracagok, A. (2005). Decalcomania, Mapping, and Mimesis. Symploke, 13(1-2). https://about.jstor.org/terms

[13] Aracagok, A. (2005). Decalcomania, Mapping, and Mimesis. Symploke, 13(1-2). https://about.jstor.org/terms

[14] Mardiwasono, A. (2012). Pengaruh Teknik Tuking Terhadap Kemampuan Menggambar. Urna Jurnal Seni Rupa. 1 (2), 179-191.

[15] Sugiyanto, dkk. (2004). Kesenian untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga

[16] Sitepu, C., Azmi, Ibraahim, A., Aziz, A. C. K. (2020). Tinjauan Gambar Ekspresi Objek Manusia Berdasarkan Lowenfeld Menggunakan Krayon Oleh Anak TK B Methodist Berastagi. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 32-38.

[17] Yozi, D. P., (2022). Pengaruh Teknik Menggambar Siluet Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD TKIT Baitul Izzah Kota Bengkulu (Skripsi tidak diterbitkan). Bengkulu: UIN FAS Bengkulu.

[18] Destriani, I. (2020). Metode Ekspresi Bebas Terhadap Kreativitas Menggambar Siswa Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.