Efektivitas penggunaan model pembelajaran PJBL berbasis deep learning & ICT terhadap peningkatan keterampilan berfikir kreatif pada pembelajaran PPKN siswa SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
G. K. Raini, “Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD,” J. Educ. Action Res., vol. 6, no. 1, pp. 58–65, 2021, doi: 10.23887/jear.v6i1.42944. [2] A. Nurhadiyati, R. Rusdinal, and Y. Fitria, “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 327–333, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.684. [3] I. Parihah, T. Rosita, Y. A. Saabighoot, and Houtman, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Ihah,” J. Nuansa Akad., vol. 8, no. 1, pp. 25–34, 2023. [4] R. ASTUTI, “Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBL,” Bioedukasi J. Pendidik. Biol., vol. 8, no. 2, pp. 37–41, 2020, doi: 10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3872. [5] H. N. Saputra, R. Rahmat, and K. Komalasari, “Pemanfaatan Artificial Intelligence Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Projek di SMP Daarut Tauhiid Boarding School,” Sanskara Pendidik. dan Pengajaran, vol. 2, no. 02, pp. 115–125, 2024, doi: 10.58812/spp.v2i02.397. [6] W. Audia and I. Mastoah, “Strategi inovatif dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar di era digital,” J. Pendidik. Dasar, vol. 13, no. 1, pp. 86–91, 2025. [7] N. W. Rochmadi and L. Rochastuti, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS TPaCK,” Pros. Temu Ilm. Nas. …, vol. 15, no. 1, pp. 245–256, 2023, [Online]. Available: http://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/2254 [8] A. G. Putri, F. Robiansyah, and F. Alfarisa, “Efektivitas Model Project Based Learning ( PjBL ) Berbantuan Media Powerpoint dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD,” Edukasi J. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 1, pp. 79–87, 2024. [9] K. Rohman, “PENGELOLAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD KE 21 DI SD SMART SCHOOL JAKARTA SELATAN,” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022. [10] A. Rachmawati, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 13 MALANG,” UIN Maulana Malik Ibrahim, 2023. [11] W. Noventari, “Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara,” Pkn Progresif, vol. 15, no. 1, pp. 83–91, 2020. [12] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022. [13] D. N. S. Sundari, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PjBL BERBASIS STEAM TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL,” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023. [14] I. G. H. Nata and I. W. Sujana, “Efektivitas Model Project Based Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS,” Think. Ski. Creat. J., vol. 3, no. 2, pp. 91–98, 2021, doi: 10.23887/tscj.v3i2.32219. [15] Hardiyanti, H. Hambali, and Nurdiyanti, “Efektivitas Project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep sistem ekskresi manusia,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Sains, vol. 2, no. 3, pp. 20–28, 2024. [16] Sulfikah, R. Adiansyah, and Nurmi, “EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) BERBASIS ECOPRENEURSHIP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA,” J. Binomial, vol. 7, no. 2, pp. 12–25, 2024. [17] I. Mahmudah, “Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Artificial Intelligence (Ai) Pada Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas Xi Man 1 Ogan Ilir,” Universitas Sriwijaya, 2025.
Refbacks
- There are currently no refbacks.