Analisis pelaksanaan pada manajemen pembelajaran proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam menumbuhkan kemampuan bernalar kritis dan kreatif peserta didik fase C
Abstract
Keywords
References
M. Nasir and M. Muhammad, “Analisis Perkembangan Kurikulum Di Indonesia: Masa Lalu, Kini, Dan Masa Depan,” Learn. J. Inov. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 228–236, 2024. [2] T. D. Amalia and M. Indrakurniawan, “Analisis Karakter Gotong Royong Siswa melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar,” J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, vol. 6, no. 2, pp. 248–258, 2024. [3] M. Aseri, “Manajemen Pembelajaran Fiqih di Sekolah dan Madrasa Bagi Guru Pendidikan Agama Islam,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol.6, no.2, p.229, 2022. [4] S. Marmoah, J. I. Poerwanti, & S. Suharno, "Model Iposace dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital." Purbalingga: Eureka Media Aksa, 2023. [5] R. Satria, P. Adiprima, W. K. Sekar, and T. Y. Harjatanaya, “Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” Jakarta, p. 138, 2022. [6] Y. Ernawati and F. P. Rahmawati, “Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6132–6144, 2022. [7] A. M. Kibtiyah, “Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar,” INOPENDAS J. Ilm. Kependidikan, vol. 5, no. 2, pp. 82–87, 2022. [8] N. A. Fachirna, I. A. Pratiwi, & W. S. Rondli, "Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kelas V SD 1 Kaliwungu", CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, vol. 7, no. 2, pp. 772-781. [9] R. Z. Putri, "Analisis Manajemen Pembelajaran pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal di SD Negeri 1 Bulukerto Tahun Ajaran 2023/2024" [Skripsi tidak dipublikasikan]. FKIP Universitas Sebelas Maret, 2024. [10] Sugiyono, "Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan." Bandung: Penerbit Alfabeta, 2023. [11] L. Mandasari, E. Rahmadhani, and S. Wahyuni, “Efektivitas Perkuliahan Daring Pada Mata Kuliah Analisis Kompleks Selama Pandemi Covid 19,” J. As-Salam, vol. 4, no. 2, pp. 269– 283, 2020. [12] R. Amelia, R. Ananda, and F. Surya, “Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar,” vol.7, no.1, pp.1–10, 2024. [13] A. Alfansyur and Mariyani, “Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial,” Historis, vol. 5, no. 2, pp. 146–150, 2020. [14] A. R. Safitri and Raharjo, “Analisis Kesesuaian Modul Ajar Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Puri Mojokerto Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka,” Bioedu Berk. J. Pendidik. Biol., vol. 13, no. 1, pp. 127–134, 2024. [15] L. Khasanah, K. Khotimah, A. Suprijono, and A. Imron, “Studi Deskriptif Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan Pada Kelas Vii,” J. Dialekt. Pendidik. IPS, vol. 3, no. 3, pp. 257–267, 2023. [16] S. Nopiani, I. Purnamasari, D. Nuvitalia, and A. Rahmawati, “Kompetensi 4C dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sekolah Dasar,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 2, pp. 5202–5210, 2023. [17] P. Tibo, P. H. Bere, & T. N. Tarigan. "Peran Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Gunung Rintih", J. Pendidikan Katolik, vol. 4, no. 1, pp. 70-79. [18] N. R. Faradina, A. Fauziyyah, I. Mutmainah, A. A. Zahra, and A. R. Riyadi, “Pengalaman Peserta Didik Fase B Dalam Memahami Konsep Melalui Gamifikasi Digital,” vol. 10, pp. 866– 874, 2025. [19] K. Suparmini, I. G. Suwindia, and I. M. A. Winangun, “Gamifikasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital,” vol. 5, no. 2, pp. 145–148, 2024. [20] A. Astuti and A. H. Krismawanto, “Pelaksanaan Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka Di SD Marsudirini Gedangan Semarang,” Lumen J. Pendidik. Agama Katekese dan Pastor., vol. 2, no. 1, pp. 126–145, 2023, doi: 10.55606/lumen.v2i1.151. [21] A. N. Budiono, “Analisis Persepsi Komite Pembelajaran dan Praktik Baik Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka,” J. Educ., vol.5, no.2, pp.5340–5352, 2023. [22] A. Budiyani, R. Marlina, and K. E. Lestari, “Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Maju, vol. 8, no. 2, pp. 310–319, 2021. [23] H. Jani, “Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Membentuk Budaya Sekolah untuk Penerapan Kurikulum Merdeka,” KALBISOCIO J. Bisnis dan Komun., vol. 10, no. 1, pp. 28–44, 2023.
Refbacks
- There are currently no refbacks.