Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD N 1 Mendak: Perencanaan dan Pengorganisasian sebagai Kunci Keberhasilan

Fadhilah Cahyaningrum, Sri Marmoah

Abstract

This study aims to analyze the planning and organizing of the principal's leadership management in improving teacher performance at SD N 1 Mendak. The research method used is a descriptive qualitative approach with data collection techniques through interviews, observations, and document studies. The results showed that the principal has conducted leadership management planning by preparing a clear vision, mission, and goals. In addition, principals assign tasks and responsibilities according to teachers' competencies, as well as inform training and provide facilities for teachers to improve their pedagogical competence and professionalism. However, there are still obstacles in the uneven distribution of training and the lack of systematic monitoring and evaluation. Therefore, more effective strategies are needed to ensure equitable training opportunities for all teachers. The conclusion of this study emphasizes the importance of systematic and sustainable planning and organization of principals' leadership to improve teachers' performance in schools.

Keywords

Leadership management, principals, teacher performance, planning, and organizing

References

[1] Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah (Permendikbud Nomor 15 Pasal 3 Tahun 2018),” 2018.

[2] R. K. Huda, H. Mahfud, and Matsuri, “Analisis penerapan keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran ppkn kelas vi sekolah dasar,” J. Didakt. Dwija Indria, vol. 12, no. 3, pp. 226–232, 2024.

[3] A. Prastya, “Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru,” in Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, Universitas Terbuka Converention Center, 2016, pp. 294–302. [Online]. Available: http://repository.ut.ac.id/6518/

[4] A. Karimulah and N. I. Ummah, “Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Untuk Memotivasi Belajar Siswa MTs Muqoddimatul Akhlak Curah Wungkal Silo Jember,” Southeast Asian J. Islam. Educ. Manag., vol. 3, no. 1, pp. 13–34, 2022, doi: 10.21154/sajiem.v3i1.74.

[5] Z. Hanim, D. S. Sari, and R. Soe’oed, “Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru,” J. Manaj. Pendidik. J. Ilm. Adm. Manaj. dan Kepemimp. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 43–60, 2020, doi: 10.21831/jump.v2i1.30672.

[6] I. Irmayanti, “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sd Negeri 92 Kendari,” Institut Agama Islam Negeri Kendari, 2023. [Online]. Available: https://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2240/2/2 BAB I.pdf

[7] M. R. Al Masyar, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Ash SHidiq Pati,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2022. [Online]. Available: http://etheses.uin-malang.ac.id/36045/1/18170028.pdf

[8] M. Suli, “PENERAPAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU PADA MASA COVID 19 DI SDN 030 SABBANG LOANG KEC. BAEBUNTA KAB. LUWU UTARA,” Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2021. [Online]. Available: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2907

[9] S. M. Saputri, Rukayah, and Matsuri, “Analisis kesulitan belajar melalui pembelajaran daring di kelas IV sekolah dasar,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., vol. 7, no. 4, 2022, doi: 10.20961/jpiuns.v7i4.57499.

[10] Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2023, doi: https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.

[11] Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books/about/Manajemen_dan_Kepemimpinan_Kepala_Sekola.html?id=IRpvEAAAQBAJ&redir_esc=y#:~:text=Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd. Bumi Aksara, May 11, 2022

[12] K. Efendi, “Implementasi standar pengelolaan pendidikan dalam peningkatan mutu madrasah di man 1 ponorogo (studi kasus di man 1 ponorogo),” 2022.

[13] A. Sulhan, “Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat sekitar di Ma At-Tahzib Kekait Gunungsari,” J. Penelit. Keislam., vol. 13, no. 2, pp. 131–151, 2017, doi: 10.20414/jpk.v13i2.784.

[14] N. B. Aji, “Analisis Swot Daya Saing Sekolah: Studi Kasus Di Sebuah Sma Swasta Di Kota Tangerang,” J. Oper. Excell., vol. 10, no. 1, pp. 65–73, 2018.

[15] S. Inayah et al., Manajemen Sekolah: Deskripsi dan Tinjauan Kritis, 1st ed. Palasah: CV. Edupedia Publisher, 2024.

[16] N. A. Salim, “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatan Disiplin Kerja Guru,” J. Pendas Mahakam, vol. 1, no. 2, pp. 215–226, 2016, [Online]. Available: https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/62/38

[17] A. Wati, “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD N Sleman 1,” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2024.

[18] N. Mahmudah, P. Rintayati, and F. P. Adi, “Hubungan antara kompetensi profesional guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA materi panas dan perpindahannya kelas V sekolah dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 1, 2023, doi: 10.20961/jpd.v11i1.62984.

[19] R. S. Rahayu, Maisyaroh, and W. Zulkarnain, “IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI ( Studi Kasus di SDN Percobaan 1 Malang ),” J. Manaj. dan Supervisi Pendidik., no. 3, pp. 1–12, 2018, [Online]. Available: http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/artikel-renita.pdf

[20] N. Azhari, A. Sujarwo, and Supangat, “Kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru,” UNISAN J. J. Manaj. dan Pendidik., vol. 03, no. 04, pp. 231–243, 2024.

[21] S. Marmoah, B. N. Mulia, and A. Nafisah, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Kelas Sekolah Dasar,” J. Ilm. Dikdaya, vol. 13, no. 1, pp. 162–173, 2023, doi: 10.33087/dikdaya.v13i1.408.

[22] E. Yayuk and Y. A. Haqqi, Kompetensi dan Kinerja Guru Serta Faktor yang Mempengaruhinya. Malang: Haqqi Internasional Edukasi Publisher, 2023.

[23] M. K. Lubis and M. Fadli, “Implementasi manajemen sarana dan prasarana di sekolah dasar negeri 102071 dolok masihul,” Ta’dib J. Pendidik. Islam, vol. 13, no. 2, pp. 371–384, 2024, doi: 10.29313/tjpi.v13i2.14098.

[24] T. Fajartriani and W. Karsiwan, “Manajemen Pengadaan Sarana Prasarana Sekolah,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 7, no. 1, pp. 162–168, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i1.907.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.