Evaluasi efektivitas kurikulum merdeka dalam meningkatkan karakter dan kompetensi siswa di sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press. Anggraini, A. A., & Saputra, E. R. (2023). Implementasi Pengembangan Infografis Terintegrasi sebagai Media dan Suplemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 617-638. Azharudin, M. A & Azhari, S. (2024). Analisis Nilai Karakter Siswa pada Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 7 (5), 5033 - 5039. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5 Cahya, A. I., Hartati, I., Indriyani, T. S., & Jenu, J. (2025). Membangun Karakter Siswa Melalui Integrasi Filsafat Ilmu Dalam Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Wahana Pendidikan, 12(1), 217-228. doi : http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i1.16616 Dharma, I. M. A., Arnyana, I. B. P., Dantes, N., & Sudewiputri, M. P. (2024). Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 626-636. Dewi, L. et al. (2021). Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3), 8060-8064. Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 264-275. Harahap, N. F., Pangaribuan, M., Faisal, M. H., Marbun, T., & Ivanna, J. (2023). Peran Pembelajaran IPS Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP 35 Medan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 157-166. Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222. Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), 333-342. doi : https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/5048 Marheni, E., Supriyanto, T., & Junaedi, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal. Journal of Elementary Education, 5(2), 48-59. Muliyani, N. M., Anta, I. M., & Sudarsana, W. (2024). ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN P5 PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD INPRES 3 TALISE. JATMIKA : Journal Education and Learning of Elementary School, 2(1), 29-43. https://doi.org/10.36417/jels.v2i1.675 Muttaqin, M. F. (2024). INTERNALISASI KARAKTER MANDIRI SISWA MELALUI EKTRAKULIKULER MEMANAH DI SD DAARUL QURAN INTERNASIONAL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 560-569. doi : https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/17301 Purnomo, A., et al. (2022). Model proyek interdisipliner berbasis kearifan lokal dalam Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(2), 189-200. https://doi.org/10.21831/jipi.v8i2.51876 Putikadyanto, A. P. A., Amin, M. B., & Wachidah, L. R. (2024). Mewujudkan Sekolah Ramah Anak: Implementasi Disiplin Positif dalam Kurikulum Merdeka. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 106-116. doi : https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/12766 Romdona, S. et al (2025). TEKNIK PENGUMPULAN DATA: OBSERVASI, WAWANCARA DAN KUESIONER. Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi da Politik. 3 (1), 39-47. https://doi.org/10.61787/taceee75 Silvina, et al. (2022). Inovasi Perangkat Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Sikap Jujur Pada Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia. 7(1), 1-12. doi: Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281-288 Tunas, O, K. Pangkey, H, D, R. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas. Journal on Education, 6(4), 22031-22040. Veronika, F., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2023). Evaluasi Efektivitas Penanaman Karakter Melalui Proyek P5 Di SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4098-4109. Wani, A. S., Yasmin, F. A., Rizky, S., Syafira, S., & Siregar, D. Y. (2024). Penggunaan Teknik Observasi Fisik dan Observasi Intelektual Untuk Memahami Karakteristik Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3737–374. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12974
Refbacks
- There are currently no refbacks.