Archives



2019

Vol 3, No 1 (2019): Seminar & Call Paper 2019: PEMBANGUNAN HUKUM BERKARAKTER PANCASILA DALAM RANGKA GLOBALISASI EKONOMI DI ERA INDUSTRI 4.0

Indonesia memiliki sistem hukum yang khas yakni sistem hukum yang dijiwai oleh ideology negara Pancasila. Pancasila merupakan ideologi yang lahir dan digali dari nilai kearifan bangsa. Pancasila sebagai ideologi yang tidak lekang oleh waktu menjadi modal utama di tengah derasnya arus revolusi industri dan globalisasi. Revolusi industri dan globalisasi seakan menjadi satu kesatuan yang tak terlepas dari kehidupan masyarakat saat ini. Hukum yang bernafas Pancasila harus menjadi landasan yang kuat agar Indonesia mampu memasuki Revolusi Industri dengan baik, untuk itulah pembangunan hukum berkarakter Pancasila menjadi key of solution yang tak bisa ditawar. Membangun hukum artinya membangun suatu tata hukum, beserta perangkat yang berkaitan dengan tegaknya kehidupan tata hukum tersebut. Sistem hukum memiliki seperangkat hukum tertulis dan hukum tidak tertulis yang berlaku dalam suatu tempat tertentu. Ketika hukum berlaku pada suatu masyarakat haruslah mencerminkan nilai social (social values) dan pandangan hidup masyarakatnya. Oleh karena itu membangun hukum di Indonesia bukanlah hanya berdasar paham hukum yang universal dan global melainkan tetap bersumber pada paham yang berkembang di masyarakat agar hukum yang berlaku tidak teralienasi dengan way of life bangsa.

Mengingat pentingnya pembangunan hukum berkarakter Pancasila di tengah derasnya revolusi industri dan globalisasi, maka Program Studi Magister Hukum Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Pembangunan Hukum Berkarakter Pancasila dalam Rangka Globalisasi Ekonomi di Era Industri 4.0, dengan menghadirkan para pakar dan praktisi yang sangat kompeten antara lain Dr. Anwar Usman, S.H.,M.H (Ketua Mahkamah Konstitusi), Prof. Dr. Sudjito, S.H.,M.Si (Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Gadjah Mada), Prof. Dr. Ni’matul Huda, S.H.,M.Hum (Guru Besar HTN Universitas Islam Indonesia), Prof. Dr. Adi Sulistyono, S.H.,M.H. (Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret).

Pemikiran dan pandangan para narasumber kunci dalam seminar tersebut telah diperkaya melalui paper dari para peserta Call for Papers  dengan pembahasan yang telah difokuskan secara spesifik dan mendalam. Semua paper pembicara dan pemakalah dipublikasikan dalam Prosiding Seminar Nasional yang diharapkan akan menjadi referensi pemikiran hokum yang aktual di Indonesia.


Hormat Kami,
Ketua Program Studi Magister Hukum

Dr. Mohammad Jamin, SH.,MHum



2017

Vol 1, No 1 (2017): SEEDS December 2017 Fostering Quality Learning in the Era of Open Knowledge

The first issue of the SEEDS facilitates a forum for researcher, academicians,  teachers,  school principals,  government agencies, consultants to share their insights related to the idea to Fostering Quality Learning in the Era of Open Knowledge”.