Pemberdayaan UMKM Makanan Olahan Khas Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Menuju Kemandirian Usaha

Endang Siti Rahayu, Heru Irianto, Sugiharti Mulya Handayani, Mei Tri Sundari, Setyowati Setyowati, Fanny Widadie

Abstract


UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah bisnis yang dijalankan secara individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. UMKM berguna dalam menaikkan harga jual bahan baku mentah untuk dipasarkan dalam bentuk produk jadi. Tawangmangu merupakan kecamatan yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tawangmangu berada di daerah pegunungan dengan ketinggian rata-rata 1.000 mdpl sehingga cocok untuk ditanami tanaman, baik berupa tanaman pangan, sayuran, maupun buah-buahan. Beberapa tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar produk olahan pangan UMKM seperti pisang, ubi jalar, ubi kayu, wortel, jagung, dan lainnya. Tawangmangu yang menjadi daerah wisata diharapkan mampu dijadikan peluang bagi masyarakat khususnya UMKM dalam memasarkan hasil olahannya. Bentuk dukungan yang dapat diberikan adalah dengan melakukan pelatihan kewirausahaan bagi UMKM dalam membangun branding produk olahanya sehingga mampu bersaing dengan kompetitor. Berdasarkan survey yang dilakukan, keberadaan UMKM di Tawangmangu cukup banyak namun branding yang dilakukan kurang maksimal. Pelatihan branding produk olahan berguna dalam menarik konsumen dan menjaga keberlanjutan usaha yang nantinya berdampak dalam menyediakan lapangan pekerjaan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat di Tawangmangu. Melihat potensi, prospek, dan peluang usaha tersebut maka pelatihan kewirausahaan pada UMKM Tawangmangu Karanganyar perlu dilakukan, karena hal ini dapat membantu UMKM dalam mengembangkan usahannya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan beberapa kegiatan yaitu penyuluhan mengenai kewirausahaan, branding, dan pengemasan produk olahan UMKM. Dari permasalahan yang ada, perlu kiranya dilakukan pendampingan kepada UMKM Akar Mulya Desa Karanglo, Tawangmangu, khususnya mengenai kegiatan dalam melakukan manajemen usaha, mengembangkan branding dan kemasan produk olahan sehingga mampu mengembangkan UMKM. Dari kegiatan persiapan dan diskusi dengan Kelompok UMKM Akar Mulya di Desa Karanglo Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar mereka sangat mengharapkan bantuan dan pelatihan untuk kewirausahaan, branding dan pengemasan produk olahan UMKM hasil produksi yang dihasilkan dari Desa Karanglo itu sendiri.


Keywords


branding; kewirausahaan; Tawangmangu; UMKM

rticle

References


Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 697–709. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709

Al Farisi, S., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. 9(1), 73–84.

Fidiana, Rochdianingrum, W. A., Retnani, E. D., & Widyawati, D. (2020). Peningkatan Kapabilitas dan Performa UMKM melalui Monitoring dan Pendampingan. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 376–382. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i4.1268

Kartikasari, R. D., & Suswadi, S. (2021). Analisis Potensi dan Pengembangan Agribisnis Sayuran Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Ilmiah Agrineca, 21(1), 49–54. https://doi.org/10.36728/afp.v21i1.1307

Munawar, A., Studi, P., & Bisnis, I. (2021). Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 115–120. https://doi.org/10.374/jadkes.v2i1.1402

Nabillla, A. G., & Antje, T. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pada Diva Karaoke Rumah Bernyanyi. Kritis, 5(2), 21–40.

Oktarina, N., Widodo, J., & Fachrurozie. (2019). Penguatan UMKM Melalui Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Jangkauan Pemasaran di Kecamatan Toroh Purwodadi. Jurnal Abdimas, 23(2), 170–174.

Pramiawati, A. W., & Aulia, P. (2022). Pengaruh Strategi Co- Branding Produk Susu UHT Cimory Rasa Biskuit Marie Regal Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA, 6(2), 789–808.

Putra, Y., Santoso, P. Y., & Adhypoetro, R. R. (2021). Branding Produk dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11–21. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberpr/article/view/1415

Qonita, R. R. A., & Parnanto, N. H. R. (2016). IbM Ubi Jalar di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Jurnal Dianmas, 5(2), 141–151.

Ramadhana, Y. D. F., & Subekti, S. (2021). Pemanfaatan Metode Penyuluhan Pertanian oleh Petani Cabai Merah. Jurnal Komunikasi Dan Penyuluhan Pertanian, 2(2), 113–133.

Sari, C. T., & Indriani, E. (2017). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok UMKM KUB Murakabi Desa Ngargoyoso. Wasana Nyata, 1(1), 17–21.

Tamsuri, A., & Pamenang, S. (2022). Literatur Review Penggunaan Metode Kirkpatrick untuk Evaluasi Pelatihan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2723–2734. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1154/879




DOI: https://doi.org/10.20961/prima.v7i2.74883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.