Peningkatan Kapasitas dan Inovasi Koperasi Pangan Boga Makmur Menghadapi Era Industri 4.0
Abstract
Revolusi Industri 4.0 memberikan peluang kepada UKM untuk lebih berkembang. Dalam kenyataannya banyak permasalahan internal yang menghambat perkembangan UKM. Permasalahan internal yang sering menjadi penghambat adalah kemampuan pengelolaan keuangan yang rendah dan daya saing produk yang belum maksimal. Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UKM pangan di era industri 4.0 terutama dalam pengelolaan keuangan dan inovasi kemasan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan mitra Koperasi Pangan Boga Makmur di Kabupaten Sukoharjo melalui FGD terbatas, pelatihan dan pendampingan. Metode Participatory Rural Appraisal (PRA) digunakan untuk menjamin kegiatan memberikan hasil maksimal. Dengan metode ini peserta diharapkan terlibat penuh dalam kegiatan. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan tentang pembukuan keuangan dan pembuatan kemasan yang marketable dan dapat meningkatkan daya saing produk. Pelatihan memberikan banyak manfaat bagi peserta, namun adanya pandemi membuat usaha terhenti, sehingga baru sekitar 10% peserta pelatihan yang sudah mempunyai pembukuan keuangan dan 30% yang sudah mempunyai kemasan marketable.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afiyanti, Y. (2008). Focus group discussion (diskusi kelompok terfokus) sebagai metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62. https://doi.org/10.7454/jki.v12i1.201
Ambarwati, M. (2015). Pengaruh citra merek terhadap minat beli (survei pada mahasiswa Universitas Brawijaya yang menggunakan pasta gigi pepsodent). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(1), 86141.
Anisa, R. (2017). Pengaruh kemasan produk dan merk teh celup. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 78–88.
Anwar, K., & Fatmawati. (2018). Pengaruh jumlah penduduk usia produktif, kemiskinan dan inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bireuen. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 01(01), 15–22.
Bismala, L. (2016). Model anajemen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan efektivitas usaha kecil menengah. Jurnal Enterpreuner Dan Enterpreneurship, 5(1), 19–25.
BPS. (2016). Potensi peningkatan kinerja usaha mikro kecil. Badan Pusat Statistik.
Erijanto, A. C., & Fibrianto, K. (2018). Variasi kemasan terhadap tingkat kesukaan dan pengambilan keputusan konsumen pada pembelian makanan tradisional: kajian pustaka. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 6(1), 91–96. https://doi.org/10.21776/ub.jpa.2018.006.01.11
Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1). https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16
Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: pengaruh revolusi industri pada kewirausahaan demi kemandirian ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i2.12142
Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan umkm di Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 15. https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678
Kementerian Koperasi dan UKM. (2017). Laporan kinerja kementerian koperasi dan usaha kecil dan menengah tahun 2017. Kementerian Koperasi dan UKM.
Kementerian Koperasi dan UKM. (2019). Laporan kinerja kementerian koperasi dan usaha kecil dan menengah Republik ndonesia tahun 2018. Kementerian Koperasi dan UKM.
Lidyasuwanti, A. (2017). Pengaruh kemasan, brand image dan brand trust terhadap minat beli konsumen pada produk pancake durian sharie radjanya di Kota Mataram. Jmm Unram - Master of Management Journal, 6(2), 1–17. https://doi.org/10.29303/jmm.v6i2.105
Munizu, M. (2013). Strategi peningkatan kinerja dan peran usaha kecil. Manajemen & Bisnis, 12(1), 101–110.
Rohida, L. (2018). Pengaruh era revolusi industri 4.0 terhadap kompetensi sumber daya manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187
Sidu, D., & Sugihen, B. G. (2007). Pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan hutan lindung jompi Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Penyuluhan, 3(1). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v3i1.2146
Tunky, H., & Kohardinata, C. (2016). Perancangan desain kemasan pada merk keripik pisang bananation di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 567–583.
DOI: https://doi.org/10.20961/prima.v5i1.45023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.