Representasi Linguistik Lanskap Terhadap Wacana Persuasif Pada Baliho Pilkada Jawa Timur 2024
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardhian, D., Zakiyah, M., & Fauzi, N. B. (2023). Pesan dan simbol identitas dibalik kematian: Lanskap linguistik pada area publik tempat pemakaman umum di kota Malang. LITERA, 22(1), 90–106.
Astuti, S. P. (2017). Persuasi dalam wacana iklan. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(1), 38–45.
Burke, K. (1969). A rhetoric of motives. University of California Press.
Chandler, D. (2022). Semiotics: The basics. Routledge.
Cialdini, R. B. (2009). Influence: Science and practice (Vol. 4). Pearson Education.
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2).
Djajasudarma, T. F. (1994). Wacana: Pemahaman dan hubungan antarunsur. Eresco.
Erikha, F. (2018). Konsep lanskap linguistik pada papan nama jalan kerajaan (Râjamârga): Studi kasus di kota Yogyakarta. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 8(1), 38.
Foss, S. K. (2017). Rhetorical criticism: Exploration and practice. Waveland Press.
Gorys Keraf, D. (2009). Diksi dan gaya bahasa. Gramedia Pustaka Utama.
Johnson, K. (2010). Political campaigning and the use of compensatory rhetoric: A case study of European elections. Journal of Political Marketing.
Khotimah, K. (2018). Pelanggaran Prinsip Kerjasama dalam Debat Kandidat Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 11(2), 1–9.
Khotimah, K., & Karisma, D. A. (2024). Konstruksi narasi politik dalam tayangan YouTube bertajuk ‘3 Bakal Calon Presiden Bicara Gagasan’ di Narasi Mata Najwa. Scientia, 3(2).
Khotimah, K., & Khotimah, K. (n.d.). Wacana kritis Norman Fairclough berita media massa daring: Jepang buang limbah nuklir. PRASASTI: Journal of Linguistics, 9(1), 46–60.
Kridalaksana, H. (1987). Sintaksis. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.
Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Remaja Rosdakarya.
Nimmo, D. D. (1978). Political communication and public opinion in America.
Pratkanis, A. R., & Aronson, E. (2001). Age of propaganda: The everyday use and abuse of persuasion. Macmillan.
Purba, A., Rahmadani, P., & Sari, S. (2024). Analisis wacana kritis Fairclough dalam teks iklan Sprite 2024. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2185–2191.
Setiawati, E., & Rusmawati, R. (2019). Analisis wacana: Konsep, teori, dan aplikasi. Universitas Brawijaya Press.
Sobur, A. (2001). Analisis teks media: Suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis semiotik dan analisis framing. Remaja Rosdakarya.
Sudaryanto. (1993). Metode dan aneka teknik analisis bahasa: Pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis (Vol. 64). Duta Wacana University Press.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Wijaya, A., & Suryani, I. (2020). Analisis wacana persuasi dalam kampanye Pilkada Jawa Barat. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Winarti, A., Syafroni, R. N., & Maspuroh, U. (2024). Analisis lanskap linguistik iklan Kota Harapan Indah serta rekomendasinya sebagai brosur teks iklan kelas VIII. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1519–1527.
Wulansari, D. W. (2020). Linguistik lanskap di Bali: Tanda multilingual dalam papan nama ruang publik. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 420–429.Refbacks
- There are currently no refbacks.