Evaluasi Proses Pembelajaran Berdasarkan pada Voice Of Customer (Studi Kasus pada Fakultas X, Universitas Y)
Abstract
Kualitas lulusan pendidikan amat ditentukan oleh kualitas pembelajaran. Kuliatas adalah memenuhi apa yang dibutuhkan pelanggan, proses pembelajaran yang berkualitas berarti proses pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Bagaimanakan proses pembelajaran itu sendiri sesuai dengan kebutuhan dan pelanggan.Pemanfaatan metode quality function deployment merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Quality function deployment berbentuk sebuah matrik yang disebut house of quality. Metode ini dipakai untuk mengembangkan proses pembelajaran yang didasarkan pada suara pelanggan (voice of customer). Mahasiswa adalah pelanggan utama dalam pendidikan Tinggi. Penelitian dilakukan di Fakultas X Universitas X pada mahasiswa semester lima keatas. Berdasarkan voice of cuztomer mahasiswa sudah cukup puas dengan pelayanan proses pembelajaran di Fakultas X Universitas X dengan rentang nilai kepuasan 4.63 sampai dengan 2.58. Sedangkan perbaikan terbesar yang harus dilakukan institusi adalah penjadwalan akademik selama satu semester dengan nilai improvement ratio berkisar antara 1.2 hingga 1.6.
Keywords
Proses Pembelajaran; Voice customer
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.