Editorial Policies

Focus and Scope

Performa: Media Ilmiah Teknik Industri merupakan jurnal pada bidang Rekayasa Manufaktur dan Industri ( Industrial and Manufacturing Engineering ). Tema naskah yang diterbitkan mencakup:

1. Manufacturing System
2. Operational Research
3. Product Design and Development
4. Manufacturing Technology
5. Work study
6. Ergonomic
7. Logistic System
8. Business System
9. Quality and Reliability Engineering
10. Information System and Knowledge Management
11. System Modelling
12. Small-medium Enterprise (SME) Optimization 
13. Public Sector Optimization
14. Industrial Engineering Education

Naskah yang dimuat dapat berupa hasil penelitian, analisis, dan kajian ilmiah.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Proses review terhadap naskah yang dikirim ke jurnal Performa: Media Ilmiah Teknik Industri dilakukan dengan Single Blind Review. Artinya penulis tidak akan mengetahui siapa reviewer dari naskahnya tetapi reviewer akan mengetahui siapa penulis naskah. Secara umum, proses review dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu:

  1. Tahap screening awal. Pada tahap ini editor akan mengevaluasi apakah naskah yang dikirim sesuai dengan scope jurnal dan telah mengikuti aturan penulisan jurnal
  2. Tahap review. Pada tahap ini setiap naskah akan dimintakan review ke maksimal 2 orang reviewer yang berkompeten. Proses review dapat berlangsung selama 1-4 bulan.
  3. Tahap keputusan final. Pada tahap ini editor akan membuat keputusan final, apakah naskah akan diterima atau ditolak. Keputusan editor ini akan didasarkan pada hasil review yang diterima dari reviewer.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

  1. Semua artikel yang dikirim ke jurnal Performa harus bebas plagiarisme. Menurut U.S. Federal Policy on Research Misconduct (http://www.aps.org/policy/statements/federalpolicy.cfm), plagiarisme didefinisikan sebagai pengambilan ide, gagasan, proses, hasil dan pernyataan orang lain untuk kepentingan diri sendiri tanpa diikuti dengan pemberian pengakuan/penghargaan.
  2. Semua penulis menyetujui proses pengiriman artikel ke jurnal Performa dan menyetujui nama penulis dan urutannya (authorship). Authorship dari artikel menurut ICMJ Recommendation 2013 (http://www.icmje.org/recommendations) didasarkan pada kriteria berikut: a) kontribusi pada konsep atau rancangan penelitian; analisis atau interpretasi data; dan b) penyusunan penelitian atau perbaikan yang dilakukan untuk keperluan konten intelektual; dan c) persetujuan final (final approval) terhadap artikel yang akan diterbitkan; dan d) bertanggung jawab terhadap semua aspek yang ada dalam penelitian.
  3. Artikel yang dikirim ke jurnal Performa harus dipastikan bebas konflik kepentingan. Oleh karenanya, jika dikemudian hari muncul konflik kepentingan yang berkenaan dengan penerbitan artikel, maka penulis memiliki tanggung jawab mutlak untuk menyelesaikannya.
  4. Artikel yang dikirim ke jurnal Performa merupakan karya original dan tidak dikirim/dalam proses review di jurnal yang lain. Artikel yang diketahui telah dikirim ke jurnal lain akan secara otomatis ditolak.
  5. Keputusan dewan Editor terhadap status artikel yang dikirim ke jurnal Performa bersifat final. Dewan Editor jurnal Performa memiliki hak untuk membatalkan atau menarik publikasi dari artikel yang telah diterima jika diketahui dikemudian hari bahwa artikel tersebut mengandung pelanggaran kode etik (misconduct).
  6. Masalah yang terkait dengan authorship (nama penulis dan urutan penulis) harus diselesaikan sesama penulis sebelum artikel dikirim ke jurnal Performa. Perubahan authorship tidak diijinkan setelah artikel dikirim ke jurnal.
  7. Penulis dapat menulis note atau koreksi terhadap artikel yang telah diterbitkan di jurnal Performa, jika dikemudian hari ditemukan kesalahan terhadap isi artikel.
  8. Mitra bestari adalah pihak yang membantu Editor dalam membuat keputusan editorial terkait dengan artikel yang dikirim ke jurnal. Mitra bestari harus melakukan review secara objektif sesuai bidang keilmuan yang dimiliki dengan tanpa  memandang ras, jenis kelamin, keyakinan agama, etnis, kewarganegaraan, dan/atau afiliasi politik dari penulis. Mitra bestari yang dipilih untuk mereview artikel tidak boleh berasal dari institusi yang sama dengan penulis artikel.
  9. Dewan Editor dan mitra bestari harus menjaga kerahasiaan yang terkait dengan proses review artikel.