Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Performa: Media Ilmiah Teknik Industri?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

Performa: Media Ilmiah Teknik Industri merupakan jurnal yang melingkupi bidang Rekayasa Manufaktur dan Industri (Manufacturing and Industrial Engineering) dalam disiplin keilmuan Teknik Industri. Cakupan tema-tema yang diterbitkan pada jurnal ini dapat dilihat pada bagian Focus and Scope.

Penulis yang akan mempublikasikan artikel hendaknya menggunakan template jurnal dan memperhatikan petunjuk umum penulisan sebagai berikut:

Panjang Artikel

Artikel ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan panjang artikel antara 10 - 15 halaman termasuk referensi.

Format File

Artikel ditulis menggunakan format file Microsoft Word (doc / docx). Kami belum menerima format lain seperti LaTex atau PDF.

Judul Artikel

Judul artikel ilmiah maksimal 15 kata menggunakan format title case. Judul artikel harus merepresentasikan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan, tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam dan tidak mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan.

Profil Penulis

Semua nama penulis dituliskan lengkap tanpa menggunakan gelar. Tuliskan informasi instansi/lembaga masing-masing penulis jika berbeda, atau cukup tuliskan satu nama instansi/lembaga jika seluruh penulis berasal dari instansi/lembaga yang sama. Tuliskan email untuk setiap penulis, dan berikan tanda * untuk email penulis korespondensi.

Abstrak

Abstrak artikel ditulis dalam 2 bahasa, yaitu abstrak bahasa indonesia dan abstrak bahasa inggris. Abstrak berisi antara 100 sampai 250 kata dengan spasi tunggal.  Abstrak harus ditulis dalam 1 paragraf dan berisikan latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Kata kunci ditulis sebanyak 3-5 kata dan dicantumkan di bawah abstract.

Struktur Isi Artikel

Naskah artikel boleh ditulis dengan bahasa Indonesia atau bahasa inggris. Struktur isi artikel meliputi: Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima Kasih (jika ada), dan Daftar Pustaka. Setiap bagian naskah harus diberikan nomor.

1. Pendahuluan

Bagian pendahuluhan berisikan latar belakang penelitian, review artikel dan tujuan penelitian. Bagian pendahuluan hanya terdiri dari 1 bab dan tidak diperbolehkan dipecah menjadi beberapa subbab.Tulislah state-of-the art dari penelitian yang dilakukan dan tunjukkan novelty dan seberapa besar kontribusi penelitian yang dilakukan terhadap penelitian sebelumnya. Bila perlu gunakan tabel yang menunjukkan posisi penelitian dengan penelitian sebelumnya.

Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan Harvard reference system (nama, tahun), misalnya: Rujukan awal kalimat: Sutopo dan Kusuma (2014) menyatakan…..; Rujukan disebut diakhir kalimat: ………(Zarandi dan Prasetya, 2007). Rujukan untuk beberapa pustaka yang disebut di akhir kalimat dapat ditulis sebagai berikut:.........(Handayani dan Puji, 2009; Jawahir dan Susatyo, 2010; Ahmad dan Yuniawati, 2014). Pada kutipan jika penulis pustaka lebih dari dua orang maka gunakan et al. Disarankan menggunakan perangkat referensi yang disediakan oleh Microsoft Word, atau Mendeley, atau EndNote agar tidak ada sumber rujukan yang terlewatkan dalam daftar pustaka.

2. Metode Penelitian

Bagian ini berisikan penjelasan tentang bagaimana sebuah penelitian dikerjakan. Tahapan penelitian dan metode penelitian perlu dijelaskan secara detail sehingga memudahkan pembaca memahami alur penelitian. Pada bagian ini penulis dapat mencantumkan persamaan matematis yang digunakan dalam penelitian

3. Hasil dan Pembahasan

Pada bagian ini perlu dijelaskan beberapa hasil dari penelitian yang dilakukan. Perlu diperhatikan bahwa bagian ini hanya menampilkan hasil-hasil penting dari penelitian, sehingga tidak semua hasil penelitian perlu ditampilkan di bagian ini. Pembahasan juga perlu dilakukan secara mendetail pada hasil-hasil yang dipandang menarik sehinggan mendukung kontribusi penelitian. Pembahasan yang baik juga perlu membandingkan hasil yang didapatkan dengan hasil dari penelitian lainnya. Gunakan tabel, grafik atau gambar untuk menjelaskan hasil yang dianggap penting dalam penelitian.

4. Simpulan

Bagian simpulan harus dapat menjawab tujuan penelitian. Jelaskan hasil-hasil penting yang didapatkan yang terkait dengan tujuan penelitian. Selain itu, bagian ini juga menjelaskan keterbatasan penelitian yang dilakukan dan agenda penelitian berikutnya. Bagian ini ditulis dalam paragraph dan tidak diperbolehkan ditulis dalam poin-poin.

Ucapan Terima Kasih

Penulis dapat menuliskan ucapan terima kasih kepada reviewer, orang yang secara tidak langsung membantu penelitian atau lembaga yang membantu pendanaan penelitian.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka disusun menurut abjad dan diketik satu spasi.  Gunakan referensi primer, seperti jurnal, prosiding atau buku, untuk memperkaya bagian daftar pustaka. Pastikan bahwa setiap pustaka yang ditulis di daftar pustaka harus disitasi dalam artikel. Pustaka yang tidak disitasi, tidak diperbolehkan ditulis dalam bagian ini. 

Template Penulisan

Petunjuk penuliusan dan template dalam fomat Ms.Word : << Unduh template jurnal Performa: Media Ilmiah Teknik Industri >> .

 

 

.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah belum pernah diterbitkan dan tidak sedang dikirim untuk diterbitkan di jurnal lain.
  2. Perangkat Turnitin akan kami gunakan untuk memeriksa tingkat kemiripan naskah artikel.
  3. File naskah dalam bentuk Ms.Word dan dibuat dengan mengikuti aturan penulisan jurnal Performa: Media Ilmiah Teknik Industri. Template penulisan dapat diunduh di sini : Template PERFORMA
  4. Tidak ada konflik kepentingan antar penulis dan semua penulis telah dituliskan dengan benar (nama, afiliasi, alamat dan email)
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.