Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif articulate storyline terintegrasi microgames pada materi proses digesti manusia kelas XI
Sari
This study aims to (1) develop interactive learning multimedia Articulate Storyline integrated with microgames on the material of human digestion process in class XI, (2) test the feasibility of interactive learning multimedia Articulate Storyline integrated with microgames on the material of human digestion process in class XI. This type of research is Research and Development (R&D) with the ADDIE model, which is modified only to the Develop stage and combined with a mixed method sequential exploratory design approach. The research data collection technique was carried out using a questionnaire. The data analysis technique was carried out using descriptive data analysis. The research results showed that the product developed has interactive, independent, and convergent properties and is unique, namely, the insertion of 12 types of microgames in the content of the digestion process material. The feasibility value of the product developed showed 87% responses from media experts, 87% from learning experts, 91.3% from teacher responses (practitioners), and 90.3% from student responses. Thus, interactive learning multimedia based on Articulate Storyline integrated with microgames on the material of the digestion process is declared very feasible to be used as a learning media for biology in class XI.
ID
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif Articulate Storyline terintegrasi microgames pada materi proses digesti manusia di kelas XI, (2) menguji kelayakan multimedia pembelajaran interaktif Articulate Storyline terintegrasi microgames pada materi proses digesti manusia di kelas XI. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang dimodifikasi hanya sampai tahapan Develop dan dipadukan dengan pendekatan mixed method sequential exploratory design. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan produk yang dikembangkan memiliki sifat interaktif, mandiri, dan konvergen, serta memiliki keunikan yakni terdapat penyisipan 12 macam microgames pada konten materi proses digesti. Nilai kelayakan produk yang dikembangkan menunjukkan sebesar 87% respon dari ahli media, 87% dari ahli pembelajaran, 91,3% dari respon guru (praktisi), dan 90,3% dari respon siswa. Dengan demikian, multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terintegrasi microgames materi proses digesti dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi kelas XI.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adiwisastra, M. F. (2015). Perancangan game kuis interaktif sebagai multimedia pembelajaran drill and practice untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Informatika, 2(1), 205-211. https://doi.org/10.31294/ji.v2i1.67
Aulia, A., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline 3 untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 602–607. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/991
Brom, C., Levčík, D., Buchtova, M., & Klement, D. (2015). Playing educational micro-games at high schools: individually or collectively? Computers in Human Behavior, 48, 682–694. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.02.025
Brown, A. H., & Green, T. D. (2016). The Essentials of Instructional Design: Connecting Fundamental Principles with Process and Practice (3rd ed.). Routledge.
Cairncross, S., & Mannion, M. (2001). Interactive multimedia and learning: realizing the benefits. Innovations in Education and Teaching International, 38(2), 156–164. https://doi.org/10.1080/14703290110035428
Chavan, R. L., & Khandagale, V. S. (2023). Identification of misconceptions about the human digestive system using concept maps among higher secondary students. Global Online Electronic International Interdisciplinary Research Journal (GOEIIRJ), 12, 142–153.
Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2006). Designing and conducting mixed methods research. Sage Publications.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi En-Alter Sources berbasis aplikasi Powtoon materi sumber energi alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229
Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan software Powtoon pada materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 3(2), 44–51. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p44-51
Greene, J. C., Caracelli, V. J., & Graham, W. F. (1989). Toward a conceptual framework for mixed-method evaluation designs. Educational Evaluation and Policy Analysis, 11(3), 255–274. https://doi.org/10.3102/01623737011003255
Indasah, S., Sulistiana D, & Sholihah, M. (2021). Pengembangan media articulate storyline pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X SMA. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 12(1), 70–83. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i1.3756
Ishmah, N. I., Faif Pasani, C., & Febriyani Putri, R. (2022). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif articulate storyline pada materi sistem peredaran darah manusia. Jurnal Pendidikan Sains Dan Terapan (JPST), 2(1), 79–88.
Krathwohl, D. R. (2002). A revision of bloom’s taxonomy: an overview. Theory into Practice, 41(4), 212–218. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2
Lestari, W. (2015). Efektifitas strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.98
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.805
Munir, M. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan. In Bandung: Alfabeta. CV. Alfabeta.
Muthma’innah, M., Amri, F., & Silitonga, F. (2024). Peningkatan efektivitas pembelajaran melalui strategi pembelajaran. Tadribuna: Journal of Islamic Education Management, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.61456/tjiec.v4i2.162
Permana, I., Zulhijatiningsih, Z., & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas e-modul sistem pencernaan berbasis problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 36–47. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.18372
Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemandirian belajar dan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik peserta didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 209664.
Pusat Penilaian Pendidikan. (2024). Laporan Hasil Ujian Nasional SMA/MA. https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/
Qomariyah, N., & Mu’arikha, M. (2020). Analisis miskonsepsi materi sistem pencernaan dengan menggunakan three-tier test pada siswa kelas XI. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 199–206. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p199-206
Rahmadani, A., Harahao, F. K. S., Ulkaira, N., Azhari, Y., & Hasbuan, S. (2024). Efektivitas penggunaan strategi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 060822 Medan. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 54–71. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.566
Rahmadi, I. F., Lavicza, Z., & Houghton, T. (2021). Defining microgames in education context. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(22), 4–16. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i22.20929
Rungkat, J. A., Rengkuan, M., & Humune, Y. S. (2020). Pengembangan multimedia interaktif sebagai media belajar IPA pada materi sistem pencernaan pada manusia. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 167–171.
Sa’adah, A. A., Karyanto, P., & Nurmiyati, N. (2023). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada pembelajaran ekologi SMA Kelas X. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 12(1), 9–22. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v12i1.69720
Samsu, S. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development. Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan media ajar lubang hitam menggunakan model pengembangan addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119
Sharma, P. (2013). Role of interactive multimedia for enhancing students’achievement and retention. International Women Online Journal of Distance Education, 2(3), 12–22.
Sopian, H. (2015). Deskripsi penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI SMA pada materi sistem hormon. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 392–395.
Supriadi, S. (2015). Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127–139.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif: konsep dan pengembangan (1st ed.). UNY Press.
Sutarno, E., & Mukhidin. (2013). Pengembangan model pembelajaran berbasis multimedia interaktif pengukuran untuk meningkatkan hasil dan kemandirian belajar siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3).
Suwindra, I. N., Sujanem, R., & Suswandi, I. (2012). Pengembangan modul software multimedia interaktif dengan strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar fisika siswa kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), 1(1), 13–27. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i1.4483
Utami, R. P. (2017). Pentingnya pengembangan media pembelajaran dalam kegiatan proses belajar mengajar. Dharma Pendidikan, 12(2), 62–81. https://doi.org/10.69866/dp.v12i2.34
Wang, R., Li, Z., Liu, S., & Zhang, D. (2023). Global, regional, and national burden of 10 digestive diseases in 204 countries and territories from 1990 to 2019. Frontiers in Public Health. https://doi.org/10.3389/fpubh.2023.1061453
Wulandari, S. (2020). Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Yasin, A. N. (2017). Kelayakan teoritis multimedia interaktif berbasis articulate storyline materi sistem reproduksi manusia kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 6(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/20868/19141
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.