Analisis butir soal pengukuran kemampuan berpikir kritis materi pencemaran lingkungan melalui teori tes klasik dan Rasch model

Lathifah Radha Istiyova

Sari

EN
This research aims to determine the quality of the items measuring understanding of environmental pollution in one of the Sukoharjo Regency State High Schools for the 2023/2024 academic year. The research method used was descriptive-quantitative with research carried out in February 2024. Data was obtained using a documentary method of 25 multiple-choice questions tested on 36 students. Data analysis uses classical test theory and the Rasch Model. The quality of the questions based on their validity using classical test theory resulted in 25 valid questions, while in the Rasch Model 24 were valid and 1 was invalid. The reliability of the classical test theory is 0.875 (high) and the Rasch Model reliability score is 0.85 (good). Difficulty level in classical test theory, questions are classified into 6 difficult questions, 16 medium and 3 easy. Meanwhile, the Rasch Model questions are distributed into 4 very difficult, 8 difficult, 7 easy, and 5 very easy. The different power aspects using classical test theory obtained 6 questions in the sufficient category and 19 questions in the good category. In contrast, in the Rasch Model three groups of items were obtained based on the item separation index H = 3.34.

ID
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal pengukuran pemahaman konsep pencemaran lingkungan di salah satu SMA Negeri Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif dengan pelaksanaan penelitian pada bulan Februari 2024. Data diperoleh dengan metode dokumenter 25 soal pilihan ganda yang diujikan kepada 36 siswa. Analisis data menggunakan teori tes klasik dan Rasch Model. Kualitas soal berdasarkan validitasnya menggunakan teori tes klasik dihasilkan bahwa 25 soal valid, sedangkan pada Rasch Model 24 valid dan 1 tidak valid. Reliabilitas pada teori tes klasik yaitu 0,875 (tinggi) dan skor reliabilitas Rasch Model 0,85 (bagus). Tingkat kesukaran pada teori tes klasik, soal diklasifikasikan menjadi 6 soal sukar, 16 sedang, dan 3 mudah. Sedangkan Rasch Model butir soal terdistribusi menjadi 4 sangat sulit, 8 sulit, 7 mudah, dan 5 sangat mudah. Aspek daya beda menggunakan teori tes klasik diperoleh 6 soal kategori cukup dan 19 soal kategori baik, sedangkan pada Rasch Model diperoleh tiga kelompok butir soal berdasarkan pada indeks separasi butir soal H = 3,34.

Kata Kunci

Classical Test Theory; Item Analysis; Rasch Model;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Andini, N. A., & Saifuddin, M. F. (2023). Learning media of digital booklets for class VIII junior high school. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(1), 1-12. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25457

Amalina, I. K., & Vidákovich, T. (2023). Assessment of domain-specific prior knowledge: A development and validation of mathematical problem-solving test. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 468-476.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Rasch untuk Analisis Instrumen Tes pada Mata Kuliah Matematika Aktuaria. Jupitek: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1ppx45-50

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispostions and Abilities. Chicago: University of Illinois.

Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). Analisis Kualitas Soal Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Teori Tes Klasik dan Model Rasch. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080

Febriana, R., Feranie, S., & Kaniawati, I. (2022, December). Profile analysis of student’s concept mastery using Rasch model on Newton’s law subject. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1). AIP Publishing.

Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (PAKEM) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593

Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 34-44.

Isnaeni, B., Aprilia, N., & Saifuddin, M. F. (2022). Rasch model: Quality of final semester assessment items for class x on biology subject. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 355-367.

Jumini, et al. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Pengukuran Literasi Sains Melalui Teori Tes Klasik dan Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6 (1): 758-765

Khalid, N. H. M., Yusof, I. J., Latif, A. A., & Jani, M. D. M. (2023). Psychometric properties of teacher classroom assessment literacy instrument using Rasch model analysis. Int J Eval & Res Educ ISSN, 2252(8822), 8822.

Krebs, R. E., Rost, M., & Lembens, A. (2023). Developing and evaluating a multiple-choice knowledge test about Brønsted-Lowry acid-base reactions for upper secondary school students. Chemistry Teacher International, 5(2), 177-188. https://doi.org/10.1515/cti-2022-0038

Kurli, H., Haliqah, N., & Anekawati, A. (2021). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP Menggunakan Rasch Model. Prosiding SNAPP: Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan dan Teknologi, 1(1), 74-79.

Magdalena, I., Anggraini, I. A., & Khoiriah, S. (2021). Analisis Daya Pembeda dan Taraf Kesukaran pada Soal Bilangan Romawi Kelas 4 SDN Tobat 1 Balaraja. NUSANTARA, 3(1), 151-158. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i1.1284

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan.Jurnal Pendidikan Sains, 3(2): 198-214. https://doi.org/10.36088/bintang.v3i2.1291

Mahamud, S., & Othman, N. (2020). Kesahan dan Kebolehpercayaan Instrumen Kecerdasan Menghadapi Cabaran Teknologi Menggunakan Model Rasch (Validity and Reliability the Instruments Adversity Quotient for Technological Challenges Using the Rasch Model). Akademika, 90(S3). https://doi.org/10.17576/akad-2020-90IK3-03

Murias Quintana, E., Rodríguez Castro, J., Sánchez Lasheras, F., Vega Villar, J., Curbelo García, J. J., Cadenas Rodríguez, M., & Baladrón Romero, J. (2024). Improving the ability to discriminate medical multiple-choice questions through the analysis of the competitive examination to assign residency positions in Spain. BMC Medical Education, 24(1), 367. https://doi.org/10.1186/s12909-024-05324-2

Nasution, I., Harahap, H. T., Nurfadillah, L., & Purba, S. L. B. (2022). Evaluasi Program Ekstrakurikuler pada Sekolah MIS Nur Al Amin Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1638-1646. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4931

Novia, R., Ramalis, T. R., & Efendi, R. (2019). Pengembangan dan Karakterisasi Tes Keterampilan Berpikir Kritis Materi Tekanan berdasarkan Teori Respon Butir. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 155–162. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i2.20181.

Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2018). Analisis Iteman dan Model Rasch pada Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 224–233. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21442

Polat, M., Turhan, N. S., & Toraman, Ç. (2022). Comparison of Classical Test Theory vs. Multi-Facet Rasch Theory in Writing Assessment. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(2), 213-225. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.21

Priyayi, D. F., Upa, D. R., & Hastuti, S. P. (2022). Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Melalui Asesmen Daring Menggunakan Analisis Model Rasch. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 5(2), 330-341. https://doi.org/10.22219/raden.v3i1

Purniasari, L., Masykuri, M., & Ariani, S. R. D. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMA N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 Menggunakan Model Iteman Dan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 205–214. https://doi.org/10.20961/jpkim.v10i2.48244

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 85–94. https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370

Ramadhini, F., & Nasution, L. A. A. (2022). Pengukuran Kesiapan Sekolah: Analisis Empirik Berdasar Teori Tes Klasik. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(1), 16-35. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5274

Ramadhani, R., Syahputra, E., dan Simamora, E. (2024). The construct validity of self-regulated learning questionnaire for senior high school students: a Rasch model analysis. International Journal of Evaluation and Research in Education, 13 (3): 2023-2038.

Ramli, M., & Utami, B. (2023). Analisis Instrumen Order Multiple Choice Konsep Nutrisi Berbasis Learning Progression Menggunakan Model Rasch. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2). https://doi.org/10.37058/bioed.v8i2.10096

Rashwan, N. I., Aref, S. R., Nayel, O. A., & Rizk, M. H. (2024). Postexamination item analysis of undergraduate pediatric multiple-choice questions exam: implications for developing a validated question Bank. BMC Medical Education, 24(1), 168. https://doi.org/10.1186/s12909-024-05153-3

Sabekti, A. W., & Khoirunnisa, F. (2018). Penggunaan Rasch Model untuk Mengembangkan Instrumen Pengukuran Kemampuan Berikir Kritis Siswa pada Topik Ikatan Kimia. Jurnal Zarah, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.31629/zarah.v6i2.724

Santosa, S., & Badawi, J. A. (2022). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(2), 1678-1686. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2206

Sibarani, R. A. M., Afandi, A., Tenriawaru, A. B., & Bilanti, E. (2023, January). Comparison of TOSLS-B instrument analysis result using Iteman and Rasch model. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2540, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0105736

Susdelina, Perdana, S. A., & Febrian. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574

Susilaningsih, et al. (2021). Dissemination of test instruments as product of the development research to measure the problem-solving ability of class X students by online in the pandemic period. Journal of Physics: Conference Series, 1918(3):023024

Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530

Tarmizi, P., Setiono, P., Amaliyah, Y., & Agrian, A. (2020). Analisis butir soal pilihan ganda tema sehat itu penting kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 124-132. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.7090

Wolfs, Z. G., Brand-Gruwel, S., & Boshuizen, H. P. (2023). Assessing Tonal Abilities in Elementary School Children: Testing Reliability and Validity of the Implicit Tonal Ability Test Using Rasch Measurement Model. SAGE Open, 13(3), 21582440231199041.

Yuliawati, D. D., Bintang, K. A., Fitrotul, R., Gheafitri, Z., & Hanatan, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dengan Penilaian Tes dan Non Tes. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(2), 65-68.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.