Analisis pengukuran hasil ulangan menggunakan teori tes klasik dan model Rasch pada siswa SMA

Annisa El Hasna

Sari

EN
Evaluation is an important part and stage that educators must go through to ensure effective learning. Evaluation results can be used as material for teacher reflection in developing and organizing learning programs and activities. The research aims to compare the analysis of assessment or evaluation using Classical Test Theory with the Rasch model and can find out the differences in analysis using the two models. The type of research in this study is a qualitative method with a descriptive approach. The sample used is the results of the Virus Chapter daily test with a total of 15 questions. Assessment analysis based on classical test theory using Microsoft Excel application and assessment analysis based on Rasch Model using Winsteps Rasch application. Validity analysis on classical test theory and Model Rasch amounted to nine valid questions and six invalid questions, and five valid questions and 10 invalid questions. Reliability test analysis through classical test theory obtained a value of 0.672 with a moderate category and from Item Reliability obtained a value of 0.87 with a good category. The average difficulty level of questions on the test theory is 0.463 at a moderate level, according to the Rasch Model there are three very easy questions, five easy questions, three difficult questions, and four very difficult questions. Analysis of distinguishing power based on classical test theory which is in the bad category of one item, six items are sufficient, five items are high, and three items are very high. The distinguishing power of items based on the Rasch Model obtained the item separation index H = 3.81.

ID
Evaluasi adalah bagian dan tahapan penting yang harus dilalui pendidik untuk menjamin pembelajaran efektif. Hasil evaluasi dapat dijadikan bahan refleksi guru dalam mengembangkan dan menyelenggarakan program dan kegiatan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk membandingkan analisis penilaian atau evaluasi menggunakan Teori Tes Klasik dengan Model Rasch dan dapat mengetahui perbedaan analisis dengan menggunakan kedua model tersebut. Jenis penelitian pada penelitian ini yakni metode kualitatif secara pendekatan deskriptif. Sampel yang digunakan yakni hasil ulangan harian BAB Virus dengan jumlah butir soal sejumlah 15 soal. Analisis penilaian berdasarkan teori tes klasik menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan analisis penilaian berdasarkan Model Rasch menggunakan aplikasi Winsteps . Analisis validitas pada teori tes klasik serta Model Rasch berjumlah sembilan soal valid serta tidak valid enam soal, dan valid lima soal serta tidak valid 10 soal. Analisis Uji Reliabilitas melalui teori tes klasik diperoleh nilai sebesar 0,672 dengan kategori sedang serta dari Item Reliability diperoleh nilai 0,87 dengan kategori bagus. Rerata tingkat kesulitan soal pada teori tes sebesar 0,463 pada tingkat sedang, menurut model Rasch terdapat tiga soal sangat mudah, mudah lima soal, sulit tiga soal serta sangat empat soal. Analisis daya pembeda berdasarkan teori tes klasik yang berada pada kategori buruk satu item, enam butir cukup, lima butir tinggi, dan tiga item sangat tinggi. Daya pembeda butir soal berdasarkan Model Rasch diperoleh indeks separasi butir soal H = 3,81.

Kata Kunci

Biology test Classical test theory Rasch Model;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Alfiatunnisa, E., Zulfah Khairunnisa, H., Hayati, S., & Listya Maulida, V. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Kemandirian Siswa Sekolah Dasar Kelas 1. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(2), 29–36. https://doi.org/10.56806/jh.v3i2.81

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Bond, T. (2015). Applying the Rasch Model Fundamental Measurement in the Human Sciences, Third Edition (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315814698

Darmana, A., Sutiani, A., Nasution, H. A., Ismanisa*, I., & Nurhaslinda, N. (2021). Analysis of Rasch Model for the Validation of Chemistry National Exam Instruments. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 329–345. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.19618

Datuk, A., & Arifin, A. (2023). Urgensi Akreditasi Sekolah dalam Upaya Pemetaan Mutu Pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Attractive: Innovative Education Journal, 5(1), 54-64. https://doi.org/10.51278/aj.v5i1.557

Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). Tes Klasik Dan Model Rasch. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (Uas) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 Smp Negeri 36 Makassar. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(1), 11. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11249

Herrmann-abell, C. F., & Deboer, G. E. (2016). modeling to investigate hierarchies of chemistry misconceptions and detect Using distractor-driven standards-based multiple-choice assessments and Rasch modeling to investigate hierarchies of chemistry misconceptions and detect structural problems with in. February. https://doi.org/10.1039/C1RP90023D

Gunasti, A., Sanosra, A., Muhtar, M., Mufarida, N. A., & Satoto, E. B. (2023). Pemanfaatan rasch model untuk mengukur kemampuan peserta pengkaderan formal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1544-1557. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13826

Istika, N., Zamsir, & Prajono, R. (2019). Quality Of Repeated Test Subject Semester Final Grade Math Vii Semester Ii Junior State 12 Kendari. Jurnal Penelitian Pendididikan Matematika, 7(2), 127–140. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5672

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52

Madaniyah, J., Instrumen, K., & Hasil, T. (2015). KUALITAS INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR Khaerudin 1. 2, 212–235. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v5i1.1576

Muhammad, I., Marina Angraini, L., Darmayanti, R., & Sugianto, R. (2023). Students’ Interest in Learning Mathematics Using Augmented Reality: Rasch Model Analysis. Edutechnium Journal of Educational Technology, 1(1), 89–99. https://doi.org/10.71365/edujet.v1i2.34

Nazura, Saputri, D. F., & Angraeni, L. (2021). Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier Test pada Materi Pesawat Sederhana untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. 04(02), 54–60. https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.2425

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Standar Penilaian Pendidikan.

Putri, S., Zulyusri, & Violita. (2023). Analisis Kualitas Soal Ujian Tengah Semester Biologi Kelas XII SMA Negeri 6 Padang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 9–15. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i1.4090

Sari, R. P. (2022). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T . A . 2019 / 2020 Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 07(01), 91–99. http://dx.doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i1.1360

Sekarningtias, F. O., Rusilowati, A., & Darsono, T. (2023). Tinjauan Literatur Sistematis :Tes Diagnostik untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Sains dengan Model Rasch. Unnes Physics Education Journal: 13(1), 15–27. https://doi.org/10.15294/upej.v13i1.72044

Solichin, M. (2017). Analisis daya beda soal, taraf kesukaran, validitas butir tes, interpretasi hasil tes dan validitas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), 192-213. https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.879

Soulisa, I., & Manuputty, P. (2021). Pengembangan Alat Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi Menggunakan Pendekatan Kontekstual Di Sma Papua Kota Sorong. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(2), 579–593. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.4996

Subari, A., Lufri, L., & Syamsurizal, S. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Biologi Kelas XI MAN 2 Kota Jambi. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1), 45. https://doi.org/10.33394/bjib.v9i1.3612

Sumaryanta. (2021). Teori Tes Klasik dan Teori Respon Butir: Konsep dan Contoh Penerapannya. In Cetakan Pertama (Vol. 15, Issue 2).

Sumintono, B. (2016). Seminar Nasional Pendidikan IPA Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA” Penerbit: S2 IPA UNLAM PRESS PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI: APLIKASI PEMODELAN RASCH P. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 978–602.

Tilaar, A. L. F., & Hasriyanti. (2019). Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 8(1), 57–68. https://doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068

Triana, A. (2024). Analisis Model Rasch pada Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), 119–132. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.7135

Tyas, E. H., Hamdu, G., & Pranata, O. H. (2020). Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Menggunakan Pemodelan RASCH untuk Mengukur Kemampuan Siswa dalam Mengurutkan Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.24773

Wahyudi, W. (2010). Assesment Pembelajaran Berbasis Portofolio di Sekolah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 288–296. https://doi.org/10.26418/jvip.v2i1.370

Wardani, H. K., Darusuprapti, F., & Hajaroh, M. (2022). Model-Model Evaluasi Pendidikan Dasar (Scriven Model, Tyler Model, dan Goal Free Evaluation). Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 6(1), 36-49. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i1.446

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2018). Analisis Soal Modul Laboratorium Fisika Sekolah I Menggunakan Racsh Model. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1). https://doi.org/10.30870/gravity.v4i1.3116

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.