Kajian keanekaragaman spesies araceae di kawasan mangrove Desa Sungai Bakau Kecamatan Kurau sebagai buku saku berbasis 3D pageflip

Maulana Reza Irfandy, Dharmono Dharmono, Maulana Khalid Riefani

Sari

EN

Araceae diversity as a learning resource is still very rare, especially on a local basis, and a 3D Pageflip-based pocket book on Araceae material has never been developed before. This is what motivated the researchers to develop a 3D Pageflip-based pocket book about Araceae which was found in the mangrove area of Sungai Bakau Village. This study aims to determine the diversity of Araceae species in the Mangrove Area of Sungai Bakau Village, Kurau District, the validity and practicality of a 3D Pageflip-based pocket book. The method used in this study is a descriptive method with roaming techniques for data collection in the mangrove area of Sungai Bakau Village and developed into a 3D Pageflip-based pocket book which was tested for validity and practicality using Tessmer Formative Evaluation. Based on the results of the study, there were 9 species of Araceae found in the Mangrove Area of Sungai Bakau Village, namely: Calocasia esculenta, Xanthosoma sagittifolium, Dieffenbachia seguine, Colocasia esculenta var. ilustrilis, Alocasia macrorrhiza, Colocasia esculenta var.elena, Caladium bicolor var.florida, Syngonium auritum, and Syngonium podophyllum. The results showed that the validity test of the expert assessment obtained a very valid average result, namely, 95.4%, and the practicality (one to one) of the students obtained a very good average result, which was 90.5%. Based on the scores obtained, the 3D Pageflip-based Araceae species pocket book developed is very valid and very practical.

ID

Keanekaragaman Araceae sebagai sumber belajar masih sangat jarang ditemukan, terutama yang berbasis lokal, dan buku saku berbasis 3D Pageflip pada materi Araceae belum pernah dikembangkan sebelumnya. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk mengembangkan buku saku berbasis 3D Pageflip tentang Araceae yang ditemukan di kawasan mangrove Desa Sungai Bakau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis Araceae di Kawasan Mangrove Desa Sungai Bakau Kecamatan Kurau, kevalidan dan kepraktisan buku saku berbasis 3D Pageflip. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik jelajah untuk pengambilan data di kawasan mangrove Desa Sungai Bakau dan dikembangkan menjadi buku saku berbasis 3D Pageflip yang diuji validitas dan praktikalitasnya menggunakan Tessmer Formative Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 9 spesies Araceae yang ditemukan di Kawasan Mangrove Desa Sungai Bakau, yaitu: Calocasia esculenta, Xanthosoma sagittifolium, Dieffenbachia seguine, Colocasia esculenta var. ilustrilis, Alocasia macrorrhiza, Colocasia esculenta var. elena, Caladium bicolor var. florida, Syngonium auritum, dan Syngonium podophyllum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dari penilaian ahli memperoleh hasil rata-rata sangat valid yaitu 95,4%, dan kepraktisan (one to one) siswa memperoleh hasil rata-rata sangat baik yaitu 90,5%. Berdasarkan skor yang diperoleh, maka buku saku spesies Araceae berbasis 3D Pageflip yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis

Kata Kunci

3D Pageflip e-book; Araceae; Diversity; Mangrove;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aisyah, S. S, T., Susanti, T., & Gusfarenie, D. (2018). Pengembangan Desain Buku Saku Biologi Pada Materi Kingdom Plantae Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi) Diakses melalui http://repository.uinjambi.ac.id/1014/

Akbar, S. (2010). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Penerbit Rosdakarya.

Ami, M. S. (2016). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Jurnal Biologi Education, 1(2), 10-13.

Anggarwulan, E. & Solichatun, W. M. (2008). Karakter fisiologi kimpul (Xanthosoma sagittifolium (L.) Schott) pada variasi naungan dan ketersediaan air. Jurnal Biodiversitas, 9(4), 264-268. 10.13057/biodiv/d090405

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajran Ipa Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13.

Bakri, F., Siahaan, Z.B., dan Permana, A.H. (2016). Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modu Digital Fisika Menggunakan 3D Pageflip Professional. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. 2(2):113-118. https://doi.org/10.21009/1.02215

Barbour, M.G., J.H. Burk and W.D. Pitts. (1987). Terrestrial Plant Ecology. The Benjamin Cummings Publishing Company, Inc. California.

Bown, D. (1988). Aroid, Tumbuhan dari Keluarga Arum. London: Century Press.

Chase, M. W., Christenhusz, M. J. M., Fay, M. F., Byng, J. W., Judd, W. S., Soltis, D. E., .. & Stevens, P. F. (2016). An update of the Angiosperm Phylogeny Group classification for the orders and families of flowering plants: APG IV. Botanical Journal of the Linnean Society, 181(1), 1-20. https://doi.org/10.1111/boj.12385

Croat, T. B., & Ortiz, O. O. (2020). Distribution of Araceae and the Diversity of Life Forms.Acta Societatis Botanicorum Poloniae. https://doi.org/10.5586/ASBP.8939

Devie, D. N., Gusfarenie, D., & Safita, R. (2020). Pengembangan E-Modul Biologi Umum Berbasis Konstruktivisme Menggunakan 3D Pageflip. Jurnal Kependidikan Betara, 1(4), 152-162. https://doi.org/10.48109/JKB.V1I4.37

Fitriyani. (2018). “Pembelajaran Menggunakan Media 3D Berbasis Pageflip Professional dan Media Camtasia Studio 8 pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di Kelas X SMA Islam Al-Arief Muaro Jambi”. Skripsi, Universitas Jambi.

Handayani, I. S., Ayatusa’adah, A., & Lestariningsih, N. (2020).The Validity of Integrated Islamic Ethnobotany Textbooks Based on the 3D PageFlip Application. https://doi.org/10.24042/BIOSFER.V11I2.7494

Hardiansyah, H., Noorhidayati, N., & Mahrudin, M. (2019). Keragaman Jenis Vegetasi Di Kawasan Rawa Tanpa Pohon Desa Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Sebagai Materi Pengayaan Materi Mata Kuliah Ekologi Lahan Basah. Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(1), 170-175. https://dx.doi.org/10.20527/wb.v10i1.5462

Henn, J. J., Yelenik, S. G., & Damschen, E. I. (2019). Environmental gradients influence differences in leaf functional traits between native and non-native plants.Oecologia. https://doi.org/10.1007/S00442-019-04498-7

Hidayati, N. (2016). Pengembangan perangkat Pembelajaran IPA Topik energy dalam sistem kehidupan di madrasah tsanawiyah. Jurnal inovasi pembelajaran. 2(2):389-399. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3283

Hutasuhut, M. A., (2020). Inventarisasi Araceae Di Hutan Sibayak 1 Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Biolokus. 3(1), 288-292. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i1.739

Kahar, A. P. (2018). Penerapan Bahan Ajar Ekosistem Mangrove Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i1.886

Labetubun, M. A. H. (2019). Aspek Hukum Hak Cipta Terhadap Buku Elektronik (E-Book) Sebagai Karya Kekayaan Intelektual. Jurnal Sasi (Law), 24(2), 138-149.

Lestari, D. E., Yulianty, Y., & Ellyzarti, E. (2013). Keanekaragaman Jenis Jamur pada Daun Araceae di Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Biologi Eksperimen dan Keanekaragaman Hayati (J_BEKH), 1(1), 5-8.

Luthfiyah, R. A., Chrisnawati, H. E., Pramesti, G., & Kuswardi, Y. (2019, December 18).Development of teaching materials to improve the student’s high order thinking skills. https://doi.org/10.1063/1.5139789

Ma, X., Shen, J., Liu, Y., & Qiao, W. (2020). A Methodology to Evaluate the Effectiveness of Intelligent Ship Navigational Information Monitoring System.IEEE Access. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3032543

Mansur. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Maretni, S., & Mukarlina, M. T. (2017). Jenis-Jenis Tumbuhan Talas (Araceae) di Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Protobiont, 6(1), 42-45. https://doi.org/10.26418/protobiont.v6i1.18156

Michael, P. (1995). Metode Ekologi Untuk Penyelidikan Lapangan dan Laboratorium Indonesia. Universitas Press. Jakarta.

Millah, E.S, Budipramana, L.S, & Isnawati. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). Jurnal Bio Edu. 1(1), 19-24.

Mindayula, E., & Sutrisno, H. (2021). Using 3D-Pageflip Based Learning in Learning Chemistry: How does It Effect on Students’ Academic Achievement?Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/UJER.2021.090506

Mitra, A. (2020).Mangroves: A Natural Ecosystem of Cultural and Religious Convergence. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20595-9_10

Morato de Moraes, D. H., Casaroli, D., Evangelista, A. W. P., Júnior, J. A., Battisti, R., & Mesquita, M. (2019). Determination of Basal Temperature and Its Relationship With Jatropha Crop in Irrigated and Non-irrigated System.The Journal of Agricultural Science. https://doi.org/10.5539/JAS.V11N2P465

Mulyadi, E., Hendriyanto, O., & Fitriani, N. (2010). Konservasi hutan mangrove sebagai ekowisata. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 2(1), 11-18.

Munawaroh, E., Yuzammi., Sholihah, S. M., & Suhendra. (2017). Koleksi Kebun Raya Liwa, Lampung Tumbuhan Berpotensi sebagai Tanaman Hias. Jakarta: LIPI Press.

Nurmiyati, N., Sugiyarto, S., & Sajidan, S. (2010). Karakterisasi Kimpul (Xanthosoma Spp) Berdasarkan Karakter Morfologi Dan Analisis Isozim. In Prosiding Seminar Biologi, 7(1). 185-192.

Pitoyo, A., Prameta, A. A., Marsusi, M., Suratman, S., & Suranto, S. (2018). Morphological, Anatomical And Isozyme Variability Among Taro (Colocasia Esculenta) Accessions From Southeastern Part Of Central Java, Indonesia. Biodiversitas Journal Of Biological Diversity, 19(5), 1811-1819. https://doi.org/10.13057/biodiv/d190531

Rahman, S. R. (2018). Ariasi Morfologi Tumbuhan Famili Araceae Di Wilayah Kabupaten Majene. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 1(1), 794-797.

Riefani, M. K., & Arsyad, M. (2019). Spesies Burung Di Kawasan Ekowisata Mangrove Pagatan Besar, Kabupaten Tanah Laut. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 4 (1), 192-196.

Riefani, M.K. (2019). Validitas dan Kepraktisan Panduan Lapangan “Keragaman Burung” di Kawasan Panta Desa Sungai Bakau. Jurnal Vidya Karya. 34(2):193-204.

Samimi, F., & Sahragard, R. (2018). On the Validation of a Preliminary Model of Reading Strategy Using SEM: Evidence From Iranian ELT Postgraduate Students.Research in Applied Linguistics. https://doi.org/10.22055/RALS.2018.13407

Septiyunita, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan 3D Pageflip Professional Materi Transpirasi Pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Biologi. 1(1), 81-82.

Silalahi, M. (2015). Bahan Ajar Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Jakarta: UKI Press.

Sirotkin, M. B., & Korenberg, E. I. (2019). Influence of Abiotic Factors on Infectious Agents Environmentally Associated with Ixodidae Ticks on the Example of Borrelia and Tick-Borne Encephalitis Virus.Biology Bulletin Reviews. https://doi.org/10.1134/S2079086419060070

Situmorang, R. P. (2018). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi Di Sma Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 51-57. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57

Slavia, H., Kasrina, K., & Ansori, I. (2018). Pengembangan Buku Saku Tumbuhan Paku Berdasarkan Identifikasi Pteridophyta Di Sekitar Danau Dendam Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 21-26. http://dx.doi.org/10.33369/diklabio.2.1.21-26

Soendjoto, M.A. & Dharmono. (2016). Potensi, Peluang, dan Tantangan Pengelolaan Lingkungan Lahan-basah Secara Berkelanjutan. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Soendjoto, M.A., Darmono, Mahrudin, Riefani, M.K., Triwibowo, D. (2014). Plant species richness after revegetasi on the reclaimed coal mine land of PT Adaro Indonesia, South Kalimantan. Jurnal Manajemen Hutan Tropis. 20(3): 150-158. https://doi.org/10.7226/jtfm.20.3.150

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research dan Development untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial dan Teknik. Bandung: Alfabeta

Sumarya, I. M., Adiputra, I. G. K., Arsana, I. N., Juliasih, N. K. A., Sudaryati, N. L. G., Sitepu, I., .. & Cahyadi, (2019). Studi Araceae Di Bali Keragaman Dan Potensinya. Jurnal Widya Biologi. 10(2), 135-147.

Syahrowardi. S. TS dan Permana, A.H. (2016) Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. 2(1):89-95. https://doi.org/10.21009/1.02113

Tessmer, M. (1998). Planning And Conduction Formative Evaluations, Improving The Quality Of Education And Training. London: Kogan Page.

Yelianti, U., Utomo, A. B., Muswita, M., & Wicaksana, E. J. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berupa E-Book Berbasis Mobile Learning Untuk Mata Kuliah Struktur Tumbuhan Pada Materi Batang Bagi Mahasiswa Biologi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 95-106.

Zelin, O., & Setyawan, H. B. (2019). Pengaruh Macam Bahan Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tiga Varietas Talas (Colocasia esculenta L.). Berkala Ilmiah Pertanian. https://doi.org/10.19184/BIP.V2I3.16286

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.