Pengembangan media pembelajaran biologi berbentuk buku saku dilengkapi peta konsep pada materi plantae siswa kelas x sma.
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku yang dilengkapi dengan peta konsep materi plantae siswa kelas X yang valid dan praktis. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran serta hasil belajar siswa yang relatif rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Jenis penelitian ini menggunakan 3 tahapan model 4-D yaitu define, design, dan develop. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan media pembelajaran biologi berupa buku saku yang dilengkapi dengan peta konsep sangat valid sebesar 3,67 oleh validator dan praktik oleh guru sebesar 83,75% dan oleh siswa sebesar 86% dengan kriteria praktik. Dan peneliti juga menyarankan agar peneliti lain dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi penelitian, sedangkan guru dan siswa dapat menjadikan buku saku ini sebagai salah satu sumber belajar.
Development of pocketbooks equipped with concept map on plantae material for high school students. This research aims to produce a pocket book equipped with a concept map on plantae material of valid and practical X grade students. As for the background of this research is that many students are still less active in the learning process as well as relatively low student learning outcomes. This type of research is research and development which is a research method used to produce certain products. This type of research uses 3 stages of 4-D models namely define, design, and develop. Based on the research conducted, produced biology learning media in the form of pocketbooks equipped with a very valid concept map of 3.67 by validators and practical by teachers by 83.75% and by students by 86% with practical criteria. And the researchers also suggested that other researchers could make this study a reference for research, while teachers and students could make this pocketbook as one of the learning sources.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ami, M. S. (2012). Pengembangan buku saku materi sistem ekskresi manusia di SMA/MA Kelas XI. BioEdu, 1(2), 10-13.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2016). Media pembelajaran, edisi revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13.
Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246.
Depdiknas, (2003). Media pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.
Gusmiati, G., & Har, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Buku Saku Dilengkapi Peta Konsep Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas VII SMPN 3 Gunung Tuleh. Skripsi Universitas Bung Hatta
Hidayat, A., Saputro, S. & Sukardjo, J. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum Hukum Dasar Kimia Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2): 47-56
Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2017). Analisis kelayakan isi materi dari komponen materi pendukung pembelajaran dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas xi sma negeri di kota bandung. SOSIETAS, 7(1)
Lufri. (2010). Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.
Masita, M., & Wulandari, D. (2018). Pengembangan buku saku berbasis mind mapping pada pembelajaran ipa. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1).
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Rahmawati, E. (2015). LKS Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alafabeta.
Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model pembelajaran problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of biology education, 1(3).
Sumarwati, S., Anindyarini, A., & Fuady, A. (2014). Pembelajaran kaidah bahasa indonesia dan keterampilan berbahasa secara terpadu dengan pendekatan focus on form pada siswa sekolah menengah pertama. Litera,13(1)
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri. Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.