Analisis kemampuan literasi sains siswa kelas vii smp

Noni Angrelia Nasution, Erman Har, Nawir Muhar, Rona Taula Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa berdasarkan aspek literasi sains dan untuk mengetahui kemampuan literasi siswa berdasarkan soal PISA pada siswa kelas VII SMP N 22 Padang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dimana dalam penentuan sampel menggunakan sampling menurut Morgan & Krejcie, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 146 siswa. Jenis data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil soal PISA yang diberikan kepada siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan soal-soal PISA yang diambil dari buku Take The Test: The Sample Question From OECD's yang telah diterjemahkan berjumlah 30 butir soal yang terdiri dari 20 soal objektif, 4 soal majemuk dan 6 soal uraian. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan jawaban atas pertanyaan literasi sains dan penentuan nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian literasi sains siswa dalam tes dikategorikan tuntas dengan nilai maksimal literasi sains 36 dan nilai ketuntasan menurut PISA 50% dari nilai maksimal 18. Capaian literasi sains siswa keterampilan berbasis aspek literasi yang terdiri dari aspek proses sains aspek konteks dengan nilai rata-rata 24,38356165. Pencapaian keterampilan literasi sains berdasarkan format soal dengan nilai rata-rata 22.4473681 dan pencapaian keterampilan literasi sains berdasarkan total skor dengan nilai rata-rata 24,8630137.

 

Analysis of scientific literacy ability of seventh-graders. This study aims to determine students 'scientific literacy skills based on aspects of scientific literacy and to know students' literacy skills based on PISA questions in seventh-graders in Padang. In this study using a descriptive approach, where in determining the sample using sampling according to Morgan & Krejcie, the number of samples in this study amounted to 146 students. The type of data in this study was obtained from the results of the PISA questions given to students. Data was collected by spreading the PISA questions taken from the Take The Test book: The Sample Question From OECD's which has been translated amounts to 30 items consisting of 20 objective questions, 4 compound questions and 6 description questions. The data analysis technique is done by describing the answer to the question of scientific literacy and value determination. The results showed that the scientific literacy achievement of students in the test was categorized as complete with while the maximum score of scientific literacy was 36 and the completeness score according to PISA was 50% of the maximum score of 18. Achievement of students' scientific literacy skills based on literacy aspects consisting of science processes aspects of the aspect of context with an average value of 24.38356165. Achievement of scientific literacy skills based on the question format with an average value of 22.4473681 and achievement of scientific literacy skills based on total scores with an average value of 24.8630137.

Keywords

Literasi sains; PISA.

References

Adisendjaja, Y. H., & Romlah, O. (2007). Analisis buku ajar sains berdasarkan literasi ilmiah sebagai dasar untuk memilih buku ajar sains (Biologi). In Disampaikan dalam Seminar Pendidikan Nasional di Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA (pp. 25-26).

Echols, J. M., & Shadily, H. (2014). Kamus Inggris Indonesia Edisi Yang Diperbarui. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Har, E. (2013). Karakter budaya sains asli dan karakter budaya sains modern pada pelajar sekolah menengah atas di sumatera barat, Indonesia. SOSIOHUMANIKA, 6(1).

Hayat, B. & Suhendra, Y. (2011). Mutu Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44.

OECD. (2013). PISA. 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematic, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing.

Rahayu, S. (2014). Revitalisasi Scientific Approach dalam Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Literasi Sains: Tantangan dan Harapan. In Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya.

TIMSS. (2011). Science Achievement Eight Grade. http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/international-result-science.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.