Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Kelas XI MIPA

Salis Khoirun Nisa, Nurmiyati Nurmiyati, Yudi Rinanto

Sari

Penelitian bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran laboratorium virtual berbasis discovery learning pada sistem ekskresi, dan 2) Mengetahui kelayakan pengembangan laboratorium virtual berbasis discovery learning pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) mengacu model 4D (Four-D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Desain penelitian dimodifikasi menjadi 3 langkah yaitu (3-D) yang terdiri atas tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Penelitian dilakukan di salah satu SMA swasta di Surakarta. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA X Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian dibagi menjadi dua, yaitu subjek uji coba terbatas dan subjek uji coba lapangan. Subjek uji coba terbatas diambil dari kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 dengan jumlah 4 siswa setiap kelas. Subjek uji coba lapangan diambil dari kelas XI MIPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua tahapan yaitu tahap define dengan teknik pengumpulan menggunakan wawancara, observasi, dan angket siswa, dan tahap develop dengan teknik pengumpulan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Laboratorium virtual berbasis discovery learning pada materi sistem ekskresi berisi simulasi praktikum virtual untuk mempermudah pemahaman siswa terkait materi ekskresi yang bersifat abstrak dan disajikan sesuai sintaks discovery learning agar siswa lebih aktif melakukan penemuan konsep secara mandiri; 2) Media laboratorium virtual berbasis discovery learning pada materi sistem ekskresi layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian validator, praktisi dan siswa dengan tingkat validitas yang sangat valid.

Kata Kunci

Laboratorium virtual, sistem ekskresi, discovery learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Adi, W. C., Suratno, & Iqbal, M. (2016). Pengembangan Virtual Laboratory Sistem Ekskresi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(4), 130–136.

Afkar, F. I., & Hartono, R. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Model Pengembangan 4-D pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Geografi : Kajian, Teori Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 22(2), 135–147.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunawan, Harjono, A., & Sahidu, H. (2015). Pengembangan Model Laboratorium Virtual Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 5(2), 41–46.

Herga, N. R., Grmek, M. I., & Dinevski, D. (2014). Virtual Laboratory As an Element of Visualization When. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 13(4), 157–165.

Hidayati, N., & Endryansyah. (2014). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL 1 SMK Negeri 7 Surabaya pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 25–29.

Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pembelajaran Kooperatif berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 32–36.

Ismail, M., Lukman, & Alio, L. (2013). Meningkatkan hasil belajar ikatan kimia dengan menerapkan strategi pembelajaran peta konsep pada siswa kelas X di SMA Negeri I Telaga. Jurnal Entropi, 8(1), 1–10.

Istiqlal, M., & Wutsqa, D. U. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika SMA untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Logika Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 44–54.

Kuprienė, L., & Žegunienė, V. (2017). Integration of Interactive Media Into Foreign Language Learning To Support Efficiency of Study Process. SOCIETY. INTEGRATION. EDUCATION. Proceedings of the International Scientific Conference, 3, 515. https://doi.org/10.17770/sie2017vol3.2433

Mayangsari, P. W., Suratno, & Wahono, B. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Berbasis Media Interaktif Flash terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Metakognisi dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa (Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Materi Sistem Eksk. Jurnal Edukasi Unej, 2(2), 7–11.

Muldayanti, N. . (2012). Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 12–17. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii%0A

Primarinda, I., Maridi, & Marjono. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation ( GI ) terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Elajar Biologi Siswa Kelas X. Pendidikan Biologi, 4(2), 60–71.

Rizki, W., Nurmaliah, Cu., & S, M. A. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di Mtsn Rukoh Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik, 4(2), 136–142.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanda, A., Rusdi, & Kusumawati, D. (2017). Pengembangan Praktikum Virtual Urinalisis sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa SMA Kelas XI. Biosfer : Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB), 10(1), 1–8.

Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi SIswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, 16(1), 8–16.

Tirtiana, C. P. (2013). Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervenin. Economic Education Analysis Journal, 2(2), 15–23.

Yuniarti, A., Yeni, L. F., & Yokhebed. (2017). Development of Virtual Laboratory Based on Interactive Multimedia on Planting and Painting Bacteria Development of Virtual Laboratory Based on Interactive Multimedia on Planting and Painting Bacteria. Journal of Physics: Conference Series.

Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran, 4(2), 189–200.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.