Pengembangan Subject Spesific Pedagogy Berbasis PBL pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Untuk Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes , 179-211.
Amburgey, J. W., & Thoman, D. B. (2011). Dimensionality of the New Ecological Paradigm: Issues of Factor Structure and Measurement. Environment and Behavior, 20 (10) , 1-22.
Arends. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2002). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2013). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dunlap, R. E. (2008). The New Environmental Paradigm Scale: From Marginality to Worldwide Use. Journal of Environmental Education, 40 (1) , 3-18.
Dunlap, R. E., Liere, K. D., Mertig, A. G., & Jones, R. E. (2000). Endorsement of the New Ecological Paradigm: A Revised NEP Scale. Journal of Social Issues, 56 (3) , 425-442.
Galus, Ben Senang. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup: Untuk Sebuah Keberlanjutan Hidup Bersama. Online. http://www.pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/?view=v_artikel& id=4, diakses tanggal 27 September 2015.
Gede Raka dkk. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah: Dari Gagasan ke Tindakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Husna, S., Abdullah, & Nurmaliah, C. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning pada Konsep perusakan dan Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri 1 Sabang. Jurnal EduBio Tropika, 1 (2) , 61-120.
Ibrahim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa-University Press.
Kaiser, F., Wolfing, S. dan Fuhrer, U. (1999). Environmental attitude dan ecological behaviour. Journal of Environmental Psychology.Vol. 19, pp. 1-19
Khanafiyah, S., & Yulianti, D. (2013). Model Problem Based Instruction pada Perkuliahan Fisika Lingkungan untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9 , 35-42.
Kollmuss, A., & Agyeman, J. (2002). Mind the Gap: why do people act environmentally and what are the barriers to pro-environmental behavior? Environmental Education Research, Vol. 8, No. 3 , 239-260.
Masruri, dkk (2002). Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: UNY Press.
Ogunbode, C.A. (2013). The NEP scale: measuring ecological attitudes/ worldviews in an African context. Environ Dev Sustain 15, 1477-1494.
Primarinda, Ikha. 2014. Pengembangan Modul Berorientasi Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri 1 Karanganyar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. Universitas Sebelas Maret.
Rohmah, Nofita Mittaku. 2014. Penerapan Pendekatan Salingtemas dengan Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas X MAN 2 Tulungagung. Fakultas MIPA Universitas Malang.
Setyowati, R., Parmin, dan Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11Semarang. Unnes Science
Education Journal.
Tan, O. S. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Singapore: Cengage Learning.
Tan, O. S. (2004). Enhancing Thinking Through Problem Based Learning Approaches. Singapore: Cengage Learning.
Teodorescu, R. E., Bennhold, C., Feldman, G., & Medsker, L. (2014). Curricular Reforms that Improve Students’ Attitudes and Problem-Solving Performance. European J of Physics Education, 5 (1) , 15-54.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children Sourcebook. Indiana: Indiana University Bloomington.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Wesnawa, I Gede Astra. 2004. Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No. 1 TH. XXXVII Januari 2004.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.