Peningkatan Iklim Kelas dan Sikap Ilmiah Siswa Berbasis Model Guided Inquiry Learning di SMA
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A’yun, Q., Dewi, N. R., & Sudarmin. (2015). Efektivitas Model Think Pair Share (TPS) Berbasis Guided Inquiry pada Tema Sistem Transportasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa. Unnes Science Education Journal, 4 (3).
Alma, B. (2010). Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung: Alfabeta.
Anwar, H. (2009). Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu, Volume 2 No. 5.
Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Faizi, M. (2013). Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva Press.
Fakhruddin, Eprina, E., Syahril. (2010). Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran Fisika dengan Penggunaan Media Komputer Melalui Model Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sains, 4(1): 18-22.
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching (Model-Model Pengajaran). Terj. A. Fawaid & A. Mirya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Karwati, E. & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas (Classroom Management). Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.
Kusumah, W. & Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Margiastuti, S. N., Parmin, Pamelasari, S. D. (2015). Penerapan Model Guided Inquiry terhadap Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Ekosistem. Unnes Science Educational Journal, 4 (3).
Olasehinde, K. J. & Olatoye, R. A. (2014). Scientific Attitude, Attitude to Science and Science Achievement of Senior Secondary School Student in Katsina States, Nigeria. Journal of Educational and Social Research, Vol. 4 No. 1, MCSER Publishing, Rome Italy.
Opara, J. A., & Oguzor, N. S. (2011). Inquiry Instructional Method and the School Science Curriculum. Current Research Journal of Social Science, 3(3), 188-189.
Otami, D. C., Ampiah, J. G., & Anthony-Krueger, C. (2012). Factors Influencing Elective Science Students’ Perception of Their Biology Classroom Environment in Low and High Academic Achieving Schools in the Central Region of Ghana. International Journal of Research Studios in Education, Volume 1 Number 1. 35-46.
Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.
Rubini, B. & Liliasari. (2013). Basic Natural Science Contribution for Scientific Attitude Development and Values of Life. International Journal of Science and Research (IJSR), Volume 2 Issue 5.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tsai, C. C., & Tuan, H. L. (2006). Investigating the Inquiry-Based Instruction Effects the 8th Graders’ Perceptions about Learning Environments in the Physical Science. APERA Conference 2006, 28-30 November 2006 Hongkong. Graduate Institute of Science Education, National Changhua University of Education, Taiwan.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widoyoko, S. E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.