Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Hani Irawati, Much. Fuad Saifuddin

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Dengan adanya bahan ajar yang sesuai diharapkan dapat membantu kelancaran kegiatan pembelajaran. Mata kuliah pengantar profesi guru biologi merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester dua pada program studi pendidikan biologi FKIP UAD. Mata kuliah ini berisi tentang segala hal yang berkaitan dengan profesi seorang guru. Bahan ajar yang selama ini digunakan dalam kegiatan pembelajaran merupakan bahan ajar sederhana yang dibuat oleh dosen dengan mengggunakan referensi berupa aturan perundang-undangan tentang guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahan ajar yang perlu dikembangkan untuk mata kuliah pengantar profesi guru biologi. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2016 Universitas Ahmad Dahlan. Sampel dipilih secara acak sebanyak 75 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi kegiatan perkuliahan dan angket terbuka untuk mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi pada pembelajaran mata kuliah pengantar profesi guru biologi adalah belum adanya bahan ajar yang bisa dijadikan sebagai pegangan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis angket kebutuhan mahasiswa menunjukkan bahwa 1) bahan ajar diperlukan oleh mahasiswa adalah berupa buku ajar, 2) materi di dalam buku ajar berisi tentang: sejarah guru, peraturan tentang guru, kompetensi guru, kompetensi guru biologi, sertifikasi guru, dan profil guru di negara lain. Studi ini merupakan bagian dari studi awal pengembangan buku ajar sebagai bahan ajar mata kuliah pengantar profesi guru biologi.

Keywords

analisis; bahan ajar; pengantar profesi guru biologi

References

Ardiansyah, R., Corebima, Rohman, F. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Mata Kuliah genetika di Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Pendidikan Saintek 2016.

Pangestuti, A.A., & Setiawan, D. (2017). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Taksonomi Tumbuhan Berbasis Pendekatan Kontruktivisme bagi Mahasiswa Program studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Seminar Nasional hayati 2017.

Peraturan Pemerintah No.74 tahun 2008. Tentang Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 16 tahun 2007. Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Cgildren. Minneapolis, Minnesota: University of Minnesota.

undang-undang no 74 tahun 2008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.