Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia

Nonci M. Uki

Sari

Hasil observasi di beberapa sekolah di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hal ini disebabkan karena keterbatasan kreativitas guru dalam memilih metode yang tepat dalam proses pembelajaran, dan masih banyak guru yang belum memanfaatkan media pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan Konvensional berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran  NHT dan Konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok NHT (0,70) dan Konvensional (0,57). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model Konvensional

Kata Kunci

Alat Peraga; Hasil Belajar; NHT

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

Anni CT., Rifa’i A. E., Purwanro & Purnomo D. 2005. Psikologi Belajar. Semarang

Campbell, E. 2003. The Ethical Teacher. New York: Open University Press.

Jamalong, A. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Numbered Heads Together (Nht) di Kelas X SMA Negeri 1 Beduai

Kabupaten Sanggau. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 18 (4).

Katili, N. 2009. Pengembangan perangkat berorientasi model pembelajaran langsung pada pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia di kelas V SD N Ketiteng I Gayungan Surabaya. Jurnal Inovasi, 6 (3): 543.

Rustaman, N. 2005. Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Pendidikan Sains. Makalah Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjana dan Pemerhati IPA Indonesia. FPMIPIPA UPI.

Siregar, F.A. 2012. Pengaruh model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (1): 2252-732x.

Sudjana N. 2000. CBSA . Dasar-dasar Proses Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algeandra.

Sunandar. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN. Jurnal Varia Pendidikan. 20 (2).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.