Memperbaiki Kemampuan Argumentasi Siswa Kelas XI melalui Teknik Bertanya Guru dan Argumentative Assessment

Tirsa Putri Kristianti

Abstract

Abstrak. Argumentasi merupakan tujuan utama dari pendidikan sains karena dapat melibatkan siswa dalam praktik sains yang kompleks di mana siswa menggagas dan menjustifikasi klaim pengetahuan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perubahan kemampuan argumentasi siswa kelas XI setelah penerapan teknik bertanya guru dan argumentative assessment. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus dengan teknik teknik bertanya guru dan argumentative assessment. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA berjumlah 36 siswa yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, Low achievement dan High achievement berdasarkan hasil belajar tengah semester. Data yang dianalisis adalah pertanyaan yang disampaikan guru kepada siswa, respon siswa terhadap pertanyaan guru dan hasil jawaban siswa terhadap argumentative assessment yang diberikan guru. Analisis data menggunakan rubrik penilaian level argumentasi yang dikembangkan oleh Osborne, Erduran, & Simon dan modifikasi peneliti dengan skoring level argumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan dan peningkatan kemampuan argumentasi siswa setalah diterapkan teknik bertanya guru dan argumentative assessment. Perubahan yang ditunjukkan adalah siswa mampu mengemukakan evidence dan reasoning. Siswa yang termasuk dalam Low achievement dan High achievement mengalami perubahan dalam berargumentasi.

Keywords

argumentasi, teknik bertanya guru, argumentative assessment

Refbacks

  • There are currently no refbacks.