Modul ajar keanekaragaman hayati daerah karst berbasis project-based learning berbantu reflective journal untuk meningkatkan kemampuan mengevaluasi dan merefleksi siswa
Sari
EN
Biology learning is an effort to find scientific truth through a series of process skills. The demands of Biology learning are responsive learning to global issues and play an active role in providing problem solving. One of the learning models that is expected to train students' process skills is Project-Based Learning (PjBL). This study aims to analyze the effect of teaching modules for biodiversity of karst areas based on Project-Based Learning assisted by reflective journals on the ability to evaluate and reflect on class X students of SMA Wonogiri in the 2024/2025 academic year. This research is a quasi-experimental research with post-test only control group design. Sampling was done randomly, with 1 class as a control class and 1 class as an experimental class. The learning outcomes analyzed were the ability to evaluate and the ability to reflect on students and their correlations. Data analysis was carried out using the independent sample t test and Pearson correlation test. Based on the results of the research and data analysis that has been carried out, it can be concluded that there is a significant effect of the application of teaching modules for biodiversity of karst areas based on Project-Based Learning assisted by reflective journals on the ability to evaluate and reflect on students
ID
Pembelajaran Biologi merupakan upaya menemukan kebenaran ilmiah melalui serangkaian keterampilan proses. Tuntutan pembelajaran Biologi adalah pembelajaran responsif terhadap isu-isu global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat melatih keterampilan proses siswa adalah project-based learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modul ajar keanekaragaman hayati daerah karst berbasis project-based learning berbantu reflective journal terhadap kemampuan mengevaluasi dan merefleksi siswa kelas X di SMA Wonogiri tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental dengan desain post-test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan 1 kelas sebagai kelas kontrol dan 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Hasil belajar yang dianalisis ada kemampuan mengevaluasi dan kemampuan merefeleksi siswa serta korelasinya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t test dan uji korelasi pearson. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan modul ajar keanekaragaman hayati daerah karst berbasis project-based learning berbantu reflective journal terhadap kemampuan mengevaluasi dan merefleksi siswa
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ajibade, S. S. M., Valle, L., General, E., Baclayon-Lim, J., Colina, S. J., Akintoye, K. A., & Adediran, A. O. (2024, April). Enhancing Students’ Learning Motivation and Comprehension by Reflecting on the Practical Applications of Learning Materials in an Education Learning Journal. In 2024 International Conference on Science, Engineering and Business for Driving Sustainable Development Goals (SEB4SDG) (pp. 1-8). IEEE. https://doi.org/10.1109/SEB4SDG60871.2024.10629708
Ambarwati, W., & Nugroho, A. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Kegiatan Refleksi Menggunakan Aplikasi SISFOKA di SMP Negeri 2 Kaliwungu. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 6(2), 105–123. https://doi.org/10.55606/sinov.v6i2.837.
Andriyani, F. D., & Indra, E. N. (2017). Kontribusi penggunaan jurnal belajar pada pembelajaran matakuliah permainan bola basket. Cakrawala Pendidikan, (1), 140-147. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.11976.
Brownhill, S. (2023). Asking additional key questions of self-reflection. Reflective Practice, 24(3), 400–412. https://doi.org/10.1080/14623943.2023.2190578.
Fauziya, D. S., & Suhara, A. M. (2015). Evaluasi pembelajaran melalui penulisan jurnal reflektif berbasis penilaian diri di pbs. indonesia stkip siliwangi. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 46. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p46-52.163.
Flynn, B. B. (2024). The Importance of Self-Reflection as a Learning Tool (or. 135–151). https://doi.org/10.4018/978-1-6684-9024-2.ch008 .
Hartini, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16. https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038.
Haifa, N., Danawan, A., & Sasmita, D. (2023). Penggunaan jurnal reflective writing pada peserta didik tingkat menengah atas dalam pembelajaran elastisitas bahan. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 8(1), 29–34. https://doi.org/10.17509/wapfi.v8i1.31167.
Hasiana, I., Aisyah, A., Mudhar, M., Hartanti, J., & Firda Mufidah, E. (2024/). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Project (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Reflektif pada Mahasiswa. utile: Jurnal Kependidikan, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.37150/jut.v10i2.3140.
Hasmawati, H., & Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 197-211. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.20.
Idris, M., & Asyafah, A. (2020). Authentic Assessment in Islamic Education. Islamic Research, 3(1), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.47076/jkpis.v3i1.36.
Koole, S., Dornan, T., Aper, L., Scherpbier, A., Valcke, M., Cohen-Schotanus, J., & Derese, A. (2011). Factors confounding the assessment of reflection: A critical review. BMC Medical Education. 11(1). https://doi.org/10.1186/1472-6920-11-104.
Lew, D. N. M., & Schmidt, H. G. (2011). Writing to learn: Can reflection journals be used to promote self-reflection and learning?. Higher Education Research and Development, 30(4), 519–532. https://doi.org/10.1080/07294360.2010.512627.
Musrikah. (2018). Higher order thingking skill (HOTS) untuk anak sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.339-360.
Nilah, N., & Roza, L. (2020). Analisis kemampuan berpikir analitis dan evaluasi dalam pembelajaran fisika pada topik usaha dan energi. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 75–82. https://doi.org/10.21009/03.snf2020.02.pf.12.
Praveena, K. S., F, J., Patil, C. M., & K, B. (2025). Using Gibb’s Reflective Model Approach for Enhancing Project-Based Learning Among Students Through Reflective Assessment. Journal of Engineering Education Transformations, 38(IS2), 148–155. https://doi.org/10.16920/jeet/2025/v38is2/25018.
Rahman, E., Mashuri, M., & Hendikawati, P. (2017). Project Based Learning Implementation to Improve Students’ Problem Solving Ability and Honesty. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 174–180. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i2.14187.
Rohmashari, E. S., & Rahayu, D. W. (2024/). Hubungan Kemampuan Mengelola Emosi dengan Motivasi Belajar pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Komplek Kenjeran II 506 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 140–147. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.848.
Septiyana, K., Prasetyo, A. P., & Chrisjanti, W. (2013). Jurnal belajar sebagai strategi berpikir metakognitif pada pembelajaran sistem imunitas. Unnes Journal of Biology Education, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29303/jpm.v11i1.65.
Suluh, M., & Lede, Y. A. (2021). Pengukuran Tingkat Kemampuan Berpikir Siswa SMA Kabupaten Sumba Barat Daya Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(2), 170–177. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4687.
Sumargono, S., Basri, M., Istiqomah, I., & Triaristina, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 141–149. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4508.
Susilo, M. J., Dewantoro, M. H., Yuningsih, Y., Burhanuddin, M. A., & Wahab, A. (2022). Jurnal Belajar Sebagai Refleksi Siswa Sekaligus Evaluasi Guru Selama Proses Pembelajaran. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(1), 116-122. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.914.
Wahdah, N. F., Jufri, A. W., & Zulkifli, L. (2016). Jurnal belajar sebagai sarana pengembangan kemampuan metakognisi siswa. J. Pijar MIPA, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.29303/jpm.v11i1.65.
Wahyuni, E., & Fitriana, F. (2021). Implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1), 320–327. http://dx.doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4262.
Wilujeng, E., Sari, N. E., & Berlianantiya, M. (2022). Penerapan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk peningkatan high order thinking skills siswa kelas X otomatisasi perkantoran pada pembelajaran ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 5 Kota Madiun. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1(2), 1–9.
Yanti, A. W., & Novitasari, N. A. (2021). Penggunaan jurnal reflektif pada pembelajaran Matematika untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 321-332. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.891.
Yendrita, & Khaharman. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil dan ketuntasan belajar biologi pada siswa SMA Negeri I Bonjol Kabupaten Pasaman. Inovasi Pendidikan, 8(2), 145–156. https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.3017.
Verma, k. c., & Kumar, l. (2024). The relationship between emotional intelligence and academic motivation: a comprehensive analysis. international education and research journal, 10(2). https://doi.org/10.21276/ierj254603377354.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.






61.png)
