PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK DENGAN MEDIA LOTTO ANGKA BERWARNA

Dannisa Tri Hapsari, Warananingtyas Palupi, Anjar Fitrianingtyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan media lotto angka berwarna pada anak usia 4-5 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas A yang berjumlah 24 anak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas oleh Kemmis Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, dengan setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu anak dan guru kelas kelompok A, sedangkan sumber data sekunder didapat dari arsip atau dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dan dokumentasi pada saat anak menggunakan media lotto angka berwarna dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketuntasan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan media lotto angka berwarna pada anak kelompok A usia 4-5 tahun meningkat dari pratindakan terdapat 10 anak (41,66%) tuntas, siklus I terdapat 14 anak (58,33%) tuntas, dan siklus II terdapat 21 anak (87,50%) tuntas. Berdasarkan uraian data di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan media lotto angka berwarna dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A usia 4-5 tahun.

Keywords

Kemampuan mengenal lambang bilangan, media lotto angka berwarna, anak kelompok A (4-5 tahun)

Full Text:

PDF

References

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana, Y. (2022). Teori Perkembangan Jean Piaget dan Vygotsky Bagaimana Implikasinya Dalam Perkembangan Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/view/1440/924

Ahmad, S. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Aisyah, R., & Khotimah, N, (2020), Pengembangan alat permainan edukatif jumofan (jumanji modifikasi fantasi) untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Jurnal Paud Teratai.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Beaty, J, (2006), Observing Development Of The Young Child. New Jersey: Preantice Hall.

Bowles R. P., Pentimonti, J. M., Gerde, H. K., & Montroy, J. J. (2014). Item response analysis of upprecase and lowercase letter name knowledge. Journal of Psychoeducational Assesment, 32(2), 146-156. https://doi.org/10.1177/0734282913490266.

Dewi, Lestari. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok A Di Tk Aba Jimbung I, Kalikotes, Klaten. Skripsi.Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitasnegeri Yogyakarta.

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kalsum, U., Adib, H. S., & Muhtarom, M. (2023). Pengaruh media lotto terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Almisbah Paya Besar. Innovative: Journal Of Social, 3.

Laris, N. P., Suwatra, I. I. W., & Tirtayani, L. A. (2014). Pemanfaatan media lotto untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak kelompok A di PAUD Santi Kumara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1), 101–111. https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3526.

Merkley, R., & Ansari, D. (2016). Why numerical symbols count in the development of mathematical skills: Evidence from brain and behavior. Current Opinion in Behavioral Sciences, 10, 14–20. https://doi.org/10.1016/j.cobeha.2016.04.006.

Papalia, D. E. , Olds, S. W. , & Feldman, R. D. (2007). (2007). Human development . New York: McGraw Hill.

Permansah, S., & Murwaningsih, T. (2018). Media pembelajaran digital: kajian literatur tentang dampak penggunaan media pembelajaran digital di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3(2), 75. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/27906.

Permendikbud No. 137. (2014). Standar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Menejemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Rasyid, H., Mansyur, dan Suratno., 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: penerbit Multi Pressindo

Sari, N. R., Hayati, F., & Harfiandi, H. (2021). Analisis kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A Di TK Bungong Seleupok Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1),8.

Senja Nurmala Dewi. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Penggunaan Mtode Discovery Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Kartika Fajar Baru Lampung Selatan.”192(4):121–30. https://doi.org/10.24853/yby.5.1.28-33

Sriningsih, Nining. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumardi., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan kemampuan anak usia dini mengenal lambang bilangan melalui media playdough. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 190- 202.

Tampubolon, M Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Wijayanti, R. (2017). Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media flip chart. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.