Media Pembelajaran Digital: Kajian Literatur Tentang Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Digital di SMK
Abstract
Pemanfaatan software untuk menciptakan sebuah media pembelajaran digital yang bersifat online atau offline telah banyak dilakukan di Indonesia khususnya di SMK Administrasi Perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar maupun kompetensi peserta didik pada mata pelajaran tertentu. Namun belum ada penelitian yang berfokus untuk menganalisis dampak penggunaan media pembalajaran
digital khususnya di SMK Administrasi Perkantoran. Untuk itu tujuan artikel ini akan membahas dampak penggunaan media pembelajaran digital di SMK Administrasi perkantoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dari penelitian terdahulu terkait media pembelajaran digital di SMK Administrasi Perkantoran. Hasilnya para peneliti terdahulu menemukan dampak media pembelajaran digital adalah (1) Penggunaan media pembelajaran digital dapat
meningkatkan motivasi belajar peserta didik, (2) dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik, (3) menghilangkan keterbatasan ruang dan waktu, (4) memperjelas informasi, (5) dapat mengurangi biaya yang tidak perlu. Temuan, tidak semua sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai guna mendukung proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran digital.
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, Z., & Puspasari, D., 2015,
Penggunaan Edmodo Sebagai Media
Pembelajaran E-Learning Pada Mata
Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di
Smkn 1 Surabaya,
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.
php/jpap/article/view/12541
Amalia, C., R., Wasiti, & Arief, M., 2017,
Pengembangan Media Pembelajaran EModule
Berbasis Adobe Flash Cs3 untuk
Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata
Pelajaran Otomatisasi Perkantoran, JIAP
(Jurnal Ilmu Administrasi Perkantoran)
Vol 2, 11-20
Anitah, Sri. 2009. Teknologi
Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka.
Akyuz, S., & Yavuz, F., (2015), Digital
Learning in EFL Classrooms, Procedia -
Social and Behavioral Sciences, Vol.197,
-769.
All, A., Nuñez Castellar, E. P., & Van
Looy, J. 2016. Assessing the
effectiveness of digital game-based
learning: Best practices. Computers &
Education, 92-93, 90-103.
http://dx.doi.org/10.1016/
j.compedu.2015.10.007.
Ayu D., S., & Ranu M., E., 2014,
Penerapan E-Learning Melalui Edmodo
Untuk Meningkatkan Kemandirian
Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X
Apk 1 Smkn 1 Magetan,
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.
php/jpap/article/view/9320
Arsyad, A., 2010. Media Pembelajaran.
Jakarta : PT. Radja Grapindo. Persada.
Ayu, D., S., & Ranu, M., E., 2014,
Penerapan E-Learning Melalui Edmodo
Untuk Meningkatkan Kemandirian
Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X
Apk 1 Smkn 1 Magetan,
ttps://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.p
hp/jpap/article/viewFile/9320/9241
Balakrishnan, V., & Lay, G., C., 2016,
Students’ learning styles and their effects
on the use of social media technology for
learning, Telematics and Informatics, Vol
, 808–821.
Bonita, D., A., Sarbini, & Maimunah
, Increasing Student’s
Correspondence Course Study Result
with Development of Adobe Flash
Android-Based Media, Jurnal Pendidikan
Bisnis dan Manajemen, Vol3, 145 - 156
Bullock, S., M, 2015. Digital
Technologies and Diverse Learning in
Teacher Education: Reassembling the
Social Perspective, Exploring Pedagogies
for Diverse Learners Online, Vol 25, 523.
Budiantoh, H., & Ranu, M., E., 2015,
Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Menggunakan Macromedia
Flash Pada Mata Pelajaran Korespondensi
Di Smkn 1 Surabaya,
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.
php/jpap/article/view/10982/10511
Bunus, P., 2010. The Social Network
Classroom. Technology enhanced
learning: Quality of teaching and
educational reform, Vol 73, 517–524.
Cahyani F., N., Arief., M.,& Sarbini
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Melalui Pengembangan Modul
Administrasi Kepegawaian Berbasis
Strategi Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing, Jurnal Pendidikan Bisnis dan
Manajemen, Vol1, 160-178
Cheung, C., K., 2009, Integrating media
education into liberal studies: a positive
response to curriculum reform in Hong
Kong, The Curriculum Journal, Vol. 20,
No. 4,437–446.
Damayanti, N., Kusdiyanti,H., & Sopiah
, Penerapan Simaset Pada Materi
Laporan Penerimaan dan Pendistribusian
Sarana dan Prasarana untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Kelas XII Administrasi Perkantoran
SMKN 1 Malang, Jurnal Pendidikan
Bisnis dan Manajemen, Vol 2, 216 – 224
Fidiatun, E., N., Indrawati, C.,D.,S., &
Ninghardjanti, P., 2018, Penerapan
Blended Learning Berbasis Aplikasi
Schoology Sebagai Upaya Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi
Humas Dan Keprotokolan, Paedagogia,
Vol 21, http://garuda.ristekdikti.
go.id/journal/article/641338
Gabriel, M., A., Campbell, B., Wiebe, S.,
MacDonald, R., J., & McAuley, A., 2012,
The Role of Digital Technologies in
Learning: Expectations of First Year
University Students, Canadian Journal of
Learning and Tecnology, Vol.38, 1-18.
Gan, B., Menkhoff, T., & Smith, R.,
, Enhancing students’ learning
process through interactive digital media:
New opportunities for collaborative
learning, Computers in Human Behavior,
-12, http://dx.doi.org/10.1016/
j.chb.2014.12.048.
Greenhow, C., Robelia, B., 2009 Informal
learning and identity formation in online
social networks Learn, Media Technol.,
Vol 34, 119-140
Hamidah, R., Pengembangan Modul
Administrasi Kepegawaian Berbasis
Detik K-13,
https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/i
ndex.php/jurnalkwangsan/article/view/38
Hidayati, N., & Wuryandari, A., I, 2012
Media Design for Learning Indonesian in
Junior High School, Procedia - Social and
Behavioral Sciences, Vol. 67, 490 – 499
Hima, I., & Ranu., M., E 2015,
Pengembangan Modul Kompetensi Dasar
Mengemukakan Peraturan Perawatan,
Tunjangan Cacat, Dan Uang Duka
Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas Xi Ap
Smk Negeri 4 Surabaya,
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.
php/ jpap/article/view/12535
Johnson, A., M., Ozogul, G., & Reisslein,
M., 2015, Supporting multimedia learning
with visual signalling and animated
pedagogical agent: Moderating effects of
prior knowledge, Journal of Computer
Assisted Learning, Vol 31, 97-115
Kronenberg, F., A, 2015 Technology and
the Changing Nature of Narratives in
Language Learning and Teaching,
Increasing Student Engagement and
Retention using Multimedia
Technologies: Video Annotation,
Multimedia Applications,
Videoconferencing and Transmedia
Storytelling, Vol 6F, 95–119
Kusumajaya, F., A., Kusumajanto, D.,
D.,& Sarbini 2016, Efektivitas
Pemanfaatan Media Visual Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Mata
Pelajaran Korespondensi Pada Siswa
Kelas X Administrasi Perkantoran di
SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Jurnal
Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol 2,
- 101.
Kuswantoro, A., 2015, Model Elektronik
Arsip (E Arsip) Pembelajaran Di Smk
Jurusan Administrasi Perkantoran,
Seminar Nasional PAP “Pengembangan
Ilmu dan Profesi Administrasi
Perkantoran: Peluang dan Tantangan”
Mastumasari, I., Wasiti, &
Sulistyaningsih 2017, Improving
Learning Outcomes in Office Automation
Subjects Through Development of VideoBased
Media Learning Operating
Microsoft Publisher 2010, Jurnal
Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol 3,
– 64
Novitarini, Resty. 2012. Penggunaan
Media Pembelajaran Audio Visual
Berbasis Macromedia Flash dan Alat
Peraga untuk Meningkatkan Motivasi dan
Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok
Bahasan Sistem Kearsipan Kelas XI
Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1
Bawang Banjarnegara. Jurnal Penelitian
Pendidikan Ekonomi, (Online).
http://lib.unnes.ac.id/view/year/
html.
Permatasari, H., A., 2017, Pengembangan
Media Pembelajaraan Berbasis Prezi Pada
Mata Pelajaran Administrasi
Kepegawaian Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa (Studi Pada Siswa
Administrasi Perkantoran Kelas Xi Di
Smk Negeri 1 Malang), http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/art
icle/view/64156
Putri, D., W., A., 2016, Pengembangan
Modul Mata Pelajaran Administrasi
Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry
untuk Meningkatkan Kemandirian dan
Hasil Belajar Siswa, http ://karyailmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/art
icle/view/51793
Rahmania, F., D., Sutrisno, & Suputra, I.,
N., 2016, Pengembangan Media Movie
Maker Pada Mata Pelajaran Kearsipan
Kelas X Administrasi Perkantoran, Jurnal
Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol 2,
- 49
Saeroji, A., 2014, Inovasi Media
Pembelajaran Kearsipan Electronik Arsip
(E-Arsip) Berbasis Microsoft Office
Access, Jurnal Pendidikan Ekonomi
Dinamika Pendidikan, Vol. 9, 177 - 185
Salleh, S., Md., Tasir, Z., & Shukor, N.,
A., 2012, Web-Based Simulation
Learning Framework to Enhance
Students’ Critical Thinking Skills,
Procedia - Social and Behavioral
Sciences, Vol 64, 372 – 381
Saud, Udin Syaefudin. 2009.
Pengembangan Profesi Guru. Bandung:
Alfabeta.
Schneider, S., Nebel, S., Beege, M., Rey,
G., D., 2018, The autonomy-enhancing
effects of choice on cognitive load,
motivation and learning with digital
media, Learning and Instruction, Vol 58,
–172
Setyosari, P dan Sihkabuden. 2005.
Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas
Sousa, M., J., Rocha, A., 2019, Digital
learning: Developing skills for digital
transformation of organizations, Future
Generation Computer Systems, Vol 91,
–334
Suganda, D., 2015, Pengembangan Media
Pembelajaran Kearsipan Dengan
Menggunakan Aplikasi Pengolahan Data
Arsip Untuk Siswa Kelas XII Program
Studi Administrasi Perkantoran, Jurnal
Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol 1,
-33
Sutaryadi, Widodo, J., Dirgatama, C., H.,
A., Wirawan, A., W., & Permansah, S.,
, Designing Office Administration
Virtual Learning Media In Vocational
School, Universitas Indonesia
Conferences, The 3rd International
Conference of Vocational Higher
Education.
Swandhana, K., Churiyah, M., & Juariyah
L., Meningkatkan Kemandirian Belajar
dan Hasil Belajar Siswa melalui
Pengembangan Modul Administrasi
Kepegawaian Berbasis Strategi
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Jurnal
Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol 2,
-169
Veletsianos & Navarrete, 2012, Online
social networks as formal learning
environments: learner experiences and
activities, Open Distance Learn., Vol 13,
-166
Wang, W., H., Hao, Y., M., Cao, Y., H.,
& Li, L., 2014 A cloud-based real-time
mobile collaboration wiki system, Appl.
Mech. Mater., Vol 441, 928-931
Weni, D., M., & Isnani, G., 2016,
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
dengan Pengembangan Media
Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog,
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen,
Vol 2, 114 -123
Wibisono, W., Baedowi, & Indrawati, C.,
D., S., 2017 Keefektifan Video Simulasi
Kearsipan Pada Sekolah Menengah
Kejuruan, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol
, 00-00
Wirawan, A., W., 2015, Penerapan Media
Pembelajaran Berbasis Prezi Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi
Kepegawaian, Prosiding Semiar Nasional
Pendidikan Ekonomi & Bisnis.
Wirawan, A., W., & Widodo, J., 2015,
Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi
Kepegawaian Siswa Melalui Penerapan
Pendekatan Scientific Dengan Media
Software Prezi, Seminar Nasional PAP
“Pengembangan Ilmu dan Profesi
Administrasi Perkantoran: Peluang dan
Tantangan”
Wirawan, A., W., Indrawati C., D., S., &
Rahmanto A., N., 2017 Pengembangan
Media Pembelajaran Kearsipan Digital
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Smk Negeri 3 Surakarta, Jurnal
Pendidikan Vokasi, Vol 7, 78-86.
Wulandari, D., T., & Ranu M., E., 2015,
Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Macromedia Flash 8 Pada
Kompetensi Dasar Menjelaskan Sistem
Kearsipan Kelas X Ap 1 Di Smk Negeri 4
Surabaya,
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.
php/jpap/article/ view/12537.
Refbacks
- There are currently no refbacks.