Media Pembelajaran Digital: Kajian Literatur Tentang Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Digital di SMK

Sigit Permansah, Tri Murwaningsih

Abstract

Pemanfaatan software untuk menciptakan sebuah media pembelajaran digital yang bersifat online atau offline telah banyak dilakukan di Indonesia khususnya di SMK Administrasi Perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar maupun kompetensi peserta didik pada mata pelajaran tertentu. Namun belum ada penelitian yang berfokus untuk menganalisis dampak penggunaan media pembalajaran
digital khususnya di SMK Administrasi Perkantoran. Untuk itu tujuan artikel ini akan membahas dampak penggunaan media pembelajaran digital di SMK Administrasi perkantoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dari penelitian terdahulu terkait media pembelajaran digital di SMK Administrasi Perkantoran. Hasilnya para peneliti terdahulu menemukan dampak media pembelajaran digital adalah (1) Penggunaan media pembelajaran digital dapat
meningkatkan motivasi belajar peserta didik, (2) dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik, (3) menghilangkan keterbatasan ruang dan waktu, (4) memperjelas informasi, (5) dapat mengurangi biaya yang tidak perlu. Temuan, tidak semua sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai guna mendukung proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran digital.

Full Text:

PDF

References

Ainiyah, Z., & Puspasari, D., 2015,

Penggunaan Edmodo Sebagai Media

Pembelajaran E-Learning Pada Mata

Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di

Smkn 1 Surabaya,

http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.

php/jpap/article/view/12541

Amalia, C., R., Wasiti, & Arief, M., 2017,

Pengembangan Media Pembelajaran EModule

Berbasis Adobe Flash Cs3 untuk

Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata

Pelajaran Otomatisasi Perkantoran, JIAP

(Jurnal Ilmu Administrasi Perkantoran)

Vol 2, 11-20

Anitah, Sri. 2009. Teknologi

Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka.

Akyuz, S., & Yavuz, F., (2015), Digital

Learning in EFL Classrooms, Procedia -

Social and Behavioral Sciences, Vol.197,

-769.

All, A., Nuñez Castellar, E. P., & Van

Looy, J. 2016. Assessing the

effectiveness of digital game-based

learning: Best practices. Computers &

Education, 92-93, 90-103.

http://dx.doi.org/10.1016/

j.compedu.2015.10.007.

Ayu D., S., & Ranu M., E., 2014,

Penerapan E-Learning Melalui Edmodo

Untuk Meningkatkan Kemandirian

Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X

Apk 1 Smkn 1 Magetan,

http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.

php/jpap/article/view/9320

Arsyad, A., 2010. Media Pembelajaran.

Jakarta : PT. Radja Grapindo. Persada.

Ayu, D., S., & Ranu, M., E., 2014,

Penerapan E-Learning Melalui Edmodo

Untuk Meningkatkan Kemandirian

Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X

Apk 1 Smkn 1 Magetan,

ttps://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.p

hp/jpap/article/viewFile/9320/9241

Balakrishnan, V., & Lay, G., C., 2016,

Students’ learning styles and their effects

on the use of social media technology for

learning, Telematics and Informatics, Vol

, 808–821.

Bonita, D., A., Sarbini, & Maimunah

, Increasing Student’s

Correspondence Course Study Result

with Development of Adobe Flash

Android-Based Media, Jurnal Pendidikan

Bisnis dan Manajemen, Vol3, 145 - 156

Bullock, S., M, 2015. Digital

Technologies and Diverse Learning in

Teacher Education: Reassembling the

Social Perspective, Exploring Pedagogies

for Diverse Learners Online, Vol 25, 523.

Budiantoh, H., & Ranu, M., E., 2015,

Pengembangan Media Pembelajaran

Interaktif Menggunakan Macromedia

Flash Pada Mata Pelajaran Korespondensi

Di Smkn 1 Surabaya,

http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.

php/jpap/article/view/10982/10511

Bunus, P., 2010. The Social Network

Classroom. Technology enhanced

learning: Quality of teaching and

educational reform, Vol 73, 517–524.

Cahyani F., N., Arief., M.,& Sarbini

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Melalui Pengembangan Modul

Administrasi Kepegawaian Berbasis

Strategi Pembelajaran Inkuiri

Terbimbing, Jurnal Pendidikan Bisnis dan

Manajemen, Vol1, 160-178

Cheung, C., K., 2009, Integrating media

education into liberal studies: a positive

response to curriculum reform in Hong

Kong, The Curriculum Journal, Vol. 20,

No. 4,437–446.

Damayanti, N., Kusdiyanti,H., & Sopiah

, Penerapan Simaset Pada Materi

Laporan Penerimaan dan Pendistribusian

Sarana dan Prasarana untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Kelas XII Administrasi Perkantoran

SMKN 1 Malang, Jurnal Pendidikan

Bisnis dan Manajemen, Vol 2, 216 – 224

Fidiatun, E., N., Indrawati, C.,D.,S., &

Ninghardjanti, P., 2018, Penerapan

Blended Learning Berbasis Aplikasi

Schoology Sebagai Upaya Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi

Humas Dan Keprotokolan, Paedagogia,

Vol 21, http://garuda.ristekdikti.

go.id/journal/article/641338

Gabriel, M., A., Campbell, B., Wiebe, S.,

MacDonald, R., J., & McAuley, A., 2012,

The Role of Digital Technologies in

Learning: Expectations of First Year

University Students, Canadian Journal of

Learning and Tecnology, Vol.38, 1-18.

Gan, B., Menkhoff, T., & Smith, R.,

, Enhancing students’ learning

process through interactive digital media:

New opportunities for collaborative

learning, Computers in Human Behavior,

-12, http://dx.doi.org/10.1016/

j.chb.2014.12.048.

Greenhow, C., Robelia, B., 2009 Informal

learning and identity formation in online

social networks Learn, Media Technol.,

Vol 34, 119-140

Hamidah, R., Pengembangan Modul

Administrasi Kepegawaian Berbasis

Detik K-13,

https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/i

ndex.php/jurnalkwangsan/article/view/38

Hidayati, N., & Wuryandari, A., I, 2012

Media Design for Learning Indonesian in

Junior High School, Procedia - Social and

Behavioral Sciences, Vol. 67, 490 – 499

Hima, I., & Ranu., M., E 2015,

Pengembangan Modul Kompetensi Dasar

Mengemukakan Peraturan Perawatan,

Tunjangan Cacat, Dan Uang Duka

Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas Xi Ap

Smk Negeri 4 Surabaya,

http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.

php/ jpap/article/view/12535

Johnson, A., M., Ozogul, G., & Reisslein,

M., 2015, Supporting multimedia learning

with visual signalling and animated

pedagogical agent: Moderating effects of

prior knowledge, Journal of Computer

Assisted Learning, Vol 31, 97-115

Kronenberg, F., A, 2015 Technology and

the Changing Nature of Narratives in

Language Learning and Teaching,

Increasing Student Engagement and

Retention using Multimedia

Technologies: Video Annotation,

Multimedia Applications,

Videoconferencing and Transmedia

Storytelling, Vol 6F, 95–119

Kusumajaya, F., A., Kusumajanto, D.,

D.,& Sarbini 2016, Efektivitas

Pemanfaatan Media Visual Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Mata

Pelajaran Korespondensi Pada Siswa

Kelas X Administrasi Perkantoran di

SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Jurnal

Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol 2,

- 101.

Kuswantoro, A., 2015, Model Elektronik

Arsip (E Arsip) Pembelajaran Di Smk

Jurusan Administrasi Perkantoran,

Seminar Nasional PAP “Pengembangan

Ilmu dan Profesi Administrasi

Perkantoran: Peluang dan Tantangan”

Mastumasari, I., Wasiti, &

Sulistyaningsih 2017, Improving

Learning Outcomes in Office Automation

Subjects Through Development of VideoBased

Media Learning Operating

Microsoft Publisher 2010, Jurnal

Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol 3,

– 64

Novitarini, Resty. 2012. Penggunaan

Media Pembelajaran Audio Visual

Berbasis Macromedia Flash dan Alat

Peraga untuk Meningkatkan Motivasi dan

Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok

Bahasan Sistem Kearsipan Kelas XI

Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1

Bawang Banjarnegara. Jurnal Penelitian

Pendidikan Ekonomi, (Online).

http://lib.unnes.ac.id/view/year/

html.

Permatasari, H., A., 2017, Pengembangan

Media Pembelajaraan Berbasis Prezi Pada

Mata Pelajaran Administrasi

Kepegawaian Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa (Studi Pada Siswa

Administrasi Perkantoran Kelas Xi Di

Smk Negeri 1 Malang), http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/art

icle/view/64156

Putri, D., W., A., 2016, Pengembangan

Modul Mata Pelajaran Administrasi

Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry

untuk Meningkatkan Kemandirian dan

Hasil Belajar Siswa, http ://karyailmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/art

icle/view/51793

Rahmania, F., D., Sutrisno, & Suputra, I.,

N., 2016, Pengembangan Media Movie

Maker Pada Mata Pelajaran Kearsipan

Kelas X Administrasi Perkantoran, Jurnal

Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol 2,

- 49

Saeroji, A., 2014, Inovasi Media

Pembelajaran Kearsipan Electronik Arsip

(E-Arsip) Berbasis Microsoft Office

Access, Jurnal Pendidikan Ekonomi

Dinamika Pendidikan, Vol. 9, 177 - 185

Salleh, S., Md., Tasir, Z., & Shukor, N.,

A., 2012, Web-Based Simulation

Learning Framework to Enhance

Students’ Critical Thinking Skills,

Procedia - Social and Behavioral

Sciences, Vol 64, 372 – 381

Saud, Udin Syaefudin. 2009.

Pengembangan Profesi Guru. Bandung:

Alfabeta.

Schneider, S., Nebel, S., Beege, M., Rey,

G., D., 2018, The autonomy-enhancing

effects of choice on cognitive load,

motivation and learning with digital

media, Learning and Instruction, Vol 58,

–172

Setyosari, P dan Sihkabuden. 2005.

Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas

Sousa, M., J., Rocha, A., 2019, Digital

learning: Developing skills for digital

transformation of organizations, Future

Generation Computer Systems, Vol 91,

–334

Suganda, D., 2015, Pengembangan Media

Pembelajaran Kearsipan Dengan

Menggunakan Aplikasi Pengolahan Data

Arsip Untuk Siswa Kelas XII Program

Studi Administrasi Perkantoran, Jurnal

Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol 1,

-33

Sutaryadi, Widodo, J., Dirgatama, C., H.,

A., Wirawan, A., W., & Permansah, S.,

, Designing Office Administration

Virtual Learning Media In Vocational

School, Universitas Indonesia

Conferences, The 3rd International

Conference of Vocational Higher

Education.

Swandhana, K., Churiyah, M., & Juariyah

L., Meningkatkan Kemandirian Belajar

dan Hasil Belajar Siswa melalui

Pengembangan Modul Administrasi

Kepegawaian Berbasis Strategi

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Jurnal

Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Vol 2,

-169

Veletsianos & Navarrete, 2012, Online

social networks as formal learning

environments: learner experiences and

activities, Open Distance Learn., Vol 13,

-166

Wang, W., H., Hao, Y., M., Cao, Y., H.,

& Li, L., 2014 A cloud-based real-time

mobile collaboration wiki system, Appl.

Mech. Mater., Vol 441, 928-931

Weni, D., M., & Isnani, G., 2016,

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

dengan Pengembangan Media

Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog,

Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen,

Vol 2, 114 -123

Wibisono, W., Baedowi, & Indrawati, C.,

D., S., 2017 Keefektifan Video Simulasi

Kearsipan Pada Sekolah Menengah

Kejuruan, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol

, 00-00

Wirawan, A., W., 2015, Penerapan Media

Pembelajaran Berbasis Prezi Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi

Kepegawaian, Prosiding Semiar Nasional

Pendidikan Ekonomi & Bisnis.

Wirawan, A., W., & Widodo, J., 2015,

Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi

Kepegawaian Siswa Melalui Penerapan

Pendekatan Scientific Dengan Media

Software Prezi, Seminar Nasional PAP

“Pengembangan Ilmu dan Profesi

Administrasi Perkantoran: Peluang dan

Tantangan”

Wirawan, A., W., Indrawati C., D., S., &

Rahmanto A., N., 2017 Pengembangan

Media Pembelajaran Kearsipan Digital

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Smk Negeri 3 Surakarta, Jurnal

Pendidikan Vokasi, Vol 7, 78-86.

Wulandari, D., T., & Ranu M., E., 2015,

Pengembangan Media Pembelajaran

Berbasis Macromedia Flash 8 Pada

Kompetensi Dasar Menjelaskan Sistem

Kearsipan Kelas X Ap 1 Di Smk Negeri 4

Surabaya,

http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.

php/jpap/article/ view/12537.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.