PENGARUH METODE READ ALOUD DALAM BERCERITA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

Alfin Mutawakila, Sri Setyowati, Mallevi Agustin Ningrum, Melia Dwi Widayanti

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku kemandirian anak di TK Islam Darul Muttaqin yang belum maksimal dan belum sesuai perkembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh metode read aloud dalam bercerita terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun. Penelitian eksperimen ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental, one group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Islam Darul Muttaqin Nganjuk dengan jumlah sampel sebanyak 23 anak. Terdapat 3 indikator kemandirian yang diamati oleh peneliti, yaitu pantang menyerah, percaya diri, dan berani mencoba. Penelitian ini dilakukan sejumlah 8 kali pertemuan dengan pre-test 1 kali, treatment 6 kali, dan post-test 1 kali. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan menggunakan teknik analisis data dengan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil perhitungan Uji Wilcoxon yang dibantu dengan SPSS for Windows Versi 22, diketahui hasil hitung Asymp. Sig. (-2 tailed) 0.000 < 0.50, maka sesuai dasar pengambilan keputusan Uji Wilcoxon dapat diketahui bahwa Ho ditolak, sehingga Ha diterima. Pengaruh metode read aloud dalam bercerita terhadap kemandirian anak yaitu dapat mengajarkan anak untuk pantang menyerah, percaya diri, dan berani mencoba.

Keywords

metode read aloud; bercerita; kemandirian

Full Text:

PDF

References

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dengan metode bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12.

Hikmah, R. K. A., & Atmaja, I. K. (2019). Penerapan metode reading aloud dalam menambah kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Griya Baca Abukus Jombang. Universitas Negeri Surabaya, 1(1), 1–8.

Jannah, M., & Setyowati, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Gambar Seri Flanel Pada Siswa Kelompok A2 TK Muslimat Al-mustofa Gemekan Sooko Kabupaten Mojokerto Mufarokhatul. Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Surabaya.

Kurniawati, Y., & Setyowati, S. (2014). Meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan media big book di PPT Tulip Surabaya. Jurnal Dharma PGSD, 1–6.

Nasution, R. A. (2017). Penanaman disiplin dan kemandirian anak usia dini dalam metode maria montessori. Jurnal Raudhah, 5(2), 6.

Pangestu, S., Saparahayuningsih, S., & D, D. (2017). Kemandirian anak dalam pembelajaran pengembangan sosial emosional. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 86–90.

Pareira, M. I. R., & Atal, N. H. (2019). Peningkatan kemandirian anak usia 4-5 tahun melalui bercerita. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.V6i1.5371

Pratiwi W. M., Musyarifah Z. 2021. The Book of Read Aloud. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Putri, I., & Saroinsong, W. (2020). Pengembangan media story activity berbasis practical life terhadap kemandirian anak. Jurnal Paud Teratai, 9(1), 1–11.

Retnaningsih, L. E., Zulfida, S., Rosa, N. N., & Azimah, S. (2021). Pengaruh metode bercerita bermedia visual terhadap kemandirian anak kelompok B TK Amalya Bintan Riau. Jce (Journal Of Childhood Education), 5(1), 60–73. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.495.

Sakinah, A., & Fitri, R. (2023). Pengaruh metode read aloud terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 109-118.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sany, S. N., Suyanta, I. W., & Lestiawati, I. M. (2022). Penanaman kemandirian anak usia 4-5 tahun berbasis metode proyek di PAUD Vidya Karuna Kota Denpasar. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 80–91. https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1763.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, D. (2019). Upaya peningkatan kemandirian anak melalui metode bercerita. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i1.2774.

Wardani, E., & Syamsiah, A. A. (2022). Penerapan metode read-aloud pada perkembangan literasi anak usia dini di KB Miftahul Hidayah Boyongbong Garut. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 01(01), 60–67.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.