PENGEMBANGAN LAGU ALPHABET SHAPE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL BENTUK HURUF
Abstract
Mengenal bentuk huruf merupakan dasar dari kegiatan membaca, sehingga dibutuhkan adanya media untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan keefektifan produk lagu Alphabet Shape. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yaitu 30 anak kelompok B di TK SAIM Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan data dianalisis menggunakan rumus Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan produk lagu Alphabet Shape yang divaliadasi oleh ahli materi mendapatkan hasil 87% dan validasi oleh ahli media mendapatkan hasil 92%, sehingga dapat disimpulkan bahwa lagu Alphabet Shape sangat layak untuk diimplementasikan kepada anak usia 5-6 tahun. Hasil uji Mann Whitney U Test menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar <0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut maka produk lagu Alphabet Shape efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk huruf pada anak usia dini. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu dalam mengembangkan lagu untuk anak usia dini harus memerhatikan ketukan irama, lirik, dan nada
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, Y. T., Syamsudin, M. A., & Ulansari, F. (2022). Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 97–108. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.97-108
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi PAnggraini, V., Yulsyofriend, Y. and Yeni, I. (2019) ‘Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini’, Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), p. 73. doi: 10.30651/p. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73.
Brewer, J. A. (2007). Early Childhood Education. Introduction to Early Childhood Education: Preschool Through Primary Grades. Boston: Pearson Education Inc.
Dwi Ningsih, S., Khotimah, N., Hasibuan, R., & Komalasari, D. (2023). Pengembangan Media Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3),331–341. https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/humaniora/article/view/433%0Ahttps://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/humaniora/article/download/433/375
Erika, E., Agrina, A., Novita, S., & Komariah, M. (2021). Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 tahun Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 252–260. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Fadilah, S. N., Adhe, K. R., Widayanti, M. D., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengembangan Buku Panduan “ Little Scientist ” Dalam Pembelajaran Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Anak Usia 4-5 Tahun. 5(1), 80–91.
Husna, L., & Ma’ruf, A. (2019). Implementasi Metode Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Dan Inggris (di Taman Kanak-kanak PesantrenAnak Sholeh Al-Ikhlas Capang). Mafhum, 4(1), 43–60. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/mafhum/article/view/1611
Kurniasih, S. (2022). Pembelajaran Inovatif dengan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 87–96. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.1.87-96
Lubis, H. Z., Barus, N., Sitorus, M., & Chintya, R. (2023). Pencapaian Pendidikan : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Volume 4 Edisi 3 November 2023 Laman Jurnal : http://pusdikra- publishing . com / index . php / jsr Seni Musik Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak di TK Alat komunikasi . 4(November), 32–39.
Marlisa, L. (2016). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini Lusi Marlisa Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 35–38. https://core.ac.uk/download/pdf/230724812.pdf
Piasta, S. B. (2014). Moving to assessment-guided differentiated instruction to support young children’s alphabet knowledge. Reading Teacher, 68(3), 202–211. https://doi.org/10.1002/trtr.1316
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237
Sari, N. R., Hayati, F., & Harfiandi. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A Di TK Bungong Seleupok Banda Aceh. Jurnal IlmiahMahasiswa,2(1),8.https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/306/140
Sope, Y., Mufida, A., & Harahap, F. (2023). Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Jejak Pustaka.
Thosin Waskita, D., Widiana, Y., & Rakeyan Santang, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Permainan Domino Huruf Vokal. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1),60–69.http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/Alkamil/article/view/420
Refbacks
- There are currently no refbacks.