PENGEMBANGAN PUZZLE BOOK “AKTIVITAS KIKI” DALAM MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK 4-5 TAHUN

Lutfiah Rizqi Istiqomah, Rachma Hasibuan, Melia Dwi Widayanti, Dewi Komalasari

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan bahasa anak, khususnya bahasa ekspresif, yang belum sesuai dengan standar tingkat perkembangan anak usia 4-5 tahun. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan media puzzle book dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 15 anak yang berusia 4-5 tahun. Media puzzle book merupakan bentuk modifikasi dari metode bercerita dan puzzle didesain berdasarkan alur cerita yang telah dibuat. Buku ini berisi gambar tanpa teks untuk menggambarkan alir cerita sederhana. Kelayakan produk dapat dilihat dari hasil instrumen ahli materi yang menghasilkan persentase 86% dan ahli media yang menghasilkan persentase 80%. Berdasarkan hasil terserbut, maka hasil penilaian instrumen dinyatakan sangat layak. Hasil uji efektifitas dengan uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,007 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara dua kelompok; kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle book "Aktivitas Kiki" efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun.

Keywords

Puzzle Book; Kemampuan Bahasa Ekspresif; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Aprianti, W. (2021). Penerapan Permainan Puzzle dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Perwanida II Bandar Lampung. Skripsi Sarjana, UIN Raden Intan Lampung.

Budiarti, E., Farista, D., Palupi, D. I., Wonga Wara, L., Rubiah, S. A., & Harti, U. (2022). Storytelling One day one book terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(12), 1091–1101. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i12.1405.

Hasrar, H., Dalle, A., & Usman, M. (2018). Hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis karangan deskriptif bahasa jerman siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(2), 32–40. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i2.6755.

Kurniasih, S. (2022). Pembelajaran inovatif dengan media video untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada usia 5-6 tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 87–96. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.1.87-96.

Kusumaning, X., Palapessy, A., Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2023). Analisis Project Based Learning (PjBL) Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Anak. PENDIPA Journal of Science Education, 2023(7), 431–438. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.3.431-438.

Mahmassani, H. A., Switkowski, K. M., Johnson, E. J., Scott, T. M., Rifas-Shiman, S. L., Oken, E., & Jacques, P. F. (2022). Early childhood lutein and zeaxanthin intake is positively associated with early childhood receptive vocabulary and mid-childhood executive function but no other cognitive or behavioral outcomes in project viva. Journal of Nutrition, 152(11), 2555–2564. https://doi.org/10.1093/jn/nxac188.

Munasih, A., & Nurjaman, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Tanya Jawab Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v6i1.553

Musafa’ah, M., & Komalasari, D. (2020). Pengembangan aplikasi mobile membaca permulaan untuk usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–10.

Nafisah R, N. Z., & Syamsudin, A. (2023). Perbedaan tingkat konsentrasi dalam penyelesaian puzzle oleh anak usia 3-4 tahun antara yang merangkak dan tidak merangkak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2518–2527. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4322.

Ningsih, S., Khotimah, N., Hasibuan, R., & Komalasari, D. (2023). Pengembangan media busy book dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun. Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 331–341

Nurhayati, R. (2020). Pendidikan anak usia dini menurut undang-undang no, 20 tahun 2003 dan sistem pendidikan islam. Al-Afkar: Jurnal for Islmic Studies, 3(2), 57–87. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i2.123.

Permata, D. R. (2020). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 4-5 tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14230.

Putri, M. S., Reza, M., Widayanti, M. dwi, & Komalasari, D. (2022). Efektivitas penggunaan media busy book dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana banjir pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 66–77. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6483.

Tridiastita, R., & Sari, S. P. (2023). Pengaruh penggunaan media puzzle huruf terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas II sanggar bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 25229–25236. https://doi.org/http//doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10624

Ulfa, M. (2017). Pemerolehan Fonologi, Morfologi, dan Sintaksis Anak Usia 2,5-3 Tahun. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 1–13. https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/308.

Veryawan, Juliati, Hasibuan, R. H., & Tursina, A. (2021). Implikasi permainan tebak wajah terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak usia dini. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 68–76.

Wardana, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaraan powerpoint interaktif pada tema tanah airku. JP2KG AUD: Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini, 1, 159–168.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.