PENGARUH MEMBATIK JUMPUTAN DENGAN PEWARNA ALAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK

Malleagrina Margaritiviera, Nurul Khotimah, Achmad Sya’dullah, Sri Widayati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas anak yang sering kurang terstimulasi dengan metode pembelajaran konvensional. Membatik jumputan, terutama dengan pewarna alami seperti buah naga, kunyit, daun suji, bunga telang, dan kayu secang, dinilai mampu meningkatkan aspek kreativitas melalui eksplorasi kegiatan yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kegiatan membatik jumputan terhadap kreativitas anak usia dini kelompok B di TK Labschool Unesa 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-eksperimental dan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Seluruh peserta didik kelompok B berusia 5-6 tahun sebanyak 30 anak dijadikan sampel dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu pre-test, perlakuan dengan membatik jumputan, dan post-test. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji menggunakan validasi ahli dan teknik Cronbach Alpha, yang menghasilkan nilai 0,645. Uji normalitas menggunakan uji shapiro-wilk dan uji homogenitas menggunakan uji levene. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test menggunakan uji independent sample t-test. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Dengan kata lain, aktivitas membatik jumputan dengan pewarna alami terbukti efektif untuk meningkatkan kreativitas anak. Selain itu, peningkatan kreativitas anak diketahui mencapai 36,66%, yang diperoleh dari perbandingan hasil pre-test dan post-test. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan membatik jumputan dapat menjadi metode pembelajaran alternatif yang efektif dalam merangsang kreativitas anak usia dini, sehingga diharapkan dapat diterapkan secara lebih luas di berbagai lembaga pendidikan.

Keywords

kreativitas; membatik jumputan

Full Text:

PDF

References

Alkhulaniah, & Khotimah, N.. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Cipta Warna Pada Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 5(4), 143–147.

Chayanti, D. F. N., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh 5 Teknik Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 1–18.

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS 25.0 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hapsari, C. W., Surtikanti, S. H., & Slamet, S. (2014). Pengaruh Membatik Jumputan Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B Di TK Kemiri 03 Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khadijah, S. M., Syahputri, N., & Anita, N. (2022). Analisa Deteksi Dini Dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 139–146.

Khotimah, N., Hasibuan, R., Fitri, R., Setyowati, S., Soroinsong, W. P., Aisyah, R., Maarang, M., Mawaddah, & Firmawati, A. N. (2023). The Effect of Batik Activities Using the Ecoprint Technique to Increase the Creativity of 5-6 Year Old Children. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023), 439–447.

Munandar. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Putri, M. P. (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Batik Jumputan Di TK Lenggogeni Sungai Tarab. IAIN Batusangkar.

Rochmah, A., & Hasibuan, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Membatik Jumputan Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Di Tk Labschool Unesa. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–8.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Erlangga.

Sari, D. N., & Khatimah, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Seni Anak Dengan Teknik Kreasi Cap Jari Warna-Warni Kelompok B TK Pertiwi Pucangsimo Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang. PAUD Teratai, 7, 1–6.

Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50.

Setiawati, E., & Ningsih, R. (2017). Membatik Jumputan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Bidayah, 2, 248.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Wahyutami, K., Madyawati, L., & Sulistyaningtyas, R. E. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Loose Parts Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini) PG PAUD Universitas Negeri Surabaya, 4(2), 42–55. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt

Wulansari, Y., & Khotimah, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Pita Di Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 5(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.