PENGARUH MEMBATIK JUMPUTAN DENGAN PEWARNA ALAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alkhulaniah, & Khotimah, N.. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Cipta Warna Pada Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 5(4), 143–147.
Chayanti, D. F. N., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh 5 Teknik Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 1–18.
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS 25.0 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hapsari, C. W., Surtikanti, S. H., & Slamet, S. (2014). Pengaruh Membatik Jumputan Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B Di TK Kemiri 03 Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Khadijah, S. M., Syahputri, N., & Anita, N. (2022). Analisa Deteksi Dini Dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 139–146.
Khotimah, N., Hasibuan, R., Fitri, R., Setyowati, S., Soroinsong, W. P., Aisyah, R., Maarang, M., Mawaddah, & Firmawati, A. N. (2023). The Effect of Batik Activities Using the Ecoprint Technique to Increase the Creativity of 5-6 Year Old Children. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023), 439–447.
Munandar. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Putri, M. P. (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Batik Jumputan Di TK Lenggogeni Sungai Tarab. IAIN Batusangkar.
Rochmah, A., & Hasibuan, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Membatik Jumputan Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Di Tk Labschool Unesa. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–8.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Erlangga.
Sari, D. N., & Khatimah, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Seni Anak Dengan Teknik Kreasi Cap Jari Warna-Warni Kelompok B TK Pertiwi Pucangsimo Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang. PAUD Teratai, 7, 1–6.
Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50.
Setiawati, E., & Ningsih, R. (2017). Membatik Jumputan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Bidayah, 2, 248.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Wahyutami, K., Madyawati, L., & Sulistyaningtyas, R. E. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Loose Parts Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini) PG PAUD Universitas Negeri Surabaya, 4(2), 42–55. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt
Wulansari, Y., & Khotimah, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Pita Di Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 5(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.