PENGEMBANGAN BUKU CERITA DIGITAL “SERASA” UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI

Alfin Nur 'Aini, Nurhenti Dorlina Simatupang, Muhammad Reza, Sri Widayati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan perilaku prososial dalam hal kerja sama anak yang belum sesuai standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun. Anak cenderung tidak mau membereskan alat bermain ketika selesai digunakan dan tidak mau bergabung bermain bersama teman. Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui kelayakan dan keefektifan media buku cerita bergambar digital “SERASA” terhadap perilaku prososial anak  usia dini. Jenis penelitian ini yakni Research and Development dengan model ADDIE yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 12 anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Media buku cerita bergambar digital “SERASA” telah dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat skor sebesar 92,5% dan validasi oleh ahli media mendapat skor 95% yang artinya media buku cerita bergambar digital “SERASA” sangat layak digunakan. Uji efektivitas media melalui uji wilcoxon dengan SPSS 25 menunjukkan asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0.002 maka  p < 0.05 atau 0.002 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan rata-rata pada pretest dan posttest dimana nilai posttest mengalami kenaikan sehingga media buku cerita bergambar digital “SERASA” efektif digunakan dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun.

Keywords

media buku cerita; digital; perilaku prososial

Full Text:

PDF

References

Adhe, K. R., Simantupang, N. D., Widayati, S., & Shofiyah, N. C. (2022). Pelatihan penggunaan dan pemanfaatan paudpedia untuk pengembangan literasi digital guru di kabupaten pasuruan. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 80–86.doi:10.26740/jpm.v2n2.p80-86

Aini, A. N., Setiadi, A. C., Mahdavika, A., & Nabilah, S. U. (2021). Analisis kepercayaan diri anak usia dini dalam kajian studi sosial. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 41–48.Doi:10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.41-48

Damon, Lerner & Eisenberg, (2006). Handbook Of Psychology Child. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Juwita, G. Amanda, R., & Utami, W. (2024). Pengaruh buku cerita aku sayang tubuhku terhadap pendidikan seksual untuk anak usia 5-6 tahun di RA Al-farizi Kecamatan Jambi Selatan. SELING: Jurnal Prodi PGRA, 10(1), 71-79.

Khairiah, D. (2018). Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan. (2015). Al Athfal, 1(1), 1–22.

Lestari, A. T., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2020). Pengembangan media storybook pic-pop berbasis budaya lokal Palembang untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 91. doi:10.24269/ajbe.v4i1.2326

LK. Nisa. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 110–111.

Maulidiya, E. C., & Reza, M. (2020). Pengembangan model pembelajaran berbasis interaksionisme simbolik untuk membentuk karakter anak usia dini. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 81–95. doi:dinamika.2020.20.1.81-95

Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan anak usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1).doi:10.21043/thufula.v8i1.6283

Nurjanah, S., Rachmah, H., & Arif Hakim. (2022). Peran orang tua dalam menanamkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 131–136. doi:10.29313/jrpgp.v2i2.1429

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Penilian PAUD No. 137. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Reza, M., Ningrum, M. A., Saroinsong, W. P., Maulidiyah, E. C., & Fitri, R. (2020). Trial design of sexual education module on children. Proceedings of the 1st International Conference on Early Childhood Care Education and Parenting (ICECCEP 2019) 108–110. doi:10.2991/assehr.k.201205.095.

Sutrisno, A. (2021). Pentingnya pendidikan anak di usia dini. Jurnal UMJ, 1–4.

Triutami, N., Widayati, S., & Komalasari, D. (2022). Penerapan metode bercerita dengan media big book kalender untuk meningkatkan perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 162–170.

Wardana, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaraan powerpoint interaktif pada tema tanah airku. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini. 159–168.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.