PENGGUNAAN MEDIA COMMAND BOARD UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini membahas penggunaan Media Command Board sebagai sumber belajar untuk menstimulasi kemampuan bahasa reseptif pada anak usia dini. Media Command Board adalah alat interaktif yang dirancang untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan bahasa dengan cara yang menyenangkan dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Media Command Board dalam meningkatkan pemahaman bahasa reseptif anak-anak usia dini. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dan menggunakan ciri penelitian eksperimen. Kelompok eksperimen menggunakan Media Command Board sebagai alat pembelajaran tambahan, sementara kelompok kontrol tidak. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman bahasa sebelum dan setelah intervensi, serta observasi terhadap interaksi anak dengan Media Command Board selama sesi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam pembelajaran dengan Media Command Board mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan memahami dan merespons bahasa secara reseptif dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa Media Command Board dapat efektif digunakan sebagai sumber belajar untuk merangsang kemampuan bahasa reseptif pada anak usia dini. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan anak usia dini, khususnya dalam konteks pengembangan bahasa. Implikasi praktis dari temuan ini adalah pentingnya integrasi teknologi yang tepat dalam pengajaran bahasa untuk mendukung perkembangan komunikasi anak sejak dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adini, A. L. (2016). Kemampuan bahasa reseptif anak kelompok A Gugus V Kecamatan Berbah Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 601-603.
Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental metodologi pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 467. doi:10.5281/zenodo.7579001
Alam, S. & Lestari, R. (2020), Pengembangan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini dalam memperkenalkan bahasa inggris melalui flash card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2356-1327 (Print), doi: 10.31004/obsesi.v4i1.301
Asih, D. P., & Mustaji, P. D. (2015). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar bahasa Indonesia tema sehat itu penting subtema pola hidup sehat pada siswa kelas V SDN Kec. Pulung Ponorogo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(3).
Astuti, S., & Amri, N. A. (2021). Peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media papan flanel. JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6, 215-216.
Devi, N. P. (2018). Pengaruh metode drill dengan bantuan media kartu bergambar terhadap kemampuan barbahasa reseptif dan ekspresif siswa autis di SLB Citra Mulia Mandiri. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7, 293.
Dr. Ani Cahyadi, S. M. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar (Teori Dan Prosedur). Banjarmasin: Laksita Indonesia.
Eliza, D., & Husnah, A. (2021). Strategi perkembangan dan indikator pencapaian bahasa reseptif dan bahasa ekspresif pada anak usia dini. Jurnal Family Education, 1(41). doi:10.24036/jfe.v1i4.21
Haka, H., Putri, J. A., Winda, E., & Zulkarnain, N. F. (2023). Sumber belajar dan alat permainan edukatif untuk anak usia dini. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(26)
Hoar, M. A. (2022). Peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini melalui metode bermain peran (role playing) di kelompok B PAUD Baen Husar Kabupaten Belu. Jurnal Ihya Ulum Early Childhood Education.
Oktriana, Y. (2021). Pengembangan media pembelajaran papan ajaib alfabet dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. Skripsi Sarjana, IAIN Bengkulu.
Qomariah, N., Rahmah, S., & Zetalianti. (2022). Penggunaan media flanel board dalam mengembangkan kemampuan berbahasa indonesia anak usia 5-6 tahun di PAUD Az-Zakyyah Desa Kace. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan 8(2), 100-118. doi:10.32923/edugama.v8i1.2467
Rumina, & Jamain, R. R. (2023). Meningkatkan kemampuan bahasa reseptif menggunakan kombinasi metode bercerita dan model talking stick melalui media papan cerita bergambar. JIKAD: Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini, 3, 4245. doi:10.20527/jikad.v3i3.10066.
Sari, I. N., Ilham, B. S., & Rabihatun, A. (2022). Pengembangan media papan perintah untuk perkembangan sosial-emosional anak usia dini usia 5-6 tahun di TK Bunga Melati NW Presak Sakra. Jurnal Cikal Cendekia, 2(3). doi:https://doi.org/10.31316/jcc.v2i2.1988
Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan media permainan papan pada pembelajaran ips untuk siswa kelas v sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6, 165.
Sudono, A. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan (Untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: Penerbit PT. Grasindo.
Supriadi. (2015). Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran. Lantanida Journal, 3.
Suyadi & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya
Tika, D. D. (2021). Permainan bahasa untuk stimulasi kemampuan bahasa reseptif anak usia dini. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(7). doi: 10.26858/tematik.v7i1.15355.
Zyra, S. N., Alamsyah, T. P., & Yuliana, R. (2022). Penggunaan e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar kelas 4 sekolah dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15 (2), 99. doi: 10.3336 9/pgsd.15.2.97-106.
Refbacks
- There are currently no refbacks.