IMPLEMENTASI MEDIA LOOSE PARTS DALAM PEMBELAJARAN AUD

Dian Rahayu, Ruli Hafidah, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Media loose parts merupakan media lepasan yang bersifat fleksibel dalam implementasinya tergantung pada imajinasi pengguna. Media loose parts diimplementasikan dalam pembelajaran anak usia dini. Penelitian bertujuan menggali secara mendalam mengenai implementasi media loose parts dalam pembelajaran anak usia dini di layanan TK kelompok A. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis studi kasus. Penelitian dilakukan pada bulan Maret – Juni di TK Karang Indriya. Subjek dalam penelitian yaitu guru dan anak kelompok A. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, perpanjangan pengamatan, dan ketekunan pengamatan. Analisis data yang digunakan model interaktif, terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi media loose parts dalam pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Perencananaan meliputi penyusunan RPP yang memuat rencana kegiatan dengan media loose parts, penataan lingkungan main, dan pengadaan serta penyimpanan media loose parts. Pelaksanaan media loose parts dalam pembelajaran yang dilakukan guru yaitu edukasi, ekspansi, dan perkembangan, sedangkan yang dilakukan anak yaitu bereksplorasi, berkreasi, dan bercerita. Penilaian pembelajaran menggunakan instrumen ceklis, catatan anekdot, dan hasil karya. Implementasi media loose parts mampu menstimulasi sosial emosional, nilai agama moral, bahasa, fisik motorik, kognitif, dan seni.

Keywords

media loose parts, pembelajaran, anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Azizah, S. N., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis metaphorming melalui media loose parts pada anak usia dini kelompok B PAUD Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pemdidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57–71.

Casey, T., & Robertson, J. (2016). Loose Parts Play. Edinburgh: Inspiring Scotland.

Direktorat Pembinaan PAUD. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.

Flannigan, C., & Dietze, B. (2017). Children, outdoor play, and loose parts. Journal of Childhood Studies, 42(4), 53–60.

Kasriyati, D., & Wahyuni, S. (2021). Pelatihan perencanaan dan penerapan media loose parts dalam pembelajaran anak usia dini. 4(2)

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.

Kostelnik, M.J., Soderman, A.K., Whiren, A.P. (2017). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak (Developmentally Appropriate Practices). Depok: Kencana.

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Pekanbaru: Jakad Publishing.

Haughey, S., & Hill, N. (2017). Loose Parts: A Start-Up Guide. Fairy Dust Teaching.

Leichter-Saxby, M., & Suzanna. (2015). Loose Parts Manual. Brunswick East: Playground Ideas.

Mardiyah, L., & Hambali, H. (2022). Penggunaan media loose parts untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. JOTE: Journal on Teacher Education, 4(1), 338.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, M.B., Huberman, A.M., Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis a methods sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications

Morrison, G. S. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Play Wales. (2017). Resources for Playing - Providing Loose Parts to Support Children’s Play: A Toolkit. Cardiff: Play Wales.

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Deli Serdang: UIN Sumatera Utara.

Siantajani, Y. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: Sarang Seratus Aksara.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 305. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305.

Yamin, H.M., Sanan, J.S. (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini.

Ciputat: Referensi Gaung Persada Press Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.