PENINGKATAN PEMAHAMAN KESETARAAN GENDER MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA ANAK KELOMPOK B
Abstract
Kesetaraan gender merupakan hal yang masih menjadi polemik dikalangan Masyarakat Indonesia dikarenakan budaya patriarki yang masih melekat. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kesetaraan gender melalui metode role playing pada anak kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi anak kelompok B, informan (guru kelas B), dan dokumen (RPPH, buku penilaian, instrument penilaian anak, analisis hasil evaluasi belajar anak, dan rekaman proses pembelajaran). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil dari tindakan penelitian yang telah dilakukan tentang peningkatan pemahaman kesetaraan gender anak kelompok B, yaitu anak yang mendapatkan nilai tuntas pada kondisi awal (pratindakan) sebanyak 9% (2 anak), sedangkan pada siklus I 46% (10 anak), dan pada siklus II 82% (18 anak). Hasil tersebut sudah melebihi target indikator yang ditetapkan peneliti yaitu 80%. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan pemahaman kesetaraan gender setelah diberikan stimulasi melalui metode role playing pada anak kelompok B.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bastian, A., & Novitasari, Y. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Gender Abstrak. 6(5), 4359–4366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2639
Hadianti, A. N. (2010). Pendidikan Gender Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 2(4).
Indarni, N. (2012). “Efektivitas Cerita Bergambar terhadap Pemahaman Peran Gender pada Anak di Taman Kanak-Kanak.” Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, IJECES, 1(1).
Intan, F. R. (2022). Pentingnya Pembelajaran Gender di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2).
Mardliyah, L. (2018). Pembelajaran Berkesetaraan Gender (Kajian Ilmplementasi Pendekatan Feminisme Melalui Buku Suplemen PAUD). Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(1), 49–69. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/yinyang/article/view/2093
Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran (Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global).
Nuszulfa. (2014). Implementasi Pendidikan Keserataan Gender Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini Di RA NU Banat Kudus Tahun 2017. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1–8.
Nuszulfa, N. laela. (2017). Implementasi pendidikan kesetaraan gender melalui metode bermain peran pada anak usia dini di RA NU Banat Kudus. Sekolah tinggi agama islam negeri kudus.
Peran, M. B. (2019). JUANG: Jurnal Wahana Konseling (. 2(1), 48–59.
Putri, A., Arifin, D., Manalu, A. W., Cahyani, N., Islam, U., Sumatera, N., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Al, H. (2023). IMPLEMENTASI KESETARAAN GENDER PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. 3(1).
Roziqoh, R., & Suparno, S. (2014). Pendidikan Berperspektif Gender Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 86. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i1.2359
Shofwan, I., & Kuntoro, S. A. (2014). Pendidikan Berspektif Gender Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 50–62. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2356
Syekh, I., Cirebon, N., & Makalah, D. (2021). Strategi pembelajaran anti bias gender di paud. 3(1).
Telnoni, B. (2020). Jurnal Abdiel : Khazanah Pemikiran Teologi , Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membelajarkan Kesetaraan Gender Pada Anak Usia Dini. 4(2), 167–179. https://doi.org/10.37368/ja.v4i2.153
Ummah, S. (2021). Implementasi Pengenalan Gender Terhadap Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Bombix Di Kb Nanda Ceria Bocek Karangploso Malang. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 41. https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i1.10802
Uno, H. B. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.
Utaminingsih, A. (2017). Gender dan wanita karir. UB PRESS.
Utomo, S. S., & Ekowati, U. (2019). Pendidikan Responsif Gender Bagi Anak Usia Dini. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 3(2), 51. https://doi.org/10.20961/habitus.v3i2.35716
Yusuf, S. (2005). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya.
Zulkifli, L. (1992). Psikologi Perkembangan. Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.