Korelasi antara Lingkungan Literasi Rumah dengan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Taman Siwi Kebadongan

dyah prastiwi, Ruli Hafidah, Novita Eka Nurjanah

Abstract

Selama masa usia dini pengenalan kemampuan membaca permulaan perlu diajarkan melalui stimulasi lingkungan sekitar. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk melihat sejauh mana hubungan variabel lingkungan literasi rumah dengan variabel membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini yaitu korelasional dengan populasi sebanyak 69 anak. Sampel penelitian berjumlah 59 orang yang diambil melalui sistem acak tanpa melihat strata. Data diperoleh melalui sebaran kuesioner yang dibagikan kepada wali murid kelompok B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan literasi rumah dan kemampuan membaca permulaan memiliki hubungan yang positif dan signifikan, dilihat melalui hasil nilai signifikansi 0,00 kurang dari 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,878 berada pada kategori hubungan yang sangat kuat yaitu 0,80-0,1000 berdasarkan hasil perhitungan Pearson product-moment. Jadi kedua variabel tersebut memiliki arah hubungan positif, yaitu jika lingkungan literasi rumah tinggi maka membaca permulaan anak juga akan tinggi.

 

Kata Kunci: Lingkungan Literasi Rumah, Membaca Permulaan, Anak Usia 5-6 Tahun

References

Andayani, S. (2019). Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B TK Aisyiyah BA Pancor. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2), 112–130. Anggraeni, R. B., & Hafidah, R. (2021). Strategi Pengambilan Nilai Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Dimasa Pendemi. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2), 23–30. Buvaneswari, B., & Padakannaya, P. (2017). Development of a home literacy environment questionnaire for Tamil-speaking kindergarten children. Language Testing in Asia, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40468-017-0047-y Evans, M. A., & Hulak, L. (2020). Learning to read at home: Kindergarten children’s report in relation to observed parent behaviour. Early Childhood Research Quarterly, 50, 38–45. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.09.010 Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270–276. Goodrich, J. M., Lonigan, C. J., & Farver, J. A. M. (2017). Impacts of a literacy-focused preschool curriculum on the early literacy skills of language-minority children. Early Childhood Research Quarterly, 40, 13–24. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.02.001 Goodrich, J. M., Lonigan, C. J., Phillips, B. M., Farver, J. A. M., & Wilson, K. D. (2021). Influences of the home language and literacy environment on Spanish and English vocabulary growth among dual language learners. Early Childhood Research Quarterly, 57, 27–39. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.05.002 Hamilton, L. G., Hayiou-thomas, M. E., & Snowling, M. (2016). The Home Literacy Environment as a Predictor of the Early Literacy Development of Children at Family-Risk of Dyslexia. Scientific Studies of Reading, 1(September), 1–40. https://doi.org/10.1080/10888438.2016.1213266 Harnanda, R. D., & Parahayuningsih, S. (2020). Hubungan Bimbingan Orangtua dengan Kemampuan Membaca di Sekolah Kelompok B PAUD Se-Gugus Bunga Aster Kecamatan Muara Bengkulu Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 56–64. Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan untuk Anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 332–342. Hermawati, N. S. (2022). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment ( HLE ) pada Anak Usia Dini. 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706 Hidayah, A. nur. (2019). Peningkatan Keterampilan Bahasa (Membaca Awal) Anak Kelompok B dalam Zona Literasi di Sentra Readines TK IT Permata Hati Ngaliyan. In unnes. Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al Athaf, 2(2), 62–69. John W. Santrock. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1 (Wibi Hardani (ed.); Edisi Kese). Erlangga. Kholifah, N., & Rohita. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Kotak Baba Pada Kelompok B Di Tk Al- Hikmah Rungkut Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 1–8. Mardita, Z. Y., & Simatupang, N. D. (2016). Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 5(2), 89–93. https://core.ac.uk/download/pdf/230643272.pdf Maulidia, R., Maria, L., & Firdaus, A. D. (2021). Hubungan Stimulasi Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Selama Pandemi Covid. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 7(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v7i2.287 Niklas, F., & Schneider, W. (2013). Home Literacy Environment and the beginning of reading and spelling. Contemporary Educational Psychology, 38(1), 40–50. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2012.10.001 Niklas, F., & Schneider, W. (2017). Home learning environment and development of child competencies from kindergarten until the end of elementary school. Contemporary Educational Psychology, 49, 263–274. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2017.03.006 Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini Edisi Ketiga (Satucahayapro (ed.); Edisi Keti). Kencana. Pancarrani, B., Wakhidatul Amroh, I., & Noorfitriana, Y. (2017). Peran Literasi Orangtua dalam Perkembangan Anak. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 23–27. Poernomo, D. I. S. H., & Paskarinda, E. P. (2015). Faktor Kesehatan, Intelegensi, dan Jenis Kelamin Mempengaruhi Gangguan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah. Jurnal STIKES, 8(1), 23–33. Puranik, C. S., & Lonigan, C. J. (2012). Name-writing proficiency, not length of name, is associated with preschool children’s emergent literacy skills. Early Childhood Research Quarterly, 27(1), 284–294. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2011.09.003 Puranik, C. S., Phillips, B. M., Lonigan, C. J., & Gibson, E. (2018). Home literacy practices and preschool children’s emergent writing skills: An initial investigation. Early Childhood Research Quarterly, 42(September 2017), 228–238. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.10.004 Putri, N. E., & Hidayat, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho, 1(3), 201–209. https://doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9107 Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif , Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. 3(2), 548–560. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260 Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2022). Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 tahun Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225 Taylor, J., Ennis, C. R., Hart, S. A., Mikolajewski, A. J., & Schatschneider, C. (2017). Home environmental and behavioral risk indices for reading achievement. Learning and Individual Differences, 57(May), 9–21. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2017.05.010 Torppa, M., Vasalampi, K., Eklund, K., & Niemi, P. (2022). Long-term effects of the home literacy environment on reading development: Familial risk for dyslexia as a moderator. Journal of Experimental Child Psychology, 215(1), 105314. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105314 Umi, atun zahro, Noermanzah, & Syafryadin. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 187–198. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13675 Uswatun, D. (2017). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B Berdasarkan Gender di TK Se-Kecamatan Pundong Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 480–491. Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Literasi di Lingkungan Rumah pada Anak Pra Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059 Wulan, R. (2013). Peranan Inteligensi, Penguasaan Kosakata, Sikap, dan Minat terhadap Kemampuan Membaca pada Anak. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2), 166–185. Yani, A. (2019). Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini dalam Perspektif Analisis Reading Readiness Contents. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 4(2), 113–126. http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik Yasir, C., Rasmani, U. E. E., & Dewi, N. K. (2021). Profil Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Gugus Melati Jaten. Kumara Cendekia, 9(2). https://jurnal.uns.ac.id/kumara Yulianti, D., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Pengaruh Metode Membaca Glenn Doman Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(4), 403–415. Andayani, S. (2019). Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B TK Aisyiyah BA Pancor. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2), 112–130. Anggraeni, R. B., & Hafidah, R. (2021). Strategi Pengambilan Nilai Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Dimasa Pendemi. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2), 23–30. Buvaneswari, B., & Padakannaya, P. (2017). Development of a home literacy environment questionnaire for Tamil-speaking kindergarten children. Language Testing in Asia, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40468-017-0047-y Evans, M. A., & Hulak, L. (2020). Learning to read at home: Kindergarten children’s report in relation to observed parent behaviour. Early Childhood Research Quarterly, 50, 38–45. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.09.010 Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270–276. Goodrich, J. M., Lonigan, C. J., & Farver, J. A. M. (2017). Impacts of a literacy-focused preschool curriculum on the early literacy skills of language-minority children. Early Childhood Research Quarterly, 40, 13–24. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.02.001 Goodrich, J. M., Lonigan, C. J., Phillips, B. M., Farver, J. A. M., & Wilson, K. D. (2021). Influences of the home language and literacy environment on Spanish and English vocabulary growth among dual language learners. Early Childhood Research Quarterly, 57, 27–39. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.05.002 Hamilton, L. G., Hayiou-thomas, M. E., & Snowling, M. (2016). The Home Literacy Environment as a Predictor of the Early Literacy Development of Children at Family-Risk of Dyslexia. Scientific Studies of Reading, 1(September), 1–40. https://doi.org/10.1080/10888438.2016.1213266 Harnanda, R. D., & Parahayuningsih, S. (2020). Hubungan Bimbingan Orangtua dengan Kemampuan Membaca di Sekolah Kelompok B PAUD Se-Gugus Bunga Aster Kecamatan Muara Bengkulu Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 56–64. Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan untuk Anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 332–342. Hermawati, N. S. (2022). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment ( HLE ) pada Anak Usia Dini. 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706 Hidayah, A. nur. (2019). Peningkatan Keterampilan Bahasa (Membaca Awal) Anak Kelompok B dalam Zona Literasi di Sentra Readines TK IT Permata Hati Ngaliyan. In unnes. Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al Athaf, 2(2), 62–69. John W. Santrock. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1 (Wibi Hardani (ed.); Edisi Kese). Erlangga. Kholifah, N., & Rohita. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Kotak Baba Pada Kelompok B Di Tk Al- Hikmah Rungkut Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 1–8. Mardita, Z. Y., & Simatupang, N. D. (2016). Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 5(2), 89–93. https://core.ac.uk/download/pdf/230643272.pdf Maulidia, R., Maria, L., & Firdaus, A. D. (2021). Hubungan Stimulasi Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Selama Pandemi Covid. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 7(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v7i2.287 Niklas, F., & Schneider, W. (2013). Home Literacy Environment and the beginning of reading and spelling. Contemporary Educational Psychology, 38(1), 40–50. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2012.10.001 Niklas, F., & Schneider, W. (2017). Home learning environment and development of child competencies from kindergarten until the end of elementary school. Contemporary Educational Psychology, 49, 263–274. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2017.03.006 Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini Edisi Ketiga (Satucahayapro (ed.); Edisi Keti). Kencana. Pancarrani, B., Wakhidatul Amroh, I., & Noorfitriana, Y. (2017). Peran Literasi Orangtua dalam Perkembangan Anak. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 23–27. Poernomo, D. I. S. H., & Paskarinda, E. P. (2015). Faktor Kesehatan, Intelegensi, dan Jenis Kelamin Mempengaruhi Gangguan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah. Jurnal STIKES, 8(1), 23–33. Puranik, C. S., & Lonigan, C. J. (2012). Name-writing proficiency, not length of name, is associated with preschool children’s emergent literacy skills. Early Childhood Research Quarterly, 27(1), 284–294. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2011.09.003 Puranik, C. S., Phillips, B. M., Lonigan, C. J., & Gibson, E. (2018). Home literacy practices and preschool children’s emergent writing skills: An initial investigation. Early Childhood Research Quarterly, 42(September 2017), 228–238. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.10.004 Putri, N. E., & Hidayat, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho, 1(3), 201–209. https://doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9107 Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif , Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. 3(2), 548–560. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260 Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2022). Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 tahun Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225 Taylor, J., Ennis, C. R., Hart, S. A., Mikolajewski, A. J., & Schatschneider, C. (2017). Home environmental and behavioral risk indices for reading achievement. Learning and Individual Differences, 57(May), 9–21. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2017.05.010 Torppa, M., Vasalampi, K., Eklund, K., & Niemi, P. (2022). Long-term effects of the home literacy environment on reading development: Familial risk for dyslexia as a moderator. Journal of Experimental Child Psychology, 215(1), 105314. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105314 Umi, atun zahro, Noermanzah, & Syafryadin. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 187–198. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13675 Uswatun, D. (2017). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B Berdasarkan Gender di TK Se-Kecamatan Pundong Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 480–491. Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Literasi di Lingkungan Rumah pada Anak Pra Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059 Wulan, R. (2013). Peranan Inteligensi, Penguasaan Kosakata, Sikap, dan Minat terhadap Kemampuan Membaca pada Anak. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2), 166–185. Yani, A. (2019). Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini dalam Perspektif Analisis Reading Readiness Contents. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 4(2), 113–126. http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik Yasir, C., Rasmani, U. E. E., & Dewi, N. K. (2021). Profil Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Gugus Melati Jaten. Kumara Cendekia, 9(2). https://jurnal.uns.ac.id/kumara Yulianti, D., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Pengaruh Metode Membaca Glenn Doman Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(4), 403–415.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.