PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif sangatlah penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Kemampuan tersebut dianggap sebagai kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh anak di era digital seperti saat ini. Oleh karenanya, pengembangan kemampuan berpikir kreatif perlu dilakukan. Penelitian dilakukan guna mengetahui pengaruh model pembelajaran kewirausahaan terhadap kemampuan berpikir kreatif pada anak usia 5-6 tahun. Subjek pada penelitian sebanyak 30 anak, pada kelompok eksperimen sebanyak 15 anak dan kelompok kontrol sebanyak 15 anak di BA Aisyiyah Jamalan. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental berbentuk Non Equivalen Control Group Design. Jenis penelitian ini dimaksudkan untuk membandingkan hasil pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah adanya treatment. Pengujian diawali dengan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dengan Shapiro Wilk Levene dan uji homogenitas menggunakan Test For Equality Of Variance, kemudian dilanjutkan pada tahap uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Tes pada nilai hasil pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen sebesar 20.33 dan pada kelompok kontrol memiliki rata-rata sebesar 17.20, yang kemudian didapat besar signifikansi 0.000 dimana nilai signifikansi tersebut kurang dari 0.05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut terhadap kemampuan berpikir kreatif pada anak usia 5-6 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adedeji, B., Rahman, M., Mohani., Faizal & Rahman. (2019). Innovative teaching methods and entrepreneurship education: a synthesised literature review. Educational Administration Research and Review Journal, 3(1), 23-29.
Ehrlin, A., Insulander, E., & Sandberg, A. (2015). Perspectives on entrepreneurial learning in the early years of education. Journal of Education and Human Development, 4(3), 151-159.
Lackeus, M. (2015). Entrepreneurship in-Education, What, Why, When, How. LEED, OECD.
Leggett, N. (2017). Early childhood creativity: Challenging educators in their role to intentionally develop creative thinking in children. Early Childhood Education Journal, 45(6), 845–853.
Masganti, Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohan, & Nurhayani. (2016). Pengembangan Kretivitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Pupblishing.
Nikkola, T., Reunamo, J., & Ruokonen, I. (2022). Children’s creative thinking abilities and social orientations in Finnish early childhood education and care. Early Child Development and Care, 192(6), 872–886. Doi:10.1080/03004430.2020.1813122.
Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(2), 62–67. Doi:10.29210/127300.
Reagan, M. T. (2016). STEM-Infusing the Elementary Classroom. California: Corwin, a Sage Publishing Company.
Sapir, Pratikto, H., Wasiti, & Hermawan, A. (2014). Model pembelajaran kewirausahaan berbasis kearifan lokal untuk penguatan ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(1), 79–91.
Sarıkaya, M., & Coşkun, E. (2015). A New Approach in Preschool Education: Social Entrepreneurship Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 888–894. Doi:10.1016/j.sbspro.2015.06.368.
Shilphy, A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Sleman: CV Budi Utama.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wardhani, J. P. K., Riani, A. L., & Susilaningsih. (2018). Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran. 54-59.
Refbacks
- There are currently no refbacks.