PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI PADA PAUD ISLAM ALIF

Septi Wulandari, Ulwan Syafrudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di masa pandemi pada PAUD Islam Alif Kelurahan Way Mengaku Lampung Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan kunci nya  adalah tiga orang tua peserta didik. Analisa data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Hubberman yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar anak terutama di masa pandemi. Hal ini terbukti dari hasil wawancara dengan para orang tua dan keluarga nya. Orang tua menjelaskan bahwa pelaksanaan peran orang tua sebagai pembimbing, motivator serta fasilitator harus dijalankan semaksimal mungkin untuk mendukung motivasi belajar anak terutama di masa pandemi. Sedangkan hasil wawancara mengenai cara meningkatkan motivasi anak di masa pandemi terdapat beberapa cara yang sering diterapkan dalam proses belajar di rumah seperti memberikan pujian, memberikan hadiah, mengajak anak mengeksplorasi lingkungan sekitar dan memberikan hukuman yang sederhana apabila sangat diperlukan.

 

Keywords

Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Masa Pandemi

Full Text:

PDF

References

AM, Sadirman. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Amin S, dan Harianti, R. (2018). Pola asuh orang tua dalam motivasi belajar anak. Yogyakarta: Deepublish

Akmiza, Rofa. (2018). Analisis peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas II SDN purwantoro 2 malang. (Skripsi). Universitas Muhamadiyah Malang, Malang.

Febriany, R.dan Yusri. (2013). Hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. 2: 8-16.

Pramana, Cipta. (2020). Pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) di masa pandemi covid


19. Jurnal Dunia Anak Usia Dini. Diakses dari:

DOI:10.35473/ijec.v2i2.5 57

pada tanggal 8 Maret 2022.

Kanifah, Amrul dkk. (2020). Pengaruh pemberian hadiah

terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK darul istiqomah ngumpul balong ponorogo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa TARBAWI. 4: 1-12.

Lestari, Sri. (2012). Psikologi keluarga. Kencana Prenada. Jakarta: Media Group

Ningrum, Lilia K. (2019). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan. (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Metro, Metro.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhendro, E. (2020). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 5: 133-140.

Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan

kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (COVID 19). Diakses dari: https://pusdiklat.kemdikbud.go.i d/surat-edaran- mendikbud-no-4- tahun-2020-tentang-pelaksanaan- kebijakan-pendidikan-dalam masa-darurat-penyebaran-

corona-virus-disease-covid-1-9/ pada tanggal 8 Maret 2022.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari:

https://pusdiklat.perpusnas.go.id. pada tanggal 8 maret 2022.

Uno, Hamzah B. (2019). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Winingsih, Endang. (2020). Peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh.

Yurianto, Achamd. dkk. (2020). Pedoman pencegahan dan pengendalian coronavirus disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Refbacks

  • There are currently no refbacks.