PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Alwia Alhamid, Nurul Kusuma Dewi, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persiapan penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran kelompok usia 5-6 tahun, (2) mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaan penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran kelompok usia 5-6 tahun, (3) menganalisis dampak penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran kelompok usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif naraatif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa observasi kegiatan pembelajaran kelompok TK B, wawancara informan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi analisis dokumen, dan wawancara. Teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil analisis data yakni: (1) Perencanaan dan persiapan media pembelajaran. Pertama, peerancangan RPPH yang mengacu pada RPPM, membuat silabus materi pembelajaran pengenalan huruf, memilih strategi pelaksanaan pembelajaran dan menentukan media pembelajaran. (2) Pelaksanaan penggunaan media pembelajaran berupa pemembuatn media kartu huruf. Penggunaan media kartu huruf dilakukan dengan sebuah permainan tentang nama-nama hewan. (3) Dampak penggunaan media pembelajaran kartu huruf terhadap siswa. Media kartu huruf dapat meningkatkan minat dan kemampuan terhadap materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Keywords

media pembelajaran; pendidikan anak usia dini; kartu huruf

Full Text:

PDF

References

Asnawir & Usman, B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Terj. Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Meo, V., Meka, M., & Oka, G. P. A. (2022). Pengembangan media kartu huruf bergambar berbasis microsoft power point untuk aspek kognitif berpikir simbolik mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Bangsa Watumanu Kecamatan Jerebu Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 2(1), 144-156.

Moleong & Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pangastuti, R. & Hanum, S. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media kartu huruf. Al-Hikmah Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51- 66.

Retnoningsih, A. & Suharso. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang: CV. Widya Karya.

Sadiman, dkk. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada

Sudjana, N. (1990). Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UPI

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Warsita. (2013). Landasan teori dan teknologi informasi dalam pengembangan teknologi pembelajaran. Jurnal Kwangsan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.