ANALISIS MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN METODE EVALUASI SWOT DI PAUD IT NUR HIDAYAH

Yuristina Sekar Miranti, Muhammad Munif Syamsuddin, Anjar Fitrianingtyas

Abstract

Penelitian studi evaluatif merupakan penelitian yang bertujuan mengevaluasi suatu program serta mengukur tingkat keberhasilannya. Studi evaluatif penting dilakukan agar guna mengukur keberhasilan program tertentu. Penelitian ini, dilakukan di PAUD IT Nur Hidayah Surakarta, dengan tujuan untuk  mengetahui penerapan manajemen pendidikan anak usia dini di PAUD IT Nur Hidayah dengan analisis SWOT. Analisis SWOT yang digunakan memiliki 4 kuadran meliputi kuadran I (tumbuh strategi), kuadran II (strategi diversifikasi), kuadran III (strategi stabil), dan kuadran IV (strategi bertahan). Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif, yakni metode penelitian yang bersifat konkrit, empiris, obyektif, terstruktur, rasional, dan sistematis. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan secara simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 59 orang yang terdiri dari wali murid, guru, dan staf sekolah. Hasil penelitian mendapatkan hasil dengan pendekatan SWOT ini, posisi PAUD IT Nur Hidayah berada di kuadran I yaitu menggunakan strategi growth (bertumbuh). Posisi ini menunjukkan penerapan strategi bertumbuh atau strategi progresif (growth oriented strategy).  Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa manajemen yang diterapkan oleh sekolah memiliki kekuatan lebih besar daripada kelemahan dan peluang lebih besar dari ancaman, sehingga mendukung kebijakan pertumbuhan yang progresif.

Keywords

analisis, manajemen, pendidikan anak usia dini, SWOT

Full Text:

PDF

References

Agarwal, Grassl & Pahl. (2015). Meta-SWOT: introducing a new strategic planning tool. Journal of Business Strategy, 12-21.

Barnawi. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bondi, W. (1989). Curriculum Development: A Guide to Practice. New York: MacMillan Publishing Company.

Burger, Kaufmann & Atkinson. (2015). Disturbingly Weak: The Current State of Financial Management Education in Library and Information Science Curricula. Journal of Education for Library and Information Science, 13-16.

Bush & Coleman. (2000). Leadership and Strategic Management in Education. Houston: Gulf Publishing.

Da Costa, Pegado, A ́vila & Coelho. (2013). Mixed-methodsevaluation in complex programmes: The national reading plan in Portugal. Evaluation and Program Planning, 39,, 1-9.

Danim, S. (2000). Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Perilaku . Jakarta: Bumi Aksara.

David, F. R. (2009). Manajemen Stratejik. Jakarta: Gramedia.

DEPDIKNAS. (2007). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Pelaksanaan. Dirjen Dikdasmen, 6.

DeSarbo, Benedetto & Song. (2007). Heterogeneus Resource Based View for Exploring Relationship Between Firm Performance and Capabilities. Journal Of Modeling Management, 103-130.

Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Douglas & Goodale. (1986). Human Resources Management, Strategy, Design and Implementation. Glenview: Scoot Foresman and Company.

Fayol, H. (1998). General and Industrial Management. Philadelphia: Pitman.

Ferrel & Harline. (2005). Marketing Strategy. South Western: Thompson Corporation.

Griffin & Moorhead. (2004). Organizational behavior: Managing people and organizations. Boston: Houghton Mifflin.

Griffin & Moorhead. (2014). Organizational Behavior Managing People and Organizations. South Western: Cengage Learning.

Griffin, R. (2004). Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Gulick, L. (1965). Educational Administration. New York: McGraw Hill Co. .

Handoko. (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hansen & Mowen. (2003). Management Accounting. Cincinnati: South-West Publishing.

Harrison & St. Johnson. (2004). Foundations in Strategic Management. USA: South Western

Refbacks

  • There are currently no refbacks.