HUBUNGAN POLA ASUH AUTHORITATIVE DENGAN KOMPETENSI SOSIAL PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN

Fadhila Nuritasari, Upik Elok Endang Rasmani, Jumiatmoko .Jumiatmoko

Abstract

Kompetensi sosial perlu dimiliki anak sejak usia dini untuk berinteraksi secara baik terhadap lingkunganya dan supaya anak tidak berperilaku negatif serta menjadi antisosial. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi sosial adalah pola asuh. Pola asuh yang banyak diterapkan oleh orang tua adalah pola asuh authoritative karena selalu melibatkan anak dalam kegiatan keluarga dan memberikan kebebasan anak tetapi tetap memberikan batasan pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara pola asuh authoritative dengan kompetensi sosial pada anak usia 5-6 tahun di TK Se-Kelurahan Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Penelitian ini dilakukan pada Januari 2020 menggunakan sampel 56 anak. Pengambilan data penelitian ini menggunakan kuisioner dan diisi oleh orang tua. Hasil hipotesis dilaksanakan dengan uji Spearman Rho. Hasil menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,042 < 0.05 yang bermakna ada hubungan antara pola asuh authoritative dengan kompetensi sosial pada anak usia 5-6 tahun. Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,273. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin baik pola asuh authoritative maka semakin baik kompetensi sosial anak pada anak usia 5 – 6 tahun di TK Se-Kelurahan Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo.

Keywords

Pola asuh, authoritative, kompetensi sosial, anak usia 5- 6 tahun

Full Text:

PDF

References

Akhtar P. Malik., J. A., & Begeer., S. (2016). The Grandparent's Influence : Parenting Styles and Social Competence among Children of Joint Families. Journal of Child and Family Studies. Doi:10.1007/s10826-016-0576-5

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Basak, F.,& Aysen. (2012). Relationship among The Parenting Styles and The Social Competence and Prosocial Behaviors of the Children who are Attending to State and Private Preschools. Educational Science Theory Practice, 12(4), 2712-2718

Fabes, R. A., Gaertner, B. M., & Popp, T. K. (2006). Getting Along with Others: Social Competence in Early Childhood. In K. McCartney & D. Phillips (Eds.), Blackwell handbooks of developmental psychology. Blackwell handbook of early childhood development (p. 297–316). Blackwell Publishing. https://doi.org/10.1002/9780470757703.ch15

Jabagchourian , J.J., Sorkhabi, N., Quach, W & Strage, A. (2014). Parenting Styles and Practice of Latino Parents and Latino Fifth Graders' Academic, Cognitive, Social, and Behavioral Outcomes. Hispanic Journal of Behavioral Sciences, 36(2), 175-194

Konnie, M.M & Alfred, K. (2013). Influence of Parenting Styles on the Social Development of Children. Academic Journal of Interdisciplinary Studies.Vol 2 No 3. Doi:10.5901/ajis.2013.v2n3p123

Latipah , E. (2014). Metode Penelitian Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Deepublish.

Lidyasari, A.T. (2013). Pola Asuh Otoritatif sebagai Sarana Pembentuk Karakter Anak Dalam Setingan Keluarga. Yogyakarta : PGSD FIP UNY.academica.edu

Nieto, B.A., Lopez, R.M., Conde, Q.B.A., & Corredor, A.G. (2017). Basic Executive Functions in Early Childhood Education and their Relationship with Social Competence. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 237 (2017) 471-478.

Ren, L. & Edwards, C.P. (2015). Pathways of Influence Chinese Parents' Expectation, Parenting Styles, and Child Social Competence. Early Child Development and Care, 185(4), 614-630.

Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi 5. Volume 1. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Semrud-Clikeman, M. 2007. Social Competence in Children.

Stefan, C. A. Ş. (2009). Preschool Screening For Social And Emotional Competence Development And Psychometric Properties. XIII (2), 121-146

Sutejo, Stephina Valencia H. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Otoritatif Orang Tua dengan Kompetensi Sosial Pada Anak Usia 9 sampai 11 Tahun. Universitas Sanata Darma Yogyakarta.

Thoha, M. (2004). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tridhonanto, A dan Beranda Agency. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Vijila, Y., Thomas, J., & Ponnusamy, A. (2017). Relationship between Parenting Styles and Adolescent Social Competence. IOSR Journal of Humanities And Social Science, 17(3), 34-36, https://doi.org/10.9790/0837-1733436

Wasono T. Hari. (2016, September 28). Siswa Paud Dianiaya Anak TK Termasuk Kasus Restorasi Justice. Nasional tempo. Diperoleh 15 Januari 2020, dari http://nasional tempo.co

Refbacks

  • There are currently no refbacks.