EFEKTIVITAS INTERVENSI ADULTS AND CHILDREN TOGETHER (ACT) RAISING SAFE KIDS PROGRAM TERHADAP PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN VERBAL DALAM PENDISIPLINAN ANAK

Clara Dewi Larasati, Muhammad Munif Syamsudin, Novita Eka Nurjanah

Abstract

Penelitian eksperimen ini menguji efektivitas intervensi Adults and Children Together (ACT) raising safe kids program terhadap pencegahan tindak kekerasan verbal dalam pendisiplinan anak. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu PKK RT 01 RW 10 Bayan, Kadipiro, Banjarsari yang terdiri dari 40 orang. Sampel yang digunakan peneliti berjumlah 20 orang dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner untuk mengukur persepsi orang tua mengenai kekerasan verbal dalam pendisiplinan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen menunjukkan adanya penurunan sedangkan hasil kelompok kontrol mengalami peningkatan. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat efektivitas intervensi Adults and Children Together (ACT) raising safe kids program sebesar 9,8% terhadap pencegahan tindak kekerasan dalam pendisiplinan anak yang dibuktikan oleh adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (ρ < 0,05).

Keywords

adults and children together; kekerasan verbal; pendisiplinan anak.

Full Text:

PDF

References

Hallers-Haalboom, E. T., Groeneveld, M. G., van Berkel, S. R., Endendijk, J. J., van der Pol, L. D., Bakermans-Kranenburg, M. J., & Mesman, J. (2016). Wait Until Your Mother Gets Home! Mothers’ and Fathers’ Discipline Strategies. Social Development, 25(1), 82–98.

Knox, M., & Burkhart, K. (2014). A multi site study of the ACT Raising Safe Kids program: Predictors of outcomes and attrition. Children and Youth Services Review, 39, 20–24.

Knox, M., Burkhart, K., & Howe, T. (2011). Effects of the ACT Raising Safe Kids Parenting Program on Children’s Externalizing Problems. Family Relations, 60(4), 491–503.

Larzelere, R. E., Gunnoe, M. L., Roberts,M. W., & Ferguson, C. J. (2017). Children and Parents Deserve Better Parental Discipline Research: Critiquing the Evidence for Exclusively “Positive” Parenting. Marriage and Family Review, 53(1),24–35

UNICEF. (2018). Global Report 2017 Ending in Childhood Violence. Feminism Is for Everybody, 61–66.

Xu, J. (2020). Longitudinal effects of homework expectancy, value, effort, and achievement: An empirical investigation. International Journal of Educational Research, 99(July 2019), 101507.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.